Jumat, 30 Oktober 2015

Tips Memilih Kampus Atau Jurusan Kuliah Yang Sesuai Dengan Hati Anda



Tips Memilih Kampus Atau Jurusan Kuliah Yang Sesuai Dengan Hati Anda - Banyak orang yang measa aneh ketika berada di kampus karena jurusan yang mereka ambil bukanlah kemauan pribadi, melainkan ikut-ikutan dengan teman yang lain. Apakah Anda ingin terjebak dengan perkataan teman dan ingin mengikuti jurusan yang mereka ambil? Setelah tamat SMA, maka hal yang paling menarik dan paling sering dibincangkan adalah '' Mau kuliah di mana lo?''. Mau ngambil jurusan apa lo?''. Nah, hal semacam itu tentunya membingungkan Anda, apa lagi bagi Anda yang jarang berbaur dan tidak pernah sama sekali menyerap inforamsi. 

Dewasa ini banyak sekali media yang bisa kita manfaatkan untuk mengasah pengetauan kita seperti mahalah, koran dan paling mudah adalah Internet. Tanya ama mbah Google, mengenai jurusan dan program sutudi. Cari tau tentang minat Anda, misalkan Anda sangat berkompeten di bidang bahasa, maka Anda bisa mengambil jurusan bahasa. Eh, nanti dulu jurusan bahasa itu banyak. Cari bahasa yang menjadi fokus Anda sekarang ini misalkan bahasa mandarin, maka ambilah jurusan bahasa mandarin. Atau Anda lulusan pondok pesantren dan suka dengan bahasa arab, maka Anda bisa mengambil jurusan bahasa arab. Dan Ternyata Anda sangat mahir dan cinta dengan bahasa inggris, maka Anda bisa mengambil jurusan bahasa inggris dsb

Jurusan yang akan Anda ambil tentunya akan menentukan pekerjaan yang akan Anda lakoni di masa depan. Kalau Anda fokus di jurusan komputer, maka Anda bisa bekerja jadi progemmer atau membuat website dasb. Namun, tahukan Anda bahwa sebenarnya kuliah ini hanya sebagai pegangan kita di masa depan? Dan pekerjaan sesungguhnya adalah apa yang menjadi minat Anda sekarang ini.




Tips Memilih Kampus Atau Jurusan Kuliah Yang Sesuai Dengan Hati Anda


Untuk mengetahui jurusan apa atau kampus apa yang cocok bagi Anda, maka Anda harus bertanya kepada diri Anda. Mengapa Anda mengambil jurusan ini? Mengapa Anda kuliah?


Kenali passion Anda sebelum Terlambat



Menentukan jurusan adalah keputusan terbesar harus dibuat saat ingin melanjutkan pendidikan jenjang ke perguruan tinggi. Untuk itu, pilihlah yang sesuai dengan passion atau minat Anda. Apa yang Anda suka? Apa hobby Anda yang ada di kampus? Kemudian kalau Anda masih galau atau belum menemukan jawabannya, mungkin Anda bisa bertanya kepada teman, kerabat atau kelaurga serta mencari inforamsi mengnai perkuliahaan yang cocok dengan hati Anda.

Saat ingin menekuni satu bidang, maka akan ada banyak hal ang berubah. Perubahan itu mulai dari cara pandang untuk melihat dan memecahkan suatu masalah, cara mengisi sebagian waktu luang, hingga jaringan yang akan dibangun semasa menempuh pendidikan.

Tanpa passion atau minat, maka niscaya waktu kuliah  Anda akan sangat membosankan. Bingung mau nagpain, tidak begitu ceria ketika kuliah. Meski tak dimungkiri, ada banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan jurusan.

Selain memilih jurusan sesuai dengan passion, maka saran dari orangtua, teman  atau kerabat bisa  dijadikan pertimbangan. Ada juga yang memilih jurusan karena ajakan teman atau berpikir soal pintu karier yang lebar. Namun, selalu ingatlah untuk tidak terfokus pada pertimbangan yang tidak berhubungan langsung dengan minat, rencana dan tujuan pendidikan.


Lokasi dan budget yang dimiliki oleh orang tua



Perlu diketahui kuliah ini bukan suatu perkara yang gampang karena tanpa budget yang tebal, maka kuliah Anda akan stop ditengah jalan. Meskipun ada alasan beasiswa, namun tidak menutup kemungkinan Anda setiap tahunnya belum tentu bisa mendapatkan beasiswa, karena ada jutaan orang yang lebih membutuhkannya. Penentuan lokasi kuliah atau perguruan tinggi juga harus menjadi perhatian. Pilih lokasi perguruan tinggi yang mudah diakses dan tersedia sarana transportasi memadai.

Tak sedikit mahasiswa Indonesia memilih kampus ke luar kota atau ke luar pula dan bahkan ke luar negri demi mendapatkan jurusan yang cocok dengan mereka.Kemudian yang paling penting adalah pertimbangan  mengenai budget atau pendanaan. Pikirkan dan timbang masak-masak jumlah anggaran yang disediakan orangtua sebagai biaya kuliah dan beban hidup selama di sana.

Hal itu berbeda dengan calon mahasiswa yang memilih sumber pendanaan pihak kedua atau beasiswa. Ada banyak program yang menawarkan beasiswa untuk meringankan beban calon mahasiswa yang ingin mengambil pendidikan di Belanda. Namun, perlu diketahui bahwa masing-masing beasiswa itu berbeda jenisnya. Untuk itu, teliti dulu sebelum melamar atau mengirimkan aplikasinya. 

Informaasi Mengenai Kampus


Setelah menentukan jurusan dan lokasi, maka saatnya Anda untuk mencari tahu kampus yang cocok. Dalam memilih universitas, biasanya nama perguruan tinggi ternama yang bakal langsung terpikirkan untuk pertama kalinya. Untuk mempermudahkan hal tersebut, maka Anda harus mencari informasi nya melalui Internet dan langsung menuju ke website resminya. Selain itu bisa juga langsung datang ke sana dan memintra brosur informasi.

Saran saya jangan sampai salah pilih jurusan, karena saya pribadi juga pernah mengalami hal serupa setelah tamat Sma dan kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi yang tidak pernah terpikir sebelumnya dan akhirnya DO kan diri....... College and university scholarship

Artikel Terkait