Kamis, 15 Oktober 2015

Siapa Sajakah Keluarga Terkaya Di Asia?

Siapa Sajakah Keluarga Terkaya Di Asia - Keluarga merupakan Element terpenting dalam kehidupan. Banyak orang yang sukses karena dibentuk oleh keluarga. Setiap keluarga tentu menginginkan anggota keluarga mereka sukses dan tentunya tidak semua bisa sukses? Majalah Forbes baru-baru ini merilis daftar terbaru keluarga paling kaya di Asia dan salah satunya adalah Byung-Chull, ada di peringkat pertama sebagai keluarga terkaya di Asia. Baiklah pada kesempatan kali ini saya, sangat tertarik sekali untuk berbagi sedikit informasi tentang keluarga terkaya di Asia. Siapa sajakah mereka? Sialkan simak artikel berikut ini!




Berikut adalah 10 keluarga paling kaya se-Asia, seperti dikutip dari Forbes


1. Keluarga Lee (Byung-Chul)


Lee (Byung-Chul) adalah keluarga pengusaha asal Korea Selatan yang terbilang sangat sukses, kenapa tidak menurut majalah Forbes, bahwa kekayaan mereka bersih mencapai USD26,6 miliar atau setara Rp369,580 triliun (mengacu pada kurs Rp13.894 per USD). Adapun kekayaan bersih bersumber dari perusahaan yang bergerak dalam bisnis elektroniknya. Samsung kini dipimpin oleh satu-satunya anak pendiri Samung, Lee Kun-Hee bernama Jay Y Lee.


2. Keluarga Lee (Shau Kee)


Selajutnya keluarga yang paling penomenal adalah dari Keluarga Lee (Shau Kee), kenapa tidak?Dengan kekayaan bersih mencapai USD24,1 miliar atau setara dengan Rp334,845 triliun (Jika mengacu pada kurs Rp13.894 per USD) Hal yang membuat keluarga Lee asal Hong Kong ini menempati posisi kedua dalam jajaran keluarga Asia terkaya versi Forbes.

 Henderson Development merupakan salah satu perusahaan properti yang terdaftar dalam bursa Hang Seng dan sebuah konstituen dari Hang Seng Index. Henderson Development juga merupakan Perusahaan yang mempunyai beberapa aktivitas antara lain pengembangan properti dan investasi, manajemen proyek, konstruksi, operasi hotel, operasi department store, keuangan, perusahaan investasi dan infrastruktur. Dan menjadikan pengembang real sestate terbesar ketiga di Hong Kong. Sangat mengagumkan bukan?


3. Keluarga Ambani


Selanjutnya pada posisi ke tiga ada Keluarga Ambani. Ambani adalah  keluarga asal India. yang mengais hasil kekayaanya dari perusahaan konglomerat yang mempunyai produk telekomunikasi, jasa keuangan, konstruksi, hiburan, kekuatan, layanan kesehatan, penerbangan, dan pertahanan yang bernama Reliance Group.

Dari totoal kekayaan bersih yang dimiliki oleh Keluarga Ambani, ini mencapai USD21,5 miliar atau setara Rp298,721 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD). Saat ini, Reliance Group dipimpin oleh pria kelahiran Mumbai bernama Mukesh Dhirubhai Ambani.


4. Keluarga Chearavanont


Keluarga Chearavanont memiliki  bersih mencapai USD19,9 miliar atau setara Rp276,490 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD), hal yang membuat keluarga Chearavanont menempati posisi ke-4 keluarga Asia terkaya adalah dari hasil Charoen Pokphand (CP) Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agrobisnis dan makanan, ritel dan distribusi, dan industri telekomunikasi dengan investasi yang sudah mencapai 20 negara.

5. Keluarga Kwok


 Kwok adalah Keluarga asal Hong Kong yang mempunyai perusahaan Sun Hung Kai & Co yang bergerak di bidang keuangan terstruktur dan konsumen keuangan ini membukukan kekayaan bersih USD19,5 miliar atau setara Rp270,933 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD).

 Perusahaan ini didirikan pada 1969 oleh tiga bersaudara yakni Fung King Hey, Kwok Tak Seng, dan Lee Shau Kee. Perusahaan ini sekarang terdaftar di Hong Kong Stock Exchange dipimpin oleh Lee Seng Huang.

6. Keluarga Kwek / Quek


Keluarga Kwek / Quek adalah sebuah keluarga berasal dari negri jiran, Malaysia. Keluarga ini Berhasil membukukan kekayaan bersih USD18,9 miliar atau setara Rp262,596 triliun. Perusahaan publik yang didirikan oleh keluarga Kwek / Quek ini sanggup mengontrol 14 perusahaan yang telah  terdaftar termasuk jasa keuangan, perakitan, distribusi, properti dan pengembangan infrastruktur, pelayanan dan waktu luang, dan investasi pokok.

Saat ini, Hong Leong Group dipimpin oleh Kwek Leng Beng yang merupakan sepupu dari pendiri perusahaan Tan Sri Quek Leng Chan.

Perusahaan terdaftar di lima negara antara lain Malaysia Singapura Hong Kong Manila dan Eropa


7. Keluarga Premji


Premji adalah keluarga yang memplopori Perusahaan Wipro yang bergerak dalam bidang jasa IT, konsultasi bisnis dan teknologi, IT outsourcing dan jasa sistem integrasi dan solusi bernama Wipro membuat keluarga Premji asal India menempati posisi dengan total kekayaan bersih mencapai hingga USD17 miliar atau setara Rp236,198 triliun.

Perusahaan India ini didirikan pada 1945 oleh Hasham Premji. Awal mula perusahaan berdiri, sebagai penyedia sayur mayur dan kilang minyak di Mumbai. Oleh sebab itu, hingga saat ini logo perusahaan tidak berubah. Hal tersebut mencerminkan produk asli yang dijual dalam bisnis perusahaan.


8. Keluarga Tsai (Wan-Tsai)


Perusahaan Cathay Financial yang didirikan oleh keluarga Wan-Tsai ini berdiri sejak 2001. Adapun bidang yang digeluti perusahaan dalam melayani jasa keuangan industri dan pengembangan regulasi domestik mengenai merger dan akuisisi.

Forbes mencatat kekayaan bersih keluarga Tsai mencapai USD15,1 miliar atau setara Rp209,799 triliun dan menempatkan keluarga asal Taiwan ini menduduki posisi ke-delapan keluarga Asia terkaya versi Forbes.

9. Keluarga Hinduja


Perusahaan Hinduja Group didirikan sejak 1914 ini telah membuat keluarga Hinduja menempati posisi ke-9 keluarga Asia terkaya versi Forbes. Adapun kekayaan bersih keluarga mencapai USD15 miliar atau setara Rp208,410 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD).

Hinduja merupakan perusahaan asal Inggris yang bergerak di bidang diversifikasi ini menawarkan beberapa sektor antara lain perbankan, keuangan, automotif, minyak dan gas, telekomunikasi dan media. Kini, perusahaan dipimpin oleh Srichand P Hinduja seorang berkebangsaan dua warga negara yakni India dan Inggris.

10. Keluarga Mistry


Keluarga asal India ini mencatat kekayaan bersih sekira USD14,9 miliar atau setara Rp207,020 triliun (mengacu kurs Rp13.894 per USD). Kekayaan keluarga berasal dari perusahaan keluarga yang dimiliki bernama Shapoorji Pallonji Group.

Perusahaan yang berdiri sejak 1865 ini bergerak di bidang konstruksi, real sestate, tekstil, barang-barang teknik, peralatan rumah tangga, perkapalan, publikasi, kekuatan dan teknologi. Kini, dipimpin oleh Pallonji Shapoorji Mistry.

Artikel Terkait