Sabtu, 10 Oktober 2015

Rahasia Kenapa Alibaba Bisa Begitu Sukses Hingga Go International

Rahasia Kenapa Alibaba Bisa Begitu Sukses Hingga Go International - Alibaba sebagai salah satu e-commerce raksasa baru-baru ini memmecahkan rekor baru. Jack Ma selaku CEO  menekankan e-commerce yang memungkinkan konsumen China untuk membeli produk langsung dari Amerika Serikat, tentunya hal akan semakin membuat Alibaba sukses dan di kenal dunia. Industri booming ini diperkirakan akan tumbuh dari USD40 miliar pada 2014 menjadi USD240 miliar pada 2020.

Jack Ma memang orang yang hebat dan kita patut banyak belajar dari dia. Kefokusan, kegigihan serta pantang menyerah adalah motivasi hingga mengantarkan produk china go Internasional dan dikenal oleh dunia. Ternyata ada tiga pelajaran penting dari Jack Ma untuk membuat perusahaan China yang mendunia, apa saja kah itu berikut adalah rahasia yang bisa kita jadikan pelajaran.



Rahasia Kenapa Alibaba Bisa Begitu Sukses Hingga Go International


1.Terlihat



Banyak perusahaan China yang sudah go internasional karena mereka fokus dengan apa yang mereka kerjakan, selian itu mengingat pasar China yang kian meroket terutama dalam sektor perekonomianperusahaan mereka sering tumbuh tanpa fokus yang luas pada kegiatan seperti pemasaran, branding dan hubungan masyarakat. Padahal, tiga kemampuan tersebut sangat penting bagi perusahaan-perusahaan China untuk membangun dan mengelola reputasi internasional mereka.

Contoh dari kesukses Alibaba menyatakan bahwa betapa pentingnya bagi CEO China secara pribadi berinvestasi dalam menghabiskan waktu dengan pemerintah luar negeri, asosiasi perdagangan dan media untuk membentuk persepsi, bukan hanya muncul selama masa krisis. Selama Alibaba melakukan roadshow IPO, Jack Ma melakukan perjalanan ke 10 kota berbeda di seluruh dunia yang berfungsi sebagai wajah Alibaba. Dia menerima wawancara dan tamu dari media utama dan pebisnis internasional.



2. Dapat Respons masalah dengan cepat


Yang melatar belakangi kenapa banyak perusahaan China yang bisa go Internasional karena mereka selalu proaktif dalam merespon dan menangani masalah dengan cepat. Salah satu contoh yang nyata bisa kita teladani adalah dari perusahaan telekomunikasi China Huawei mereka bnayak belajar dari hal dengan cara yang sulit. 

Alibaba telah mengambil pendekatan yang berbeda. Pada Mei 2015, sekelompok merek-merek mewah Barat mengajukan gugatan terhadap Alibaba, mengklaim bahwa pasar online mendorong dan membantu penyebaran produk palsu. Daripada menyembunyikan diri di markas Alibaba Hangzhou, Jack Ma mengakui secara langsung bahwa produk palsu adalah masalah nyata. Ma berusaha untuk memerangi masalah ini di semua lini, juga authoring sebuah op-ed di Wall Street Journal.


3. Dapat Memerdayakan karyawan lokal


Selanjutnya yang melatarbelakangi kenapa Alibaba begitu sukses di pasar Internsional karena mereka memberdayakan kayawan atau pekerja lokal. Dan karyawan lokal boasanya memiliki kecenderungan alami bagi banyak perusahaan yang ingin memperluas jaringan ke luar negeri untuk pertama kalinya adalah mengirim karyawan yang dapat dipercaya tanpa pengalaman untuk membuka dan membangun kantor internasional. Perusahaan China sering jatuh ke dalam perangkap ini. Mereka mengirimkan manajer yang belum pernah bekerja secara internasional secara berkala ke AS dan Uni Eropa.

Eksekutif ini menghadapi tantangan segudang, termasuk kompleksitas melakukan bisnis di pasar yang sangat diatur dan perbedaan bahasa serta budaya. Sementara itu, sebagian besar manajer umum Barat untuk perusahaan-perusahaan China yang mengalami kurangnya otoritas pengambilan keputusan atau merasa bahwa manajemen perusahaan di China memiliki harapan yang tidak realistis untuk kinerja bisnis di luar negeri.

Sebaliknya, tim Alibaba di AS adalah campuran China internasional berpengalaman dan Amerika. Mereka telah terampil dalam fungsi yang beragam seperti pemasaran, hubungan perusahaan, penjualan, hubungan investor dan operasi. Pada bulan Juni, perusahaan mengumumkan penunjukan Eric Pelletier sebagai kepala baru dari urusan pemerintahan internasional. Sebelumnya, Pelletier adalah seorang eksekutif GE Capital yang bekerja di Gedung Putih dari Presiden George W. Bush.Sumber :economy.okezone.com

Artikel Terkait