Rabu, 21 Oktober 2015

Pontianak Menyapa Dunia

Pontianak Menyapa Dunia - Siapa yang tidak kenal dengan kota Pontianak? Kata orang pontianak tak, kenal maka tak cinta maka dari itu sebelum kita menyelam lebih dalam tentang pontianak, mungkin ada kalanya kita berkenalan duhu. Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Selain dikenal dengan sungai kapuas, kota ini juga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui oleh garis khatulistiwa. Di bagian utara kotapontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa.

Di usianya yang ke-244 tahun kota Pontianak menjadi icon dan kebanggan Indonesia, karena sekarang ini sedang ada pengenjaan project pembangunan serta renovasi tugu khatulistiwa. Bagi Anda yang asing atau belum pernah berkunjung ke pontianak mungkin ada kalanya menymak lebih dalam artikel ini, karena kami akan membahas secara mendalam mengenai kota pontianak tercinta ini.

Sungai Kapuas Kalimantan Barat

Sumber gamabar www.kaskus.co.id


Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa Pontianak memiliki sungai terpanjang di Indonesia. Menurut laman wikipedia Indonesia, Sungai Kapuas atau yang juga dikenal dengan sebutan Sungai Kapuas Buhang, atau Batang Lawai (Laue). Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.

Sejarahnya nama sungai Kapuas diambil dari nama daerah Kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga muaranya disebut sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebutnya Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai.

Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.

Taman Korem Pontianak
Taman Korem Pontianak Gambar via : wisatapontianak.com

Sekarang ini sungai kapuas kerap dijadikan tempat parawisata dan tempat berkumpulnya masyarkat pontianak dan sekitarnya. Suasana malam Anda akan terisi dengan berkunjung ke alun-alun atau korem sungai kapuas, karena disanalah salah satu tempat parawisata atau berkumpulnya masyarakat Pontianak dan sekitarnya.


Tugu Khatulistiwa Pontianak

Tugu khatulistiwa Pontianak sumber gamabr via:fmi2013.feuntan.ac.id

Pontianak selain dikenal dengan sungai nya ia juga terkenal dengan Tugu Khatulistiwa, karena menurut ilmu Astronomi, Pontianak di lalui oleh garis khayal, yaitu khatulistiwa yang mungkin hanya di lalui oleh beberapa wilayah di Indonesia. Nah, di Pontianak ini garis khayal atau garis khatulistiwa tepat berada di kota, jadi pas banget dijadikan icon kebanggan kota pontianak .

Mengutip sedikit melalui laman wikipedia bahwa Hasil pengukuran oleh tim BPPT, menunjukkan, posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur

Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini. Di tempat itulah kini dibangun patok baru yang masih terbuat dari pipa PVC dan belahan garis barat-timur ditandai dengan tali rafia.

Mengenai posisi yang tertera dalam tugu (0 derajat, 0 menit dan 0 detik lintang, 109 derajat 20 menit, 0 detik bujur timur), berdasarkan hasil pelacakan tim BPPT, titik itu terletak 1,2 km dari Tugu Khatulistiwa, tepatnya di belakang sebuah rumah di Jl Sungai Selamat, kelurahan Siantan Hilir.

Lidah Buaya Makanan Khas Pontianak Segar dan Mantap



Nah, Pontianak tukan panas karena berada tepat digaris khatulistiwa? Jangan khawatir bagi Anda yang akan berkunjung ke sana maka ada minuman segar khas pontianak, yaitu lidah buaya. Saya pikir semua orang tentu tau khasiat dan manfaat minuman lidah buaya ini? Selain segar lidah buaya juga dapat mengurangi panas dalam. Nah, mari berwisata dan berkunjung ke Pontianak bagai Anda yang membutuhkan transportasi dan penginapan, maka kami menyediakan paket wisata pontianak dengan harga murah dan sangat terjangkau. Silakan hubungi kami


Harris hotel pontianak



Kami sangat merekomendasikan bagi Anda yang berkunjung ke Pontianak, namun bingung untuk memilih penginapan atau hotel, maka harris hotel pontianak adalah alternatif terbaik dengan kualitas pelayanan terbaik. Silakan baca di website nya gan kalau mau tau lebih lengkap, Terima kasih banyak sudah membaca artikel ini!


Nah, tahukan Anda di hari jadinya yang ke-244 Pontianak juga akan mengadakan beberapa festival yang tentunya akan menghibur seluruh warga Kota Pontianak dan para wisatawan yang hadir saat itu . Apa sajakah festival tersebut? Berikut adalah daftar fesitval yang akan diadakan di Pontianak.

Pontianak Menyapa Dunia


Festival Bujang dan Dare Pontianak
Festival Seni dan Budaya
Festival Meriam Karbit
Festival Permainan Anak
Fashion Road
Lomba Fotografi dan Blog
Dan tentunya masih banyak lagi kegiatan dan acara lain yang akan diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Kota Pontianak Ke-244.

Itulah tadi sedikit inforamsi mengenai Pontianak Menyapa Dunia dan Ulang Tahun Kota Pontianak yang Ke-244. Semoga bisa memberikan Anda inforamsi, khusunya bagi Anda yang akan berkunjung ke kota Pontianak.

Artikel Terkait