Selasa, 13 Oktober 2015

Pendiri Amazon Turun dari daftar 10 CEO terbaik dunia



 Pendiri Amazon Turun dari daftar 10 CEO terbaik dunia- Siapa yang tidak kenal dengam Amazon, yaitu salah satu situs jual beli online terbesar di dunia dan kini, Harvard Business Review (HBR) menobatkan bahwa Lars Rebien Sorensen layak dijadikan sebagai Chief Executive Officer (CEO) terbaik di dunia pada tahun ini. Pemimpin perusahaan alat-alat kesehatan Denmark, Novo Nordisk, tersebut melengserkan CEO Amazon Jeff Bezos yang terlempar ke peringkat 87.

Pada Setiap tahunnya, HBR selalu membuat daftar peringkat 100 CEO terbaik di dunia. Mereka biasanya mencatat di majalah  Universitas Harvard itu memeringkat berdasarkan total laba diperoleh pemegang saham atau total shareholder return (TSR) dari kapitalisasi pasar masing-masing perusahaan.

Nah, tahun ini, indikator penilaian ditambah dengan performa tata kelola, sosial, dan lingkungan (ESG scores). Alat ukur tersebut disediakan oleh firma riset Sustainalytics.

Hasilnya, Sorensen sukses menduduki peringkat pertama lantaran mendapat skor ESG tinggi. Di bawahnya ada John Chambers (Cisco), Pablo Isla (Inditex), dan Elmar Degenhart (COntinental).

"Perusahaan (Novo Nordisk) mendapat keuntungan dari keputusannya menjual insulin dengan diskon untuk konsumen negara berkembang. Ini transparan, minim praktik lobi politik, dan siap dipertanggungjawabkan," kata HBR dan Sutainalytics seperti dikutip Business Insider, kemarin.

HBR juga menempatkan mantan CEO Volkswagen Martin Winterkorn di peringkat 20. Bulan lalu, Winterkorn mengundurkan diri di tengah skandal emisi yang mengguncang pabrikan mobil asal Jerman tersebut.

Sementara Jeff Bezos terlempar jauh ke peringkat 87 lantaran skor ESG yang rendah. Padahal, Jeff bertengger di posisi teratas tahun lalu. Sumber

Berikut sepuluh CEO terbaik 2015 versi Harvard Business Review

1. Lars Rebien Srensen (Novo Nordisk)

2. John Chambers (Cisco Systems)

3. Pablo Isla (Inditex)

4. Elmar Degenhart (Continental)

5. Martin Sorrell (WPP)

6. Stephen Luzco (Seagate Technology)

7. Jon Fredrik Baksaas (Telenor)

8. George Scangos (Biogen)

9. Michael Wolf (Swedbank)

10. Fujio Mitarai (Canon)

Artikel Terkait