Senin, 19 Oktober 2015

Biografi Sam Walton Penemu Walmart Pengecer Online Terbesar Di Dunia



Walmart adalah toko pengecer terbesar di dunia. Perusahaan ini dimulai sebagai toko kecil-keilan atau bisa kenal dengan toko kelontong. Toko kelontong ini didirikan oleh Samuel Walton pada tahun 1962 dan saat ini merupakan salah satu perusahaan terbesar di Amerika Serikat. Sekilas tentang Pendiri Walmart dia adalah Sam Walton lahir pada tanggal 29 Maret 1918, di Kingfisher, Oklahoma. Walton membuka pertama Wal-Mart pada tahun 1962, setelah bertahun-tahun menguasai bisnis manajemen ritel. Diskon rantai diperluas secara internasional selama 30 tahun ke depan, tumbuh menjadi perusahaan terbesar di dunia pada tahun 2010. Walton mengundurkan diri sebagai CEO pada tahun 1988, pada usia 70, tapi tetap aktif di perusahaan sampai kematiannya pada tahun 1992.


QUOTES
“High expectations are the key to everything.”
—Sam Walton

Artinya:  KUTIPAN
"Harapan yang tinggi adalah kunci untuk semuanya."
-Sam Walton


Awal Kehidupan Boss Walmart

Sam Walton dikenal sebagai pengusaha perintis toko diskon di daerah pedesaan, Samuel Moore Walton adalah anak pertama dari pasangan Thomas Walton dan Nancy Lee. Walton dan keluarganya hijrah ke Missouri, tatkala itu dia termasuk salah satu siswa yang mampu dan juga menjadi salah satu atlet terbaik di sekolahnya. Setelah lulus SMA dia pun melanjutkan ke University of Missouri in Columbia dan menjadi salah satu lulusan Ekonomi pada tahun 1940.


Berawal dari Karir Retail 

Setelah kuliah, Walton menemukan passion nya di dunia ritel saat, mengambil pekerjaan di Des Moines dengan JC Penney Company. Saat itu JC Penney Company adalah toko ritel kecil yang  melayani sebagai kapten Angkatan Darat di unit intelijen selama Perang Dunia II, Walton kembali ke kehidupan pribadi pada tahun 1945 dan mendapatkan pinjaman sebesar $ 25.000 dari ayah mertuanya. Uang tadi ia gunakan untuk membuka toko pertamanya, waralaba Ben Franklin di Newport, Arkansas.


Membangun kerajaan

Pada tahun 1962 Walton membuka toko Wal-Mart pertama di Rogers, Arkansas.Tak, disangka ternyata tahun itu adalah tahun kejayaan nya, walau sebelumnya sempat prustasi dan hampir putus asa karena belum bisa memahami permintaan dari para penduduk desa saat itu. Kemudian  ada tahun 1976 Wal-Mart resmi menjadi salah satu perusahaan publik dengan nilai saham $ 176.000.000. Pada awal 1990-an, saham Wal-Mar melonjak tinggi hingga $ 45 miliar. Pada tahun 1991 Wal-Mart melampaui Sears, Roebuck & Company untuk menjadi peritel terbesar di negara itu.


Usaha dan tekat Walton selama ini tidak sia-sia ia begitu populer dan sukes.Bahkan dalam cengkeraman resesi, toko Walton terbukti sukses. Pada tahun 1991, sebagai negara yang terperosok dalam krisis ekonomi. Penjualan Wal-Mart  meningkat lebih dari 40 persen. Tetapi keberhasilan itu juga membuat Wal-Mart mencapai target.

Kemudian para tahun 1985 majalah Forbes menobatkan Walton sebagai orang terkaya di Amerika Serikat.  "Semua yang keributan tentang kekayaan bersih seseorang hanya bodoh, dan itu membuat hidup saya jauh lebih kompleks dan sulit," katanya.

Lebih dari itu beberapa tahun terakhir sebelum menjelang ajalnya, Walton menderita dua jenis kanker, yaitu leukemia sel berbulu dan kanker sumsum tulang. Dia meninggal pada tanggal 5 April 1992, di University of Arkansas Hospital Medical Sciences di Little Rock, Arkansas.

Sebelum kematinya, Walton mendapatkan penghormatan oleh Presiden George HW Bush dengan Presidential Medal of Freedom. Sumber/ Editor Bisnis Borneo

Artikel Terkait