Kamis, 17 September 2015

Penyakit Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Kabut Asap

Penyakit Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Kabut Asap - Kabut asap adalah permasalah umum yang disebuabkan oleh Indonesia sekarang ini. Hampir setiap tahun Indonesia dilanda oleh kebakaran hutan yang menyebabkan kabtu asap. Kebakaran hutan terbesar sekarang ini dialami oleh pulai sumatera dan kalimantan kedua pulau tersebut adalah pulau dengan hutan terbesar di Indonesia. Kabtu asap tentunya mengganggu berbagi macam aktvitas masyarakat, selain itu dengan adanya kabut asap ini juga mulai banyak bermunculan berbagai macam penyakit berbahaya. Pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk berbagi sedikit informasi mengenai masalah penyakit yang ditimbulkan karena Kabut asap.






Penyakit Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Kabut Asap



1. Infeksi Saluran Pernafasan 



Kabut asap kian hari kian mengkhawatirkan kesehatan masyarakat, pasalnya ada ribuan warga yang dilaporkan terkena infeksi saluran pernafasan. Kabut asap kini bukan hanya melanda Indonesia saja, namun beberapa negara tetangga juga mulai terkena kabut asap. Beberapa aktivitas terpaksa dihentikan, namun tentunya yang paling mengkhawatirkan ini adalah kesehatan.


2. Asma



Asma atau yang juga kita kenal dengan penyakit asap ini adalah salah satu penyakit yang disebabkan kabut asap. Pada umunya penyakit ini disebabkan karena faktor genetik, namun dengan adanya kabut asap ini penyakit Asma mulai bermunculan dan kabut asap ini membawa virus yang berukuran kecil dan kemudian masuk melalui saluran pernafasan dan menyebabkan gangguan seperti asma ini.


3. Penyakit Paru Obstruktif Kronik


Penyakit Paru Obstruktif Kronik adalah penyakit berbahaya yang bisa mengacam kematian. Penyakit ini  menggabungkan berbagai penyakit pernafasan semisal Bronkitis. Selain itu jika kabut asap terus dibiarkan dan para pasien mulai terinfeksi penyakit Penyakit Paru Obstruktif Kronik, maka akan berakibat pada kematian. Menurut Yayasan Paru-paru Kanada, kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan bisa berakibat fatal pada penderita PPOK, karena mengurangi kinerja paru-paru. Semakin lama pasien terpapar kabut asap, semakin besar juga risiko kematian akibatnya.


4. Penyakit Jantung


Selama ini penyakit yang paling banyak orang takutkan adalah penyakit jantung. Dengan adanya kabut asap ini tentunya membawa partikel mini bernama PM2.5 yang dapat masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernafasan. Sebuah studi oleh California Environmental Protection Agency tahun 2014 membuktikan, bahwa pasien yang terpapar kabut asap dalam waktu lama menggandakan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

5. Iritasi


Kabut asap ini juga bisa menyababkan iritasi atau gangguan lain. Kabut asap ini paling tidak akan mengganggu iritasi mata, tenggorokan dan saluran pernafasan. Jika terus dibiarkan, maka akan berakibat berbahaya bagi kesehatan manusia. Sumber dw.dot com edited by. Bisnisborneo


Artikel Terkait