Rabu, 30 September 2015

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Menulis surat lamaran hdendaklah harus diperhatikan baik-baik, karena terkadang ada sebagian orang yang kurang paham dengan tata cara penulisan lamaran kerja ini. Hal yang tidak kita inginkan adalah ketika kita memasukan berkas lamaran ke perusahaan yang diinginkan, namun tiba-tiba ada pemamnggilan bahwa surat lamaran yang kita buat kurang tepat dan banyak yang salah. Nah, hal demikianlah yang sepatutnya tidak kita inginkan. Jika Anda ingin bekerja di sebuah perusahaan jangan pernah menganggal surat lamaran keja ini hanyalah sebagai formalitas saja, maka itu kita harus benar-benar memperhatikan berkas dan persyaratan lamaran apakah sudah lengkap apau belum. Pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik sekali untuk berbagai informasi mengenai tata cara penulisan surat lamaran kerja yang baik.

Ingat bahwa isi surat lamaran harus singkat, padat, tidak bertele-tele, langsung mengenai mengenai data pribadi sang pelamar. Kemudian data surat harus sesuai dengan persyaratan yang telah dilampirkan sebelumnya pada pengumuman penerimaan karyawan. Kemudian ada beberapa hal yang  harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan sebagai berikut:



Baca Juga: » Lowongan Kerja PT. Pos Indonesia (Persero) Terbaru 2015


 Data pribadi pelamar Pekerja 


Nama Lengkap:
Tempat:  dan Tanggal Lahir
Alamat:
Telepon:  dan/atau HP
E-mail:  (bila ada, tidak wajib)
Status : Perkawinan
Catatan penting bahwa untuk Nomor Telepon atau Nomor HP tersebut di atas, Harus diisi dengan benar dan pastikan aktif, karena jika berkas Anda sudah di ACC, maka hal itu akan mempermudah perusahaan untuk menghubungi Anda.
Jika Anda tidak memiliki Telpon rumah, maka isi saja dibagian Nomor HP.

Riwayat Pendidikan


Biasanya akan ada terlampir berkas mengenai pendidikan. Isi dengan pendidikan akhir Anda kalau tamat SMP isi SMP, jika pendidikan terakhir SMA maka isi SMA dan Perguruan tinggi isi dengan titel Anda.

Pengalaman bekerja


Jika Anda memiliki pengalaman kerja, maka tulislah pada surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuannya untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang dimilikinya itu.


Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan


Lampiran adalah segala sesuatu yang disertakan dalam sebuah surat lamaran dengan maksud untuk mempertegas atau memperkuat surat tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi pihak badan usaha atau instansi yang menawarkan pekerjaan.
Lampiran dalam surat lamaran pekerjaan adalah :
Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
Foto copy Ijazah terakhir
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
Pas Foto terbaru
Foto Copy KTP
Foto Copy Akte
Foto Copy Kartu keluarga (KK)
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)

Persiapkan dengan matang segala berkasnya dan tetaplah pada prosedur dan tata tertib di perusahaan. Jangan lupa ketika diterima diperusahaan harus sopan dan tetap merasa dibawah. Jika Anda ingin suskes bekerja diperusahaan Pelajari terus cara komunikasi yang baik dan jangan menyinggung perasaan teman apa lagi atasa. Itulah tadi sekilas informasi mengenaik Cara menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik, semoga bisa memberikan Anda informasi. contoh surat lamaran kerja terbaru

Artikel Terkait