Senin, 28 September 2015

Apa itu SEO Search Engine Optimization? Dan Cara Unggul Di Serp

Apa itu SEO Search Engine Optimization?  - Sebelum kita menyelam lebih dalam tentang SEO ada baiknya kita mengenal SEO itu sendiri. Search Engine Optimization atau yang kita kenal dengan mengoptimalkan mesin pencarian adalah tehnik unik yang umum orang gunakan untuk menempatkan artikel atau website mereka di halaman pertama di Google. Tehnik ini pada umumnya digunakan oleh para Blogger, webmaster dan bisnis online tujuanya yaitu tadi agar volume traffick website kita cepat meningkat. Contohnya begini saja, jika Anda memiliki sebuah website, namun website tersebut berada di halman terakhir Google apa yang terjadi? Tentu saja tidak ada orang atau visitor yang menunjungi website Anda, namun dengan berusaha semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan SEO pada website Anda, tentu saja peluang website Anda untuk muncul di halaman pertama Google semakin besar dan jika artikel/ website Anda bisa muncul di halaman pertama Google tentu peluang orang yang akan berkunjung semakin besar. Sedikit contoh kasus tentang SEO jika Anda mengetikan kata kunci (keyword) di Google, maka akan muncul list website/blog yang berhubungan dengan keyword tersebut. Jika website/ blog yang terompitmasi dengan baik, maka tentu saja bisa berada di halaman pertama Google seperti gambar berikut ini.



Jika kita melihat gambar diatas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa salah satu artikel dari bisnisborneo.com bisa berada di halaman pertama Google. Tidak hanya itu Google suggest juga sering kali menunjukan dan merekomendasikan untuk artikel yang bisnis borneo tulis. Dan yang terpenting selain itu adalah Google untuk penelusuran gambar juga menunjukan penelusuran bisnis borneo. Coba kita telusuri lagi mengenai Google suggest ini dengan keyword berbeda, namun artikel serupa masih bisa muncul di halaman Google.


Gambar di atas adalah Suggest yang diberikan oleh Google, baik mari kita cek apakah masih bisa berada di halaman pertama Google atau di halaman berapa?

Coba lihat jika Anda mengetik dengan keyword berbeda, namun masih dalam satu refrensi artikel dari bisnis borneo masih muncul di laman Google, sebenarnya masih banyak kata kunci yang ketika Anda ketik artikel tersebut masih di halaman Google, namun mungkin gambar di atas hanya sebagai contoh saja. Jujur blog ini masih di bangun dengan TLD (Top Level Domain) dan beberapa kali saya pengen migrasi ke Wordpress masih ragu. Saya yaki selain platform tentu ada salah satu hal yang paling penting, yaitu SEO.


Baca Juga: Cara Artikel di Halaman Pertama Google

Sayangnya waktu yang begitu singkat sehingga saya tidak bisa membahas SEO lebih dalam lagi, namun ada kalanya artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Mungkin untuk tips lainya akan saya bahas pada kesempatan yang berbeda.

Artikel Terkait