Senin, 28 September 2015

Apa itu ePUPNS? Dan Bagaimana Cara Registrasi PUPNS BKN?

 Cara Registrasi PUPNS BKN - PUPNS adalah kepanjangan dari Pendataan Ulang PNS, mungkin sekarang ini lebih populer kita kenal dengan (ePUPNS) karena untuk kenyamanan dan ketertiban umum, maka pemerintah telah memberikan keleluasaan bagi mereka yang ingin mendaftar PUPNS.Pada dasarnya ePUPNS adalah sistem birokasi yang dibuat secara modern yang berbasis teknologi karena sekarang ini kita menengok bahwa perkembangan IT dan komunikasi sangat pesat. Selain itu dengan menggunakan ePUPNS setiap orang tidak merasa tertekan karena desakan ketika mengantri. Bayangkan saja jika PNS yang hadir dari seluruh Indonesia di suatu tempat, tentunya akan sangat mendesak dan padat, namun dengan sistem elektronik ini tentunya kebih efesien dan memudahkan kita. Penggunaan Pendataan Ulang PNS (e-PUPNS) BKN. PNS kini telah berubah menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) yang telah diatur dalam Undang-undang No. 5 Tahun 2014:




Baca Juga: » Informasi Mengenai Sertifikasi Profesi Guru 2016

Cara Registrasi PUPNS BKN Melalui Online


Untuk mendaftar PUPNS BKN sekarang ini sangat mudah karena pemerintah pusat telah memberikan keleluasaan yang bisa kita gunakan melalui online. Pemerintah berasumsi bahwa denga menggunakan Sistem Eletronik Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (EPUPNS) tentunya lebih efektif dan efesien, selain itu bisa dilakukan dimana saja dengan syarat lalulintas koneksivitas stabil. Untuk pendaftaran EPUPNS Anda bisa merujuk ke situs resmi yang beralamatkan epupns.bkn.go.id situs tersebut bisa Anda akses 1x24 jam, namun ada kondisi dimana situs ini susah dibuka karena overload karena ramai. Nah, saran kami jika Anda ingin mendaftar bisa pada jam 12-3 malam karena pada jam tersebut para pendaftar sedikit berkurang. Sedangkan Registrasi PUPNS BKN bisa dilakukan melalui Situs resim epupns.bkn.go.id/registrasi

EPUPNS BKN sendiri adalah terobosan baru Badan Kepegawaian Negara sebagai upgrade atas sistem konvensional yang telah bertahan puluhan tahun.

Keuntungan PUPNS BKN Registras

Tentunya terdapat banyak keuntungan yang dihasilkan dari mutasi sistem manual ke EPUPNS antara lain :

Kredibilitas data bisa dipertanggung jawabkan karena telah melewati sistem Verifikasi di Daerah
Ontime dari waktu ke waktu, jadi bisa dilakukan pengecekan kapanpun dan dimanapun.
Terintregrasi langsung ke Website BKN


Kekurangan Sistem EPUPNS saat Registrasi PUPNS


Gress Info dari sistem pendataan pegawai PNS menggunakan EPUPNS ternyata tak luput dari kekurangan karena untuk mengintregasikan database data pegawai yang teregister ternyata butuh resource tinggi agar mampu mem-back up permintaan data tinggi saat akses online terhadap situs EPUPNS (tempat pendaftaran PUPNS) sedang tinggi. Selain itu sistem koneksivitas internet di Indonesia begitu lambat yang memungkinkan adanya kegagalan ketika pendaftaran, namun alangkah baiknya ketika Anda ingin mendaftar menggunakan koneksivitas yang stabil agar menghindari kegagalan saat pendaftaran.


Informasi Registrasi PNS di EPUPNS BKN

Pemerintah anak memberikan Sanksi bagi para  PNS yang lalai melaksanakan proses registrasi di website EPUPNS BKN yakni bahwa pemerintah akan mengancam adanya pemecatan, untuk itu bagi Anda yang belum melakukan registrasim maka bersegeralah untuk melakukan Registrasi di EPUPNS maksimal semua verifikasi selesai pada 31 Desember 2015 atau dianggap mengundurkan diri sebagai PNS, dan yang perlu digaris bawahi adalah :

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana tata cara dan mekanisme registrasi, maka Anda bisa mengnjungi alamat resmi Registrasi PNS Online di EPUPNS BKN di pupns.bkn.go.id
Solusi atas kendala yang terjadi saat registrasi pendaftaran ulang PUPNS di web BKN
Kolom selanjutnya dalam formulir registrasi pendaftaran ulang PNS online PUPNS
Cetak Kartu pendaftaran ulang PNS di PUPNS BKN. Sumber wikipedia dan diulas oleh tim bisnis borneo

Artikel Terkait