Rabu, 26 Agustus 2015

Lukisan Seharga 1,5 Juta Dollar AS di Rusak Oleh Anak 12 Tahun

Lukisan Seharga 1,5 Juta Dollar AS di Rusak Oleh Anak 12 Tahun- Seorang anak berusia 12 tahun jatuh terpeleset saat ingin melewati rute lukisan minyak karya Paolo Porpora berjudul Bunga yang sedang dipamerkan dalam pameran Leonardo da Vinci di Huashan 1914 Creative Park di Taipei pada hari Minggu lalu. Saat itu dia sedang lewat, namun enatah kenapa matanya fokus kelukisan dan kemudian kakinya tersandung sehingga jatuh ke tembok yang ada lukisan tersebut. Akhirnya dari kecelakaan ini lukisan tersebut robek kecil, semua orang terlihat palik termasuk orang tuanya. Lukisan seharga 1,5 juta dolar atau sekitar 21 Milyar tersebut pun diperbaiki oleh tim khusus yang profesional di bidangnya.

Andrea Rossi, kurator pameran, mengatakan bahwa anak tersebut terlihat sangat gugup dan takut ketika dipanggil oleh tim pameran. Anak tersebut juga meminta agar tidak disalahkan atas kerusakan lukisa itu. Rossi juga mengatakan bahwa keluarga dari anak tersebut tidak diminta bertanggung jawab atas biaya perbaikan lukisan.

Menurut agen berita setempat, Focus Taiwan, lukisan langka itu milik pribadi dan telah diasuransikan. Rencananya, minggu ini lukisan telah dikirim kembali ke Italia untuk diperbaiki.
Dalam halaman Facebook resmi penyelenggara pameran, panitia mengatakan, “Ke-55 lukisan ini adalah lukisan asli yang sangat langka dan berharga. Bila lukisan tersebut rusak, kerusakan menjadi permanen.”


Ada Sekitar 200 sampai 300 tamu berada di lokasi pameran saat terjadinya insiden, jumlah yang tidak melebihi batas maksimum pengunjung, ungkap Sun Chi-hsuan, kepala pameran.
Penyelenggara pameran beralasan anak itu kemungkinan besar tidak menyadari lingkungan sekitarnya karena ia sedang memerhatikan pemandu wisata tur.
Kini Rossi harus berusaha keras mereparasi lukisan yang robek dengan menggandeng restorator lukisan asal Taiwan, sebelum karya Paolo Porpora itu dikembalikan ke Italia. (Shanghaiist/Focus Taiwan) sumber: poskotanews Boredpanda









Meskipun demikian dari pihak panitia dan penyelenggara pameran tersebut berusaha untuk memperbaiki lukisan termahal tersebut. Lukisan langsung diperbaiki dan akan dikirim kembali ke Italia dan diserahkan kepada orangnya. Untungnya lagi bahwa lukisan 1,5 juta dollar ini sudah diasuransi jadi tatkala terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan seperti hari ini, maka yang akan bertanggungjawab untuk mendanai adalah dari pihak asuransi.

Artikel Terkait