Rabu, 12 Agustus 2015

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Benar

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Benar- Ada banyak sekali jurusan kuliah sekarang ini, jadi bagi Anda yang baru tamat atau menyelsaikan sekolah menengah ke atas pastingya ingin mengambil jurusan kuliah? Bagi Anda yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi tentu akan memilih jurusan apa yang akan Anda ambil? Ingat jangan sampai menyesal di tengah jalan. Banyak orang yang salah mengambil jurusan kemudian harus Drop Out alias keluar dari kampus, namun ada juga sebagian dari mereka yang Drop out karena menemukan passion di bidang lain. Jadi intinya Anda harus memilih benar-benar bidang atau jurusan kuliah ini. Jangan pernah ikut-ikutan dalam memilih jurusan karena kebanyak dari mereka yang gagal adalah mereka yang hanya ikut-ikutan ketika memilih jurusan. Baiklah pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk berbagi sedikit pengalaman dan informasi tentang cara memilih jurusan kuliah yang baik dan tepat.



Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Benar



1. Bidang Yang Anda Minati

Sebelum Anda mendaftar dan masuk ke perguruan tinggi sebaiknya Anda memilih jurusan tersebut sesuai dengan bidang yang Anda minati. Contoh saya suka bidang bahasa dan saya sangat suka mempelajari bahasa asing. Meski saya sangat suka bahasa asing, namun saya memilah milih lagi mana bahasa asing yang lebih cendrung saya sukai? Ya, sepertinya saya lebih mahir dan cepat paham dalam bahasa Arab dan pada akhirnya saya mengambil jurusan bahasa Arab. Intinya jangan sampai Anda memilih jurusan karena mudah mendapatkan kerja dan tidak sesei hati Anda, karena pada akhirnya Anda akan sering mengeluh dan bosan. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan hobby dan minat Anda. Misalkan lagi Anda sangat suka menggalambar dan desain, mungkin Anda bisa mengambil jurusan desain atau arsitek. Kalau selama ini Anda lebih suka komputer dan sangat penasaran dengan dunia komputer maka Anda bisa masuk ke jurusan ilmu komputer dsb. Sekarang ini banyak orang berfikir setelah kuliah kita akan cepat dapat kerja? Maaf anggapan itu kurang tepat, sekarang ini mendapatkan gelar sarjana saja tidak cukup, karena yang paling penting itu adalah skill atau keterampilan kita. Coba Anda bayangkan berapa banyak lulusan sarjana yang nganggur setiap tahunnya? Jadi mantapkan niat dan tanya-tanya terlebih dahulu bidang mana yang tepat dengan Anda.


2. Mencari Informasi Jurusan Kuliah


Setelah Anda menentukan jurusan yang akan Anda pilih, maka selanjutnya adalah mencari informasi jurusan yang akan Anda pilih. Contoh Anda suka komputer dan ingin fokus di komputer, namun perlu diketahui bahwa jurusan bidang komputer itu banyak, jadi pastikan Anda memilih satu bidang. Anda bisa mencari jurusan kuliah di Internet, buku, majalah, bertanya kepada senior, cari informasi di kampus dsb.

3. Lihat Nilai Anda

Nilai juga snagat mempengaruhi lulus atau tidaknya kita di suatu jursan kuliah, oleh karena itu Anda juga harus memastikan bahwa nilai kelulusan ketika SMA/SMK Anda mencukupi standar untuk masuk ke salah satu jurusan yang Anda minati.

4. Cari Jurusan Sesuai Cita-cita Anda

Setiap orang memiliki cita-cita, nah kuliah adalah salah satu cara untuk menggapai cita-cita contoh jika Anda ingin jadi ''Dokter''. Maka Anda harus mengambil jurusan kedokteran dan jika Anda ingin menjadi perawat mungkin Anda bisa mengambil jurusan keperawatan dsb. Namun, jangan terlalu memaksakan kehendak jika Anda tidak memiiki banyak budget mungkin Anda bisa mencari alternatif lain seperti hobby itu tadi.

5. Cari Alternatif lain

Nah, disini Anda harus memiliki setidaknya 2 laternatif dalam bisang atau jurusan kuliah, pastikan kedua bidang tersebut Anda sukai dan Anda cntai misalkan Anda sangat hobby dengan bahasa, Mungkin Anda bisa mengambil jurusan bahasa asing dan jurusan bahasa Inggris atau Mandarin. Cari prospek kedepanya yang bagus dan mudah mendapatkan pekerjaan serta banyak dibutuhkan oleh SDM (Sumber daya manusia)


Itulah tadi sedikit informasi tentang : Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Benar, semoga bisa memberikan Anda inspirasi dan bisa memilih jurusan yang tepat agar kedepanya kehidupan Anda jauh lebih baik. Cari jurusan yang sesuai hobby dan yang banyak orang butuhkan, saya kira jurusan yang paling bagus sekarang ini adalah bahasa, jika Anda bisa berbahasa asing dengan baik, maka ada banyak sekali perusahaan yang akan merekrut Anda. Cara memilih jurusan yang tepat Adalah hal yang harus dipertimbangkan matang-matang, jangan sampai menyesal.

Artikel Terkait