Selasa, 04 Agustus 2015

6 Rahasia Sukses dari Wanita Terkaya di Dunia

6 Rahasia Sukses dari Wanita Terkaya di Dunia - Siapa sih yang tidak ingin menjadi orang terkaya di dunia, apa lagi nama kita bisa berada di sejeret majalah dan media dengan jutaan pemirsa dari seluruh dunia. Zhou Qunfei tidak menyangka bahwa dirinya masuk kedalam salah satu wanita terkaya di dunia, karena pada awal hidupnya dia pernah putus sekolah kemudian menjadi buruh pabrik. Kemudian pada suatu ketika Zhou Qunfei sukses mendirikan Lens Technologies, yaitu produsen layar sentuh bagi perusahaan sekaliber Apple dan Samsung. Zhou yang kini berusia 45 tahun dibesarkan di sebuah desa kecil di China. Sejak berusia 5 tahun dia sudah kehilangan ibunya. Ayahnya hampir buta setelah kecelakaann dalam sebuah proyek industri. Kemudian Dia putus sekolah pada usianya yang ke 16 tahun, naik pangkat di tempat kerja, dan akhirnya membuat perusahaan penyulingan kaca sendiri, yang go public awal tahun ini

Kini Zhou tercatat memiliki kekayaan sekitar US$ 7 miliar hingga US$ 10 miliar. Berikut adalah beberapa kunci kesuksesannya Zhou dilansir dari Inc.



1. Pantang menyerah dan Terus Mencoba


Rahasia yang paling umum dan barang siapa yang bisa sabar , maka dia akan sukses begitu juga dengan Zhou. Walau waktu itu di sekolah dia cukup pintar,  namun dia tidak punya pilihan, demi mengear cita-citanya karena dia ingin menjadi perancang busana. Kemudian dia drop out pada usianya yang ke 16 tahun, dan bekerja di sebuah pabrik pembuat lensa dengan penghasilan US$ 1 per hari atau sekitar Rp 13.400. Itu tidak cukup untuk biaya kehidupan nya sehari-hari.Di pabrik tersebut dia  bekerja dari pukul 8 pagi 12 malam, dan kadang-kadang sampai 2 pagi.

Tidak pasrah menerima keadaan, Zhou memberikan surat pengunduran diri kepada bosnya dengan alasan penghasilan tersebut tidak cukup baginya. Zhou tahu ada banyak orang lain antre untuk menggantikannya, alih-alih membiarkan dia pergi, bosnya malah memberikan promosi. Langkah berani ini ternyata menjadi langkah penting menuju takdirnya sebagai pengusaha kaya.


2. Benar-benar mengerti bisnisnya


Zhou berkarir dari bawah dan benar-beanr paham akan apa yang dia lakukan selama bekerja. Dengan pengalaman yang cukup lama dia benar-benar paham setiap langkah dari proses manufaktur lensa-sebelum dia membuat perusahaan sendiri. Bahkan sekarang, dengan karyawan sebanyak 60 ribu-80 ribu orang, Zhou masih suka berkeliling pabrik dan memperhatikan dari dekat proses pembuatan lensa.

Jadi intinya dalam bisnis kita harus jadi profesional dan handal tidak hanya memanfaatkan tenaga kerja atau karyawan saja. Pahami terlebih dahulu langkah demi langkah bisnis yang kita suka dan pada akhirnya barulah kita bekerja secara mandiri.


3. Belajar dari kegagalan


Pepatah mengatakan kegagalan adalah awal dari kesuksesan begitu juga dengan Zhoudia  mundur dari pekerjaannya dengan dalil karena dia ingin mandiri dan ingin  membuat perusahaan manufaktur sendiri dengan total modal US$ 3.000. Sebelumnya, dia sudah belasan kali gagal saat membuka usaha. Jadi ketika kita gagal, maka teruslah bangkit semangat adalah kekuatan yang bisa memberikan kesukesan bagi setiap orang.  "Dua kali saya harus menjual rumah untuk membayar gaji karyawan" katanya.


4. Berani ambil peluang


Keahlian Zhou adalah membuat lensa kaca jam tangan. Munculnya generasi terbaru ponsel pintar benar-benar menjadi pendongkrak kesuksesannya. Pada tahun 2003, ia dihubungi oleh eksekutif dari perusahaan ponsel ternama, menanyakan apakah dia bersedia membuat layar ponsel. Zhou manjawab ya. Jadi ketika ada orang yang ingin mengajak kita kerja sama dan sesuai dengan bidang kita, maka jangan ragu cobalah untuk mengambilnya dan bekerja secara profesional bukan hanya omong semata.


5. Bekerja keras


Kesuksesan tidak bisa didapat dengan cara instan oleh karena itu kita harus bekerja keras, gapailah impian kita jangan pernah mendengarkan kata orang lain, cukup mendengarkan apa kata hati ikita.  Zhou berani mengambil resiko dan melakukan apa yang orang lain takut untuk lakukan, resiko besar anak menghasilkan kesuksesan yang besar pula.

Kantor perusahaan menyatu dengan lokasi pabrik di Changsha. Di kantornya yang luas, pintu belakang mejanya mengarah ke sebuah apartemen kecil, memastikan dia bisa berjalan-jalan di lantai pabrik pagi atau malam hari.


6. Rendah hati 


Banyak orang yang kaya , namun mereka sombong dan akngkuh, namun meski  Zhou kaya dan sukses, dia tetap rendah hati, tetap diam selama pertemuan, tetapi meminta perhatian ketika dia berbicara, dan menegur bawahan karena duduk tidak tegak pada sebuah pertemuan.

Artikel Terkait