Selasa, 07 Juli 2015

5 Cara Agar diterima Saat Melamar Pekerjaan

5 Cara Agar diterima Saat Melamar Pekerjaan - Apakah Anda sedang mencari pekerjaan dan bingung karena begitu banyak memasukan lamaran kerja? Mungkin sebagian orang sangat bosan menunggu panggilan yang tak kunjung ada ketika memasukan lamaran pekerjaan di suatu perusahaan atau kantor. Ada ratusan ribu bahkan jutaan calon pengangguran setiap tahunnya, karena Indonesia masih sangat minim lapangan kerja. Nah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi sedikit tentang bagaimana cara agar diterima saat melamar pekrjaan.

Pada dasarnya bekerjalah sesuai skill dan hati Anda, jangan uatmakan gaji terlebih dahulu. Jika pekerjaan yang Anda jalankan sesuai dengan hati Anda, maka gaji akan nysul. Sekarang ini banyak sekali orang yang tidak bisa bekerja, lantaran banyaknya lamaran yang masuk di suatu perusahaan atau CV, namun walaupun demikian, sebaiknya Anda tidak perlu untuk berputus asa. Mungkin ini bukan saatnya yang tepat untuk Anda bekerja, oleh karena itu Anda harus lebih bersabar dan teruslah berusaha untuk terus memperbaiki diri Anda. Siapa tahu setelah Anda membaca artikel ini Anda bisa dalam mendapatkan pekerjaan yang tepat, tentunya sesuai dengan kemampuan Anda. Berikut ini ada beberapa cara agar Anda cepat diterima kerja.



1. Masukan lamaran pekerjaan yang sesuai dengan Skill Anda

Pilihlah pekerjaan yang tepat jangan sampai Anda ikut-ikutan dengan teman lain, yang nantinya akan menjerumuskan Anda pada kegagalan. Tidak sedikit orang yang gagal dalam bekerja karena mereka hanya ikut-ikutan dan coba-coba, bukan karena skill dan keahian mereka. Ketahui apa saja ahli Anda dalam bekerja, jika Anda bekerja dengan keahlian Anda, maka itu akan terasa lebih nikmat dan senang. Keahlian bisa kita latih dengan menekuni suatu profesi dengan profesional. Misalkan Anda sangat suka otak atik komputer, maka pekerjaan yang cocok untuk Anda tentunya dibidang komputer. Namun, sebaliknya jika Anda bisa ikut bekerja dibidang bangunan, maka pekerjaan yang cocok bagi Anda tentu sebagai tukang bangunan.

2. Penampilan Saat Melamar dan Wawancara

Kesan pertama sangat menentukan pada wawancara kerja. Salah kostum atau tidak rapi akan menjatuhkan nilaimu di mata pewawancara hanya dalam beberapa detik saja. Buat kesan yang berebeda saat wawancara, lakukan sebaik mungkin sehingga Anda terlihat lebih profesional. Jangan lupa perhatikan juga pakaian, sepatu dan beberapa aksesoris ketika Anda hendak melakukan wawancara. Jawab dengan tegas ketika ditanya. Siapkah materi apa saja yang kira-kira bakal ditanyakan oleh sang pewawancara. Baca petunjuk, brosur dan beberapa artikel serta majalah yang ada di perusahaan. Tanya teman atau staff kantor tentang materi yang kira-kira bakal di tanyakan, agar ketika ditanya Anda tidak begitu gerogi dan panik.

3. Lewat orang dalam

Biasanya yang paling banyak orang lakukan ketika melamar pekerjaan Adalah dengan memanfaatkan orang dalam. Orang dalam disini berfungsi sebagai pemberi inforamsi apa saja tentang syarat dan ketentuan pekerjaan. Mungkin ini adalah cara agar Anda cepat diterima dan mendapatkan pekerjaan, sebaiknya Anda memiliki beberapa kenalan yang berpengaruh di perusahaan yang akan Anda lamar, atau orang tersebut bisa juga di sebut dengan orang dalam. Biasanya, referensi dari orang dalam ini sangat ampuh guna meyakinkan pihak perusahaan untuk menerima Anda bekerja di perusahaan tersebut.


4. Siapkah semua persyaratan 

Tentunya ini adalah hal yang paling utama yang harus Anda lakukan ketika dalah melamar pekerjaan, yaitu mempersiapkan apa saja yang menjadi persyaratan dalam bekrja, misalkan ijazah, KTP, surat riwayat hidup, SKCK dsb. Persiapkan dengan matang, jangan sampai salah. Salah satu cara agar Anda bisa mengetahui persyaratan adalah dengan membaca brosur atau pengumuman pendaftaran.

5. Berdoa, sabar dan terus berusaha

Jika Anda sudah memasukan lamaran pekerjaan, jangan lupa untuk selalu bedoa, terlebih ketika Anda suah diterima dalam bekerja. Tidak ada orang atau siapa pun yang menentukan pekerjaan Anda tanpa seizin Allah. Sabar dan terus berusaha jangan mudah putus asa karena selama kita berusaha pasti ada jalan.


Artikel Terkait