Selasa, 07 Juli 2015

10 Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja

8 Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja - Wawancara adalah tahap yang paling penting dalam menentukan kelulusan dalam bekerja atau sekolah. Dengan melakukan wawancara secara maksimal dan profesional, maka Anda bisa dikatakan akan lulus dan diterima dalam bekerja atau kuliah. Pada dasarnya tahap wawancara kerja merupakan kesempatan untuk kamu membuktikkan kepada manager atau  perusahaan bahwa kamulah kandidat yang tepat untuk posisi yang kamu lamar.

Ketahui bagaimana tips dan cara menghadapi wawancara kerja , tanya kepada teman yang sudah berpengalaman tentang metode dan cara dalam menjawab wawancara. Aatau Anda juga bisa membaca artikel-artikel tentang metode menjawab wawancara yang baik dan benar, tujuan tersebt agar Anda bisa diterima di tempat kerja yang Anda inginkan.
Dalam wawancara kerja bisanya ada banyak pertanyaan sulit yang ditanyakan kepada Anda, disinilah kebanyakan orang gagal dan tidak bisa diterima dalam bekerja, karena mereka tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Bagaimana cara mengetahu dan sukses dalam menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja? Baiklah pada kesempatan kali ini admin sangat tertarik untuk berbagi sedikit inforamis yang mungkin bisa membantu Anda dalam menghadapi wawancara kerja.




1.Cari Informasi Detail Tentang Perusahaan Anda

Biasanya yang paling banyak ditanyakan adalah seputar pengalaman dan pengetahuan Anda seputar profil perusahaan. Baca dan cari tahu informasi tentang perusahaan tersebut. Mungkin bisa melalui Internet, majalah atau brosur yang ada diperusahaan tersebut. Jika Anda memiliki teman mungkin Anda bisa bertanya kepada teman Anda tentang sedikit informasi tentang perusahaan.

2. Jangan Sampai Terlamat

Datanglah lebih awal ketika wawancara. Datanglah sekitar 20-30 menit agar anda lebih tenang rilex dan tidak terburu-buru ketika dipanggil.

3. Perhatikan Gaya berpakaian Anda

Sesuaikan gaya pakaian Anda sebelum datang dan melakukan wawancara, karena salah satu faktor yang mungkin akan menentukan Anda diterima atau tidak saat bekerja Adalah gaya berpakaian Anda. Pakailah pakaian yang sopan dan rapi. Pakai kemeja yang rapi, kalau ada dasi itu lebih baik, jangan lupa untuk menggunakan celana kain agar kelihatan lebih rapi dan sopan.

4. Masuk dengan Sopan, Ketuk Pintu dan Ucapkan Salam dan Jabat Tangan

Ketika Anda dipanggil untuk melakukan wawancara, maka jangan lupa untuk mengetuk pintu dan mengucapkan salah. Minimal ucapkan '' Selamat Pagi!, Selamat Siang!. Jangan duduk sebelum dipersilakan duduk. Perhatikan selalu tingkah laku Anda , body bahasa dan body bicara Anda. Jangan bicara terlalu tinggi dengan nada yang keras, jawab dengan tegas dan minta maaf jika sesekali melakukan kesalahan dalam berkata.

5. Murah Senyum

Hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan adalah selalu murah senyum, artinya jangan terlalu tegang dan berwajah masam. Tersenyumlah sesekali ketika Anda berbicara atau meyimak pertanyaan dari sang pewawancara.

6. Ceritakan Pengalaman diri Anda dengan Jujur

Kebanyakan orang menceritakan pengalaman bekerja mereka agak sedikit membual. Nah, saran saya jika Anda ingin selalu dipercaya oleh semua orang, maka hal yang paling penting yang harus Anda tanamkan dalam diri Anda adalah ''JUJUR''. Jawab dengan jujur apa yang ditanyakan oleh sang pewawancara, jangan sesekali berbesar dan berbangga diri.

7.  Selipkan humor cerdas

Mungkin tak ada salahnya jika anda menyelipkan beberapa humor yang cerdas saat anda memberikan jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara. Selain bisa untuk mencairkan suasana, humor yang cerdas juga mencerminkan bahwa diri anda adalah orang yang hangat dan ramah. Namun jangan pula terlalu berlebihan karena humor yang berlebihan akan memperlihatkan bahwa anda bukanlah tipe orang yang bisa serius.

8. Ucapkan Terima Kasih Ketika Akhir Wawancara

Ucapan terima kasih mungkin simple, namun ini sangat bearti bagi sebagian orang. Orang barat selalu memperhatikan kalimat ini, karena kalimat ini dianggap sebagai salah satu kalimat ''Magic'' atau sakti. Jangan lupa untuk mengucapkan banyak terima kasih atas waktu yang telah diberikan pewawancara kepada anda. Ucapkan terima kasih, salam dan jabat tangan.......

Artikel Terkait