Selasa, 30 Juni 2015

Tips Mudah Menghafal Dan Memahami Pelajaran



Tips Mudah Menghafal Dan Memahami Pelajaran- Apakah Anda sulit dalam menghafal atau memahami pelajaran? Ya, setiap orang tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menghafal atau memahami pelajaran, namun hal terbaik dalam diri Anda adalah seberapa maksimalkan Anda dalam belajar tersebut? Apakah Anda sudah lebih dari tiga kali dalam mengulangi pelajaran? Biasanya salah satu faktor yang menyebabkan kenapa kita susah dalam memahami pelajaran Andah karena kita malas dan kurang serius. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi sedikit informasi tentang bagaimana cara menumbuhkan semangat dalam belajar.

Ada beberapa cara atau metode yang bisa Anda temukan dalam diri Anda masing-masing, nah metode tersebutlah yang membantu Anda untuk menumbuhkan semangat dalam belajar sehingga dengan power dan spirit, maka Anda bisa menghafal dengan baik.


1, Temukan Cara Belajar Anda


Setiap orang tentu memiliki pemahaman yang berbeda-beda ada yang memiliki kemampuan cepat dan lambat dalam memahami pelajaran. Nah, tugas Anda sekarang adalah mencari tahu tentang gaya belajar yang enak dan pas menurut Anda. Ada beberapa tipe meurut geeniuss.com yang mungkin bisa membantu Anda dalam menemukan cara belajar yang enak dan efektif menurut pribadi Anda masing-masing,

Tipe Visual: Tipe visual atau biasa disebut juga dengan visual learner adalah mereka yang lebih mengandalkan mata saat belajar. Mereka pula lebih mudah memahami serta mengingat pelajaran dari apa yang mereka lihat. Coba tanya dirimu sendiri, apakah kamu seorang pelajar dengan gaya belajar tipe visual?

Jika ya,Anda bisa melakukan tips ini: Cobalah untuk membuat buku catatanmu semenarik mungkin agar kamu lebih senang membacanya, misalnya ketika mencatat pelajaran kamu menggunakan berbagai spidol warna warni untuk beberapa kata penting. Sehingga akan memudahkanmu mengingatnya.

Tipe Kinestetik: Tipe Kinestetik biasa disebut juga dengan Kinestetik Learner, seorang pelajar dengan gaya belajar ini biasanya mereka senang belajar diluar ruangan, seperti di taman, belajar sambil jalan-jalan keliling taman. Mereka akan lebih mudah suntuk belajar dalam keadaan diam.

Tipe Audio atau Audio learner. Seorang pelajar dengan gaya belajar tipe audio biasanya mereka lebih senag belajar dengan mendengarkan. Mereka akan mengerti ketika hanya mendengarkan orang yang sedang membaca namun dikeraskan. Mereka akan lebih cepat paham dan ingat ketika mendengar. Nah jika anda tipe audio anda bisa belajar bersama teman anda yang visual, suruh mereka membaca dengan suara yang dikeraskan sehingga kamu mampu mendengarnya dengan baik, selain itu apabila kamu belajar sendiri cobalah keraskan suaramu. Kamu juga bisa menggunakan alat rekam agar kamu bisa mendengarkannya dilain waktu.


2. Belajar Secara Berkelompok


Mungkin dengan bertukar pikiran secara berkelompok bisa dengan mudah membeikan Anda pemahaman dalam belajar. Mungkin sebagian orang ada yang bisa belajar secara sendiri dan tidak bisa diganggu oleh orang lain, nah bagi Anda yang hyper aktif dan susah konsentrasi, mungkin dengan belajar kelompok bisa dengan mudah memberikan Anda pemhaman. Belajar secara berkelompok mungkin bisa lakukan seperti tanya jawab. Meminta teman untuk mengoreksi hafalan Anda dsb.


3. Menghafal dengan Suara Keras


Biasanya otak akan lebih cepat merangsang audio visual, mungkin menghafal dengan suara lantang bisa memberikan Anda lebih cepat pemahaman dalam belajar. Ya, tentunya semua itu tergantung pada individual masing-masing kita. Intinya dalam belajar dan menghafal Andalah membaca secara berluang-ulang materi tersebut.

Artikel Terkait