Kamis, 04 Juni 2015

Kenapa Anak Malas Belajar? Kenapa Anak Tidak Mau Belajar?

 

Kenapa Anak Malas Belajar? Kenapa Anak Tidak Mau Belajar? - Kenapa Anak Malas Belajar itulah yang mungkin sering ditayakan oleh para pendidik dan orang tua pada umumnya. Mengatasi sifat anak yang malas atau tidak mau belajar bukanlah suatu perkara yang mudah, namun sebenarnya kita sebagai pendidik atau orang tua harus mengajak mereka.

Kenapa Anak Malas Belajar?


Hampir semua orang tua mengeluh karena anak mereka kurang bersemangat dalam belajar, terutama mengerjakan PR. Memang tidak bisa dipngkiri lagi dengan perkemangan teknologi juga menjadi salah satu faktor kenapa anak-anak malas belajar. Mereka lebih senang dan asik dengan permainan game di gadget dan smartphone mereka.  Sebenarnya itu bukan kesalahan mereka, melainkan kesalahan kita sebagai orang tua.  Ada baik nya bagi para orang tua mulai mengawasi aktivitas anak, yang mungkin nantinya akan berdampak besar terhadap anak tersebut, maka dari itu inilah pentingnya peranan orang tua didalam pembentukan karakter di dalam keluarga.

Seperti yang paling banyak dikeluh kesahkan oleh orang tua anak mereka kurang bersemangat dalam belajar adalah karena mereka  asik bermain game. Itulah dampak negatif dari perkembangan teknologi sekarang ini.  Sebenarnya ini bukan rahasia lagi kenapa anak malas untuk belajar, selain itu ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kenapa anak malas belajar atau mengerjakan PR, mungkin mereka kurang bimbingan dari orang tua atau guru sehingga apa yang akan mereka pelajari atau kerjakan kurang paham.  Jadi solusinya adalah kita sebagai orang tua harus pro aktif dalam berkomunikasi dengan guru. Tanyakan kepada guru bagaimana perkembangan akan Anda? Kenapa dia malas belajar? Apakah dia ada masalah dengan teman dsb?

Biasanya anak-anak SD itu sangat suka bermain dan memang seumuran mereka adalah masa-masa untuk bermain, jadi Anda sebagai orang tua tidak semestinya untuk selalu melarang mereka untuk bermain dan bersosialisasi bersama teman atau kerabat mereka.  Anak-anak lebih cendrung bermain, jadi tips nya adalah bagaimana cara agar mereka bisa belajar sambil bermain? Nah, salah satunya adalah dengan mengajak mereka bermain dan belajar. Ajak mereka bermain sambil mengerjakan PR atau belajar membaca sambil menyanyi.
Yang paling penting dalam diri seorang anak adalah pemantapan mental dan karakter, jika si anak sudah memiliki mental serta karakter yang kuat, maka dengan otomatis mereka akan sadar akan pentingnya belajar. Sebenarny saya sangat sedih dengan sistem pendidikan di negri kita ini. Kenapa para guru dan tenaga pendidik hanya mementingkan nilai di daport saja, tanpa benar-benar memperhatikan nilai krakter. Anak di usia dini sangat penting untuk dimantapkan karakter bukan hanya nilai di raport saja. Jika di Indonsia hal yang paling pertama ditanyakan ketika masuk kelas adalah ‘’ Siapa yang tidak mengerjakan PR?’’ Atau ‘’ Ada PR gak?’’. Maka semua itu berbanding 90 derajat di beberapa negara ‘’ Berapa banyak perbuatan baik yang kalian lakukan hari ini atau kemaren?’’. Mereka lebih mementingkan akhlak dan karakter dibandingkan nilai di sekolah, karena mereka sadar jika karakter mereka baik, maka pasti nilai mereka juga akan baik.

Berapa faktor dan penyebab kenapa anak malas belajar

1.    Kurangnya perhatian dari guru dan orang tua
2.   Tidak seimbangnya waktu bermain dan belajar sehingga mereka jika ingin belajar keburu mengantuk.
3.    Kurang waktu untuk bermain
4.    Sedang lelah/ Sakit
5.    Kurang asupan Vitamin/ Gizi sehingga anak mudah lelah dan sakit
6.    Ada masalah di sekolah/ Berantem, dihukum, kehilangan barang. Sehingga menjadi pikiran si anak.
7.    Anak terlalu manja sehingga apa yang anak lakukan orang tua turuti, termasuk tidak mengerjakan PR
8.     Anak selalu bikin masalah/ Tawuran antar geng, narkoba, merokok dsb
9.    Pacaran / Jika anak sejak dini sudah diajarin dan dipertontonkan dengan film percintaan, maka fokus anak adalah mulai ingn tahu tentang pacaran dan pada akhirnya malas belajar


Artikel Terkait