Selasa, 23 Juni 2015

Batu Akik Red Arwana Khas Kalimantan Barat

Batu Akik Red Arwana Khas Kalimantan Barat - Batu Akik Red Arwana adalah salah satu batu akik Khas Kalimantan Barat. Batu akik ini banyak ditemui di daerah kapuas hulu perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Warna yang indah dan konon, katanya bersisik ini menjadikannya sebagai salah satu batu akik yang sangat populer dan mahal di kalimantan barat. Tidak sedikit para pencinta batu akik dari daerah pulau yang mengincarnya. Kemaren saya pernah sharing dengan salah satu penghobi dan senior batu akik di kalbar, menurut beliau bahwa batu red arwana ini adalah salah satu batu yang hidup, artinya batu ini jika kita paki dia akan berevolusi.

'' Ya, batu red arwana ini hidup, artinya jika dipakai maka lama kelamaan dia akan berubah. Kemudian untuk membedakan batu red arwana ini adalah dengan menyenternya, jika batu tersebut bewarna merah dan bersisik maka harganya sangat mahal. Batu red arwana yang paling mahal adalah bewarna hitam, namun jika disenter dia akan berubah bewarna merah, batu ini sangat langka dan saya pikir sangat susah untuk didapatkan'' - Ujar nya

Secara pribadi saya juga belum pernah melihat langsung bagaimna bentuk dan ciri-ciri khas dari batu akik red arwana ini, namun berikut ini ada beberapa contog gambar yang mungkin bisa membantu anda untuk mendefenisikan atau menggambarkan bagaimana bentuk batu akik red arwana khas kapuas hulu atau kalimantan barat itu?





Anda bisa melihat batu red borneo diatas, pada dasarnya jika dilihat batu ini bewarna hitau atau agak kecoklat-cokelatan, namun setelah disentar batu akik tersebut berubah warna menjadi merah. Untuk harga batu akik red borneo asli kalimantan barat atau kapuas hulu ini paling murah 500 ribu rupiah .
Tentunya tergantung corak dan kualitas dari batu akik tersebut. Semakin bagus, maka harga yang ditawarkan pun semakin mahal.

Baca Juga: » Jenis Batu Akik Khas Borneo Atau Kalimantan Beserta Foto-foto nya

Baca Juga: » Foto-Foto Batu Akik Asli Kalimantan, Borneo Indah dan Unik


Sejarah dan Kepopularitasan Batu Red Borneo



Baiklah sebelum menyelam lebih dalam saya akan menjelaskan sedikit tentang penomena atau sejarah kepopularitasan dari batu akik red borneo ini. Pada dasarnya jika kita mendengar nama red arwana, maka yang akan  terbayan dalam benak kita adalah seekor ikan arwana berwarna merah? Ya, ikan arwana adalah salah satu iklan khas kalimantan barat, khusunya red arwana.  ikan arwana pada dasarnya berhabitat asli di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Ikan ini sudah terkenal di seluruh nusantara, atau bahkan di Pasar Internasional . harga mahalnya serta menjadi buruan para kolektor pencinta ikan hias di seluruh dunia. Kontes-kontes pun sering diadakan dengah hadiah mobil mewah dan hadiah ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah, demi mendapatkan siapa pemiliki iklan arwana terbaik.

Seiringnya dengan kepopularitasan batu akik di Indonesia,  red arwana pun menjadi sebagai nama atau sebutan batu akik. Batu jenis ini menjadi buruan pencinta batu, tidak hanya di Bumi Kabupaten Kapuas Hulu atau kalimantan barat pada umumnya,  namun di Seluruh Indonesia.

Batu akik red arwana bisa dikatakan adalah batu cincin yang terbilang baru, karena orang setempat juga baru menemukan batu ini ketika boomingnya batu akik.  Tetapi karena merupakan jenis baru itulah, batu red arwana kini menjadi buruan. Apalagi, batu red arwana ternyata memiliki pesona tersendiri bila dijadikan sebagai mata cincin.
Jangan membayangkan red arwana merupakan bongkahan batu besar seperti batu pada umumnya. Sebab, red arwana hanya sebuah krikil seperti batu kali pada umumnya. Ada yang berukuran sebesar kelereng hingga seberat sekitar setengah kilo. Namun untuk ukuran besar sangat jarang ditemukan. Begitu pula bentuknya, ada yang bulat, lonjong, bahkan pipih.


Artikel Terkait