Sabtu, 23 Mei 2015

Jenis Kamera CCTV Untuk Keamanan

Jenis Kamera CCTV Untuk Keamanan - Memasang CCTV sangatlah penting untuk dilakukan karena sebagaimana kita ketahui bahwa sekarang ini banyak sekali prilaku kriminal atau kejahatan yang terjadi. Hal ini bukan tidak mungkin atau bisa saja terjadi pada kita, apa lagi bagi Anda yang memiliki rumah mewah, kantor yang berisi banyak dokumen serta gudang penyimanan barang beharga. Selain mengirim scurity untuk menjaga keamanan ruangan kita, namun di sisi lain kita juga harus waspada dan selalu mengintai dari jarak jauh dan salah satunya adalah dengan menggunakan Kamera CCTV.

Mungkin sebagian orang sudah sangat populer dengan kamera ini, bahkan sekarnag ini hampir di seiap tempat umum banyak terdapat Kamera pengintai CCTV, mungkin yang paling banyak adalah di Bank, Warnet, Hotel dsb. Baiklah pada kesempatan kali ini admin akan berbagi sedikit Informasi tentang jenis dan macam Kamera CCTV untuk Keamanan.





1. Camera CCTV jenis Dome


Pada dasarnya jenis Camera Dome adalah berbentuk seperti kubah. Kamera jenis ini banyak digunakan di Kantor, Hotel dan beberaa tempat umum lainya. Konsep yang simple menjadikan kamera ini menjadi salah satu jenis kamera yang cukup popular. Selain itu jenis kamera ini juga tidak mudah rusak dan untuk pemasanganya pun relatif lebih mudah. Kelebihan dari jenis kamera ini adalah unik dan juga memiliki infra red yang memungkinkan untuk merekam walaupun pada waktu malam hari tanpa pencahayaan.



2. Bullet Camera



Bullet Camera adalah kamera pengintai yang banyak digunakan oleh orang sekarang ini. Kamera jenis ini memiliki kelebihan tahan air sehingga pada kondisi terkena hujan kamera jenis ini tidak mudah rusak. Selain itu orang banyak munggunakan jenis kamera ini untuk keamanan outdoor atau biasanya digunakan di depan pintu da perkarangan rumah, gudang, pertokoan, ruko, kantor dsb. Kamera ini juga memiliki infrared, yaitu berfungsi untuk merekam di malam hari. Selain itu kamera jenis ini juga banyak digunakan di indoor, biasanya di Bank. Namun, sanyangnya kekurangan dari jenis kamera ini adalah tidak mendukung untuk memiliki pan / tilt / zoom control melainkan untuk menangkap gambar dari daerah tetap. Kameran ini dipasang menunjuk pada daerah tertentu.


3. Box Camera



Box Camera adalah jenis kamera pengintai yang biasa digunakan untuk jarak jauh yang diletakan pada lokasi atau tempat tertentu. Kamera jenis ini memiliki kemampuan Zoom pada penempatan vertikal. Namun, sayangnya kamera ini hanya dapat menggunakan infrared dengan alat tambahan serta penggunaan lensa infrared pada kamera ini dan lensa kamera  yang digunakan juga harus yang sensitif terhadap sinar infra merah.


4. Wireless Camera



Wireless Camera biasanya juga dikenal dengan sebutan IP Cam, terdiri dari berbagai macam bentuk dan ukuran. Ada yang menggunakan baterai atau pun tidak. Terkoneksi secara langsung dengan internet, sehingga anda dapat melihat secara realtime yang anda awasi.  Dapat diakses melalui Hp (blackberry, android, iphone, smartphone dll) yang mendukung untuk livestream CCTV tersebut. Namun, sayangnya tidak semua kamera wireless cctv berbasis IP , beberapa dari kamera jenis wireless dapat menggunakan model alternatif dalam transmisi wireless.


Artikel Terkait