Senin, 11 Mei 2015

Jenis Dan Macam Batu Kecubung Kalimantan

 

 Jenis Dan Macam Batu Kecubung  - Batu Kecubung atau yang biasa kita kenal dengan nama latin Amethyst adalah batu yang bewarna khas, yaitu Ungu, Kuning, Cokelat dan Bening. Batu kecubung adalah batu akik has Indonesia yang banyak ditemukan di Kalimantan dan sumatera. Batu akik ini termasuk salah satu kategori batu akik yang cukup populer dilapisan masyarakat, maupun para kolektor dan penghobi batu akik. Kemudian kecubung yang paling populer itu ada 2 jenis yaitu,  Amethyst Flower dan Amethyst Banded. Kedua jenis kecubung tersebut paling banyak dicari oleh para kolektor dan pencinta batu akik. Struktur dan keindahan batu akik kerap kali menjadi alasan kenapa para penghobi batu akik kerap mengincar batu ini.



1.Batu Kecubung Wulung

 kecubung wulung adalah salah satu jenis dari keluarga Kecubung di Indonesia yang sangat populer baik dikalangan masyarkat, maupun di kalangan para kolektor batu akik itu sendiri. Kecubung Wulung memiliki ciri khas bewarna hitam gelap dan mungkin kelihatannya batu Kecubung Wulunga dalah salah satu batu yang sangat berbeda dengan pandangan orang sekarnag ini, yaitu ungu. Batu akik Kecubung Wulung banyak ditemukan di Kalimantan dan konon kata nya batu akik ini memiliki energi dan harga yang ditwarkan pun relatif cukup mahal. Selain itu batu kecubung Wulung yang berasal dari Kalimantan ini juga disebut sebagai batu Kecubung ungu karena para harifahnya batu akik ini lebih dominan dengan warna ungu.


2. Batu Kecubung Air

Batu  kecubung air juga menjadi salah satu batu akik yang cukup banyak disukai oleh para kolektor karena batu akik ini memiliki ciri khas yang sangat unik, yaitu bewarna bening seperti air. Di sisi lain selain memiliki ciri khas bening, batu akik ini memiliki struktur atau serat yang sangat indah di dalam nya sehingga memberikan kesan yang lebih indah di mata para penghobi batu akik Indonesia.


3. BatuKecubung Teh

Batu akik kecubung adalah jenis batu kecubung yang sangat unik, karena dia memiliki corak dan warna yang khas bewarna agak kecoklatan seperti warna teh pada umumnya. Batu akik ini sangat indah sehingga banyak sekali para kolektor yang menincarnya.


4. Batu Kecubung Lumut

Mungkin banyak yang belum tau tentang batu kecubung lumut ini, karena batu kecubung lumut ini banyak ditemukan di sungan kalimantan. batu kecubung lumut ini bewarna agak kehiajuan seperti lumut.


5. Batu Kecubung Sungai

Di Kalimantan sendiri batu keubung yang mungkin belum cukup banyak diketahui oleh orang atau penghobi batu akik adalah kecubung sungai. Kecubung sungai pada umunya banyak ditemuan di sungai kalimantan khusunya di daerah pedalaman.


6.Batu Kecubung Tanduk 

Batu Kecubung Tanduk adalah salah satu maskot batu akik kecubung khas Kalimantan yang juga dikenal sebagai katu kecubung hitam atau batu Kkecubung kopi. Batu akik ini pada umumnya memiliki warna hitam seperti tanduk atau warna hitam seperti kopi. Meskipun mempunyai warna gelap akan tetapi batu mulia kecubung tanduk terlihat begitu menarik dan mewah jika sudah di gosok dan poles dan digunakan sebagai perhiasan seperti batu cincin. Batu Kecubung Tanduk berada diposisi ke-3 dalam pencarian batu kecubung kalimantan.


7. Batu Kecubung Es 

Dan yang terakhir adalah Batu Kecubung Es pada dasarnya kecubung es ini memiliki karakter dan ciri khas menyerupai es. Nah, yang membuat batu ini digelari kecubung batu salah satunya adalah memiliki serat seperti es dan warna seperti ss Batu yaitu Putih Bening seperti yang biasa kita lihat pada es batu, akan tetapi Batu Permata Kecubung ES memiliki kilau seperti yang dimiliki oleh batu permata lainnya. Dan Batu Permata Kecubung ES duduk dipoisi ke-5 dalam pencarian batu kecubung kalimantan, Sangat jauh jika dibandingkan dengan Batu Kecubung Wulung Kalimantan yang sungguh begitu banyak peminatnya dari dulu sampai sekarang.



Artikel Terkait