Selasa, 26 Mei 2015

Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula




Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula - Apakah Anda tertarik untuk memulai Bisnis Online Shop di rumah? Bagi Anda yang keseharianya di rumah, khusunya bagi Anda ibu rumah tangga, mungkin Bisnis Online Shop adalah pilihan terbaik untuk menambah atau meningkatkan perekonomian keluarga Anda. Sekarang ini Bisnis Online Shop sangat populer dan booming. di Indonesia sendiri tahun 2015 adalah tahun emas bagi para pembisnis e-commerce (Perdagangan Elektronik). Kenapa Anda tertarik untuk memulai bisnis e-commerce? Apakah Anda terinspirasi dari teman atau dari orang lain? Ya, sekarang ini yang berperan di e-commerce tidak hanya dikalangan pengusaha atau selebritis saja, namun e-commerce juga banyak dilakukan oleh masyarakat menengah ke atas. Peluang Bisnis Online Shop atau e-commerce memang sangat menguntungkan, terbukti di antara mereka mampu menghasilkan pluhan, ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah dari bisnis ini.

Mungkin di awal tahun 2010 para konsumen sedikit khawatir dan takut untuk membeli barang secara online, karena mereka mereka pikir banyak yang menipu. Di Amerika atau negara berkembang sendiri hampir 80% orang membeli barang secara online, karena selain mudah, murah, tidak menguras tenaga mereka juga bisa belanja di mana saja dengan syarat terhubung dengan koneksi jaringan Internet. Amazon dan Ebay sebagai pusat e-commerce terbesar di dunia tentu memberikan banyak manfaat sekali bagi para konsumen. Konsumen hanya berfikir bagaimana caranya agar mereka bisa dengan mudah mendapatkan barang yang mereka butuhkan tanpa harus capek keluar rumah.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk berbagi sedikit informasi tentang bagaimana cara memulai bisnis e-commerce atau Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula?


1. Passion

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi untuk memulai bisnis online ini, maka pastikan dan mantapkan diri Anda untuk memulainya!! Passion atau gairah, keinginan, tujuan itu sangatlah penting untuk kita mantapkah, karena tidak sedikit orang yang putus asa karena gagal di awal, khusunya bisnis online ini. Jadi jika ini benar-benar kata hati Anda dan inspirasi Anda, maka mantapkan tarik nafas dalam-dalam dan mulailah!!

Perlu kita pahami bahwa bisnis online ini tidak semuda yang kita inginkan, maka hal yang termudah adalah mulai dari hal terkecil dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan sosial media. Jika Anda memiliki banyak teman dan followers, maka itu menjadi langah awal yang sangat baik, jalin relasi online yang baik denga saling Like dan komentar status teman. Buat staus yang baik kemudian cobalah untuk mempromosikan beberapa produk yang Anda miliki. 



2. Prospek

Oke, Prospek sangatlah penting untuk selalu kita terapkan baik itu dalam bisnis, maupun dalam menjaling relasi yang kuat. Biasanya kebanyak orang yang sukses itu mereka yang melihat prospek atau peluang. Lihat dan tentukan apa yang paling banyak orang minati sekarnag ini? Model apa saja yang sedang trendi sekarang ini? Untuk mengetahui hal tersebut, mungkin Anda langsung bisa terjun ke lapangan dan bertanya atau melihat produk yang paling banyak diminati oleh orang. Anda juga bisa mengintip di forum dan lapak jualan orang lain serta Anda juga bisa melihat produk terlaris di website jual beli online. Saya pikir prospek ini sangat penting kaitanya dengan apa yang akan kita jual kepada konsumen. 

Prospek atau riset menjadi prioritas utama yang harus kita lakukan karena dengan riset yang baik, maka kemungkinan besar barang atau produk yang kita jajakan bisa cepat laku. Cari produk yang cepat laris di pasaran dan banyak diminati oleh semua kalangan. Mungkin bisa berupa barang digital Hp, tablet dsb.


3.Website dan Branding


Website ini berfungsi untuk lapak Anda berjualan, disinilah tempat dimana Anda menjajakan semua produk dagangan Anda. Atau sebagai media promosi Anda. Hampir semua bisnis e-commerce menggunakan layanan website. Mungkin bagi Anda yang kurang memahami atau bahkan tidak tahu tentang teknis cara pembuatan website, maka Anda jangan khawatir karena sekarang ini ada banyak sekali jasa SEO dan pembuatan Website. Fokus Anda sekarang adalah mempersiapkan produk dan barnding Anda. Buat branding yang mudah diingat dan simple seperti contoh ''Gita Pet Shop''. Itu adalah contoh branding toko online yang menjual perlengkapan hewan peliharaan. Nah, tentukan apa branding atau nama website yang mudah diingat dan simple.

Kenapa harus menggunakan website? Kan bisa promosi melalui sosial media? Perlu diketahui bahwa dengan menggunakan website ini memungkinkan orang dari seluruh dunia bisa mengakses website Anda, namun jika Anda hanya menggunakan fasilitas sosial media, itu kurang maksimal. Dengan website Anda bisa memposting gambar-gambar produk Anda disana.

Note: Jangan Lupa untuk mempromosikan dan memgoptimasikan website Anda agar lebih mudah terindex dan berada di laman Google.

4. Alamat Yang Jelas


Nah, ini sangat penting untuk selalu Anda terapkan karena para konsumen sekarang ini sangat cerdas dan teliti, mereka tidak ingin mudah ditipu oleh karena itu mereka juga akan selalu memperhatikan Alamat, kontak personal, kontak sales, kontak BBM, Telpon kabel, SMS. Untuk meyakinkan dan mempermudah para konsumen untuk melakukan proses pemesanan, maka pastikan Anda untuk meimplementasikan beberapa alamat dan data yang jelas.


5.   Cari Mentor yang Baik

Selain bergabung dengan anggota atau tim yang bekerja dibidang bisnis online, maka Anda juga harus memiliki mentor yang baik dan berpengalaman di dunia digital. Sekarang ini banyak sekali mentor yang sangat profesional dan berpengalaman di dunia digital. Oleh karena itu lakukan sharing dan minta pendapat mereka tentang bisnis yang akan Anda jalankan, tak terlepas dari itu kalau bisa konsultasi semua tentang bisnis yang akan Anda jalankan, baik itu branding, memilih desain website, optimasi website, cara promosi yang efektif dsb.

6. Ambil dan cari pengetahun Lebih lanjut tentang Bisnis yang Akan Anda jalankan


Ya, memang sangat penting rasanya untuk mencari dan menggali lebih dalam lagi ilmu yang berhubungan dengan bisnis kita ini. Mungkin Anda bisa bertanya dan sharing di forum facebook. Atau membaca buku dan artikel yang terkait tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Gali lebih lanjut ilmu untuk membangun bisnis jangan modal nekat saja. Selain itu tumbuhkan potensi yang Ada di dalam diri Anda, kira-kira apa yang cocok dengan Anda. Sering minta pendapat teman atau irang lain. Jangan mudah menangkan perkataan orang lain, tanpa harus menyaringan terlebih dahulu.


Artikel ini cuma sebuah gambaran Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula. Untuk selanjutnya adalah praktek Anda bagaimana cara Anda untuk mendapatkan relasi dan mentora yang baik serta bijak.

Artikel Terkait