Minggu, 10 Mei 2015

Cara Membedakan Batu Akik yang Asli dan Palsu

Bacagaimana cara membedakan batu cincin asli dan palsu? Akhir-akir ini terend batu akik terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan, pasalnya para pencinta batu akik tidak hanya dari kalangan orang tua saja, namun para remaja pun unjuk dalam hobi ini. Batu akik bukanlah hobi baru di Indonesia sendiri, pencinta atau penghobi batu akik sudah ada sejak dulu. Nah, bagi mereka yang baru tahu batu akik dan mulai menjadi kolektor atau penghobi, tentunya untuk membedakan batu akik yang benar-benar asli dan imitasi/ palsu itu benar-benar sulut, karena hampir semua batu akiak terlihat indah dan menawan, apa lagi bagi para pedagang yang tidak jujur bisa saja mereka mengatakan bahwa batu yang mereka jual itu asli. Baiklah pada kesempatan kali ini admin sangat tertarik untuk berbagi sedikit informasi tentang cara membedakan batu akik asli dan palsu.

Sejatinya batu akik atau batu permata adalah sekumpulan batu yang kemudian mengeristal berbentuk bongkahan yang kemudian diasah agar lebih licin. Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali ragam dan jenis batu mulia dan di antaranya yang paling terkenal adalah batu bacan, merah delima, zamrud, panca warna, giok dsb.

Jika Anda ingin membeli batu akik saran kami adalah agar Anda tidak terlalu terburu-buru dalam menentukan pilihan Anda, karena bukan tidak mungkin batu yang ada di pasaran itu tidak semuanya asli, jadi hal yang paling penting ketika hendak membeli batu adalah mempelajarinya terlebih dahulu cari materi atau pengetahuan tentang ciri-ciri batu atau nama-nama batu, mungkin bisa melalui Internet, majalah, koran, artikel atau yang paling penting itu dengan orang yang lebih ahli '' Berpengalaman dalam dunia batu akik''.

Baca Juga: » Batu Panca Warna Garut Gambar dan Bongkahan 


Inilah beberapa Contoh atau Cara untuk membedakan batu akik asli dan palsu.
Cara Membedakan Batu Akik yang Asli dan Palsu


1. Batu akik asli jika di gesekan di smartphone atau tablet, maka akan bergerak seperti contoh video berikut ini!



Mungkin cara ini sangat sederhana dan paling mudah untuk membedakannya. Admin sendiri juga pernah membedakan batu akik yang benar-benar asli dan palsu, yaitu dengan menggunakan Hp layar sentuh atau yang lebih populer kita kenal dengan smartphone sekarang ini.


2. Dengan menggunakan rambut


Ini adalah salah satu metode yang pernah Admin coba untuk membedakan batu akik yang asli dengan yang palsu. Bagaimana caranya min? Oke pertama ambil sehelai rambut yang agak panjang kemduian tempelkan dengan menarik sisi ujung dan pangkal rambut, tempelkan dengan erat, kemudian satu orang mencoba untuk mebakarnya. Jika rambut yang ditempelkan itu terbakar, maka otomatis bisa dikatakan batu akik itu ''Palsu'', namun sebaliknya batu akik asli itu tidak akan terbakar, karena batu akik adalah batu alam yang memiliki temperatur atau suhu yang dingin sehingga, rambut yang ditempelkan itu tidak begitu saja terbakar. 


3. Sentarti batu akik 






Nah, ini adalah salah satu cara yang paling populer untuk mengetahu, apakah batu akik tersebut asli atau palsu? Cara ini adalah cara yang banyak dilakukan oleh penghobi batu akik. Sebelum itu lihat dan amati betul batu tersebut memiliki banyak serat dan tidak hanya tembus ketika di setari. Perhatikan serat yang terkandung di dalamnya.


4. Pengujian di Labolaturium




Nah, cara ini adalah cara yang paling extrime ya, mungkin cara ini hanya dilakukan ketika para kolektor yang ingin membeli batu dengan tawaran yang sangat tinggi, sehingga mereka mengujinya terlebih dahulu melalui labolaturium.


5. Perhatikan kekerasan batu


Batu asli adalah batu yang memiliki kekerasan yang telah ditentukan, oleh sebab itu biasanya ketika kita ingin membeli batu ada beberapa para pedagan yang menyarankan untuk menguji kekerasan kadar batu tersebut.


Artikel Terkait