Senin, 11 Mei 2015

Batu Topaz atau Batu Ratna Cempaka Jenis dan Bongkahan nya

Batu Topaz atau Batu Ratna Cempaka -  Batu Topaz atau yang lebih populer kita kenal denga sebutan Batu Ratna Cempaka ini adalah fluorosilicate dan dapat berisi elemen atau serat yang menyebabkan warna yang berbeda dalam Topaz. Nama asli dari Topaz ini sendiri diambil dari dalam bahasa Yunani, yaitu  Topazion atau Red Sea Island atau artinya sering tertutup kabut. Batu Topaz seudah dikenal sejak Zaman klasik, pada Abad Pertengahan nama topaz digunakan pada setiap batu permata kuning. Topaz juga banyak ditemukan di wilayah Rusia, Siberia, Brasil, Sri Lanka, Afrika dan China, Jepang, Pakistan, Myanmar, Nigeria, Australia, Meksiko, dan di Amerika Serikat. Kemudian Topaz atau Batu Ratna Cempaka ini jugam memiliki vareasi warna yang unik di amnataranya adalah  kuning, biru, pink, warna buah persik, kuning emas, hijau, merah, dan coklat.



Namun, menurut Wikipedia bahwa Topaz murni tidak berwarna dan transparan namun biasanya diwarnai oleh impuritas; topaz biasa berwarna kuning, abu-abu muda atau jingga kemerahan, dan biru cokelat. Selain itu ada juga warna putih, hijau muda, biru, emas, merah jambu (langka), kuning kemerahan atau opak sampai transparan. 


Gambar di tas menjelaskan tentang Jenis dan macam dari Batu Topaz atau Batu Ratna Cempaka
Gambar di atas menjelaskan tentang Jenis dan macam dari Batu Topaz atau Batu Ratna Cempaka



Batu topaz yang berkualitas bagus mempunyai kilau yang sangat tinggi, terang, warnanya bening dan dingin jika disentuh bahkan licin. Apabila menggosok batu topaz ini dengan keras batu ini dapat mengeluarkan api atau hawa listrik yang menarik potongan kertas kecil-kecil.

 Selain itu batu Topaz  terdiri dari Alumunium Oxide dan Kiezelzuur. Batu topaz mempunyai nilai keras 8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke empat setelah batu intan, corundum dan chrysoberyl. Batu topaz di Indonesia dikenal dengan berbagai nama seperti daud, mirah cempaka dan batu selong. Walaupun batu topaz termasuk batu yang amat keras namun batu tersebut tidak boleh terbentur terlampau keras juga dan dalam perubahan suhu yang hebat secara tiba-tiba dapat membuat batu topaz retak. Jika anda takut membeli batu topaz yang palsu dianjurkan untuk membeli bromoform (semacam cairan )di apotik. Masukkan batu itu ke dalam bromoform tadi, jika batu itu tenggelam maka batu itu adalah batu topaz asli dan jika mengambang maka batu topaz itu palsu. Referensi permata-murah


Artikel Terkait