Jumat, 08 Mei 2015

Batu Lumut Sungai Dareh atau Giok Kandhi Foto dan Sejarah nya


  Batu Lumut Sungai Dareh atau Giok Kandhi  Foto dan Sejarah nya  - Bagi sebgaian orang mungkin batu akikitu tidak begitu menarik, karena mereka mungkin tidak begitu paham akan sejarah dan keindahan batu akik tersebut. Namun bagi para pencinta batu akik mereka juga tentunya sangat paham dan mengerti akan sejarah dan nama-nama batu akik, terutama yang berasal dari Indonesia. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit artikel tentang asalah usul sejarah batu Lumut Sungai Dareh. 



 Giok Kandhi, atau yang kini lebih kita kenal dengan Lumut Sungai Dareh adalah batu khas Indonesia yang berasal dari Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya yang disebut juga sebagai Giok Sumatera terus meroket. Selain disebabkan keindahannya, kepopuleran batu lumut Sungai Dareh secara tidak langsung juga dipengaruhi.

Sesuai nama nya, batu ini  berwarna hijau lumut dan telah booming di Internasional. Menurut beberapa rumor bahwa mantan persedin RI, yaitu  Bapak SBY memberikan cinderamata/ kenang-kenangan  kepada Presiden Amerika Serikat,  Obama dengan Batu warna hijau itu. Batu Lumut Sungai Dareh kini namanya sangat populer di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia saja loh!  

  Batu Lumut Sungai Dareh atau Giok Kandhi  Foto dan Sejarah nya

 





Sangat menarik untuk mengetahui asala dan sejarah tentang batu tersebut. Kira-kria bagaimana asal muasal dari Batu Lumut Sungai Dareh itu? 1970Lumut Sungai Dareh ditemukan dan disebut oleh orang dari Solok Selatan sebagai Giok Kandi, karena asal muasanya pertama kali ditemukan di Sungai Kandi, dan Bukit Puti Bungsu. Mungkin karena patahan dibawa arus sungai batu tersebut  ditemukan pula di Sungai Dareh Dharmasraya. Karena kehebatan Pemerintah Dharmasraya, batu itu pun kini terkenal dan menjadi ikon penggila batu cincin denga Lumut Sungai Dareh. Tapi yakinlah, nama pasaran boleh mengalahkan asal batu ini, tapi lambat tapi pasti Giok Kandi akan mendunia pula.

Giok Sumatera ini telah beredar di pasaran sejak 50 tahun yang silam. Dalam 5 tahun terakhir , namanya terus naik daun sehingga harga batu yang berasal dari Batanghari itu melambung. Kadangkala stok di pedagang juga kosong.

Terus melejitnya kepopuleran batu lumut sungai dareh ini juga tak lepas dari gencarnya promosi yang dilakukan pemkab Dharmasraya. Promosi itu dilakukan melalui pemberian cendera mata kepada tamu-tamu , mulai tamu dari Lingkungan Sumbar, provinsi lain, dan tamu-tamu dari Pemerintah Pusat dan mempromosikannya melalui pameran. Ditambah lagi karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Mendagri Gamawan Fauzi akhir-akhir ini turut memakai batu Lumut Sungai Dareh Ini di jari mereka sehingga penilaian masyarakat di pasaran naik drastis.

 Batu Permata atau batu akik merupakan suatu bentuk batu dari hasil kristalisasi dari beberapa mineral didalam perut atau inti bumi. Sumber : Majalah IGS Edisi Januari 2014 dan diulas kembali oleh Bisnis Borneo.

Artikel Terkait