Rabu, 20 Mei 2015

Batu Larimar Dominica Atau Batu Stefilia Sejarah

Batu Larimar Dominica Atau Batu Stefilia Sejarah - Apa itu Larimar?  Larimar adalah batu mulia yang berasal dari Bahama dan Republik Dominika. Batu ini ditemukan pada tahun awal 1900-an oleh seorang pendeta, di tambang Republik Dominika. Nama "Larimar" berasal dari kombinasi Larissa dan Mar dan diberikan kepada batu oleh Dominika yang bernama batu setelah putrinya Larissa dan Mar, dalam bahasa Spanyol nya adalah untuk laut. Meskipun pectolite ditemukan di banyak lokasi, tak satu pun memiliki biru unik larimar. Warna ini biru, berbeda dari yang pectolites lainnya, adalah hasil dari substitusi kobalt untuk kalsium. Selain itu Batu Larimar, juga disebut "Batu Stefilia ".


 Menurut Legenda Batu ini dipercaya oleh peduduk Karibia memiliki kekuatan spritual dan batu suci ini digunakan oleh benua yang hilang, Atlantis.

Baca Juga: » Batu Akik Termahal dan Terkenal di Indonesia Terbaru

Baca Juga: » Harga dan Khasiat Batu Akik Red Borneo Asli 
 








Batu mulia Larimar adalah batu yang  terbuat dari Pectolite biru yang telah mengalami terakumulasi dalam celah akibat aktivitas gunung berapi di pegunungan Dominika. Erosi sedimen menyebabkan pergerakan bebatuan turun menuju Sungai Bahoruco yang kemudian terbawa ke laut.

Sejarah dan wal Mula Batu Mulia Larimar


Larimar termasuk dalam kategori batu alam atau batu mulia, karena dia memiliki struktur kekersan yang cukup kuat. Batu ini pada walnya  ditemukan pada awal 1900-an oleh seorang pendeta, di tambang Republik Dominika.Ternyata orang dulu sngat kurang berminat dengan batu ini, bahkan menurut beberapa sumber batu ini pernah terlupakan. Kemudian pada pertengahan tahun 70-an. Pada tahun 1974 di kaki pegunungan Bahoruco, pesisir Provinsi Barahona, relawan Korps Perdamaian Norman Rilling (Miguel Mendez) menemukan batu Larimar di tepi pantai. Miguel mengambil nama ‘Larissa‘ dari putrinya dan ‘Mar‘ kata Spanyol yang artinya laut.

Awalnya para penduduk di sekitar sangat populer dengan batu ini. Batu  Larimar adalah  yang bewarna bewarna mayoritas biru, dan sejak itu orang mulai populer menyebut batu ini dengan sebutan ‘'batu biru‘' selain itu ada juga mereka yang menyebut batu ini dengan sebutan  “Batu Stefilia“, tentunya ada alasan tersendiri kenapa orang menyebut batu  Larimar  sebagai Batu Stefilia, yaitu karena warnanya sangat bervariasi mulai dari putih, biru muda, dan biru kehijauan.  Kemudian zaman mulai berkembang pada era modern ini banyak orang yang menggunakan batu ini sebagai gelang, liontin, mata cincin dan beberapa aksesoris lainya.

Artikel Terkait