Jumat, 15 Mei 2015

Apa Itu Batu Opal? Dan Apa Saja Nama dan Jenis nya?




Apa Itu Batu OPAL?


Batu Opal adalah salah satu jenis batu permata yang sangat populer sekarnag ini. Batu ini dapat memancarkan banyak warna yang sangat indah. Konon katanya batu Opal yang berkualitas per krat nya dapat menyaingi harga berlian yang paling mahal, selian itu beberapa batu permata yang sangat populer di seluruh dunia adalah Rubi dan zambrud. 


Kepopuleran dan keindahaan batu Opal ini lantas membuat para kolektor banyak yang memburunya. Pada umunya batu Opal banyak digunakan sebagai perhiasan seperti Anting-anting, cincin, kalung, bros dan liontin. Selain indah Opal juga memiliki kekerasan sekitar 5,5-6,0 pada skala Mohs.
Opal adalah silikon dioksida hidro (SiO2.nH2O). 


Batu Opal hampir ditemukan di belahan dunia ini, namun tidak semua Opal yang ditemukan dihargai dengan harga yang mahal. Batu Opal yang paling mahal dan terkenal adalah dari Australia. Australia setidaknya menghasilkan 90% batu Opal beharga dan termahal di dunia. Beberapa daerah tambang batu Opal yang paling terkenal di Australia adalah :  Coober Pedy, Mintabie, Andamooka, Lightning Ridge, Yowah, Koroit, Jundah dan Quilpie. Negara-negara lain yang memproduksi varietas batu Opal yang beharga mahal adalah Amerika Serikat, Meksiko, Hungaria, Indonesia, Brasil, Peru, Honduras, Guatemala, Nikaragua, Slovakia, Republik Ceko dan Ethiopia.

Nama dan Jenis Batu Opal? 


 Wow, ternyata Indonesia masuk dalam kategori batu Opal termahal di Dunia geng! Keren juga ya Indonesia. Inilah beberapa nama-nama Opal yang sangat terkenal : opal api, opal hitam, jelly opal, batu opal, opal matriks, Coober Pedy, Mintabie, Andamooka, opal berharga, opal doublet, dan triplet opal.
  

Artikel Terkait