Kamis, 28 Mei 2015

10 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

10 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Baik dan Benar - Bagaimana cara belajar bahasa Inggris Otodidak yang baik dan benar serta Efektif?




Menguasa bahasa inggris sangatlah penting, apa lagi sekarang ini beberapa perusahaan dan kantor mewajibkan karyawan mereka untuk bisa menguasai bahasa asing, khusunya bahasa inggris. Bahasa inggris sangathal penting untuk dipelajari karena mengingat bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, selain itu dengan banyak nya belajar bahasa asing, maka akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dan menjalin relasi dengan orang asing. Baiklah  langsung saja pada kesempatan kali ini admin akan berbagi sedikit tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mempelajari bahasa inggris secara mandiri atau otodidak dengan baik dan benar.

Kenapa harus belajar bahasa inggris?


Seperti yang telah admin jelaskan pada pembukaan artikel tadi, bahwa bahasa inggris adalah bahasa dunia dimana bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak orang gunkan untuk berkomunikasi. Kalau tidak dari sekarang kapan lagi kita memulai untuk belajar bahasa? Admin sendiri memang sangat cinta dengan bahasa, jujur admin belajar bahasa inggris, arab dan beberapa bahasa asing lain nya secara mandiri. Admin sadar betapa pentingnya bahasa itu selain memudahkan kita untuk berkomunikasi, bahasa juga akan memberikan kita pekerjaan. Perlu diketahui bahwa sekarang ini skill yang sangat potensial adalah skill dalam berbahasa oleh karena itu tidak sedikit dari perusahaan yang mewajibkan karyawan mereka untuk pandai dalam berbahasa. Jika Anda pandai berbahasa asing Anda juga bisa menerjemaknan atau menjual artikel dengan bahasa asing tersebut.


Bagaimana cara memulai untuk bisa bahasa Inggris?


1. Niat yang Kuat


Apa pun pekerjaanya yang paling utama dalam diri kita adalah ''Niat''. Dengan niat dan tekat yang kuat, maka hal sesulit apa pun bisa kita lakukan. Ya, salah satunya belajar dan menguasai bahasa. Untuk menguasai bahasa asing tidak semudah yang kita bayangkan oleh karena itu kita butuh niat, tekat dan semangat yang kuat untuk mempelajarinya. Rasa bosan, capek dan sulit itu adalah hal yang biasa dalam belajar bahasa, namun hal yang terpenting adalah bagaimana kita mencintai bahasa tersebut. Ketika dulu saya pernah menjadi duta bahasa, kemudian saya ditanya oleh dosen saya kenapa Anda bisa menguasai dua bahasa sekaligus? Kemudian saya menjawab : Karena saya cinta dengan bahasa. Bahasa itu tidak ada ibu dan bapak, sesungguhnya dia adalah lisan dan barang siapa yang berbicara bahasa tersebut, maka sesungguhnya dia adalah dari suku tersebut.


2. Pelajari Hal dasar Terlebih dahulu

Hal yang paling terdasar dalam menguasai bahasa adalah memahami angka dan huru tersebut, disini kita belajar bahasa inggris dan tentu saja sistematis pengejaan nya sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Pahami dunu pengucapan dan pengejaan Huruf.

A. Pelajari Pengejaan ABCD

Pertama-tama pelajari terlebih dahulu cara mengeja dalam bahasa inggris. Mungkin kita sering melihat Poster yang biasa di beli oleh adik kita, yaitu Angka-angka/ Huruf-huruf dalam bahasa inggris, lihat ejaan dan cara pembacaan tersebut: A = ei B = bie C = sie E = ie F = ef dan seterusnya. Saran saya coba beli dah poster tersebut, pelajari cara pengejaanya dengan baik dan benar.

B. Pelajari Cara Menghitung

Sama halnya seperti pengejaan, metode menghitung juga sangat penting untuk dipelajari di tahap awal ini. Pelajari bagaimana cara menghitung dalam bahasa inggris, bila perlu Anda juga membeli poster cara menghitung untuk dipelajari, atau kalau mau lebih mudah download aja game atau apps untuk belajar menghitung dan mengeja di Android atau PC banyak kok.

3. Menghafal Kosa kata yang banyak

Mulailah untuk menghafal kosa kata sebanyak mungkin, usahakan hafal kosa kata sehari-hari terlebih dahulu. Jika Anda bingung Anda bisa membeli buku dasar belajar bahasa inggris disana ada banyak sekali kosa kata sehari-hari. Usahakan cari yang ada dengan contoh membacanya ya! Atau Anda juga bisa mencari kosa kata di Internet. Buat target setiap harinya minimal 5-7 kosa kata perhari untuk Anda hafal. Biasanya saya pribadi mencatat kosa kata yang akan saya hafal di buku kecil atau notebook. Notebook ini sangat bermanfaat sekali karena praktis bisa dibawa ke mana saja, selain itu jika saya lupa, saya bisa membuka nya kembali dan mengingatnya. Jangan lupa untuk membeli kamus, sering-seringlah membuka kamus hafal dan ingat kosa kata yang ada di kamus tersebut.

4. Praktek

Nah, setelah Anda menghafal kosa kata, maka hal yang paling terpenting adalah memperaktekan bahasa itu sendiri, carilah teman yang panda dalam bahasa dan mulailah bercakap dengan dia, jangan malu dan takut salah. Minta dia untuk mengoreksi apa yang salah dan kurang dalam diri Anda. Kosa kata apa bila jarang dipraktekan dan diucapkan, maka kita akan mudah lupa. Pahami cara mudah untuk menghafal kosa kata dalam diri Anda. Biasanya kalau saya pribadi menghafal kosa kata dengan nada yang keras sambil melihat berulang-ulang kali kata tersebut. Bila perlu biasanya saya berteriak seperti orang gila untuk menghafal kosa kata dan al-hasil memang ajib dan mujarab!

5. Sering Membaca Artikel/ Buku dalam Bahasa Inggris


Jangan takut salah dan takut tidak paham karena Anda baru saja belajar dan menghafal kosa kata bahasa inggris, namun semakin banyak kita membaca dan menemukan kosa kata, maka semakin banyak pengetahun kita. Baca saja lembaran artikel atau buku tersebut, jika Anda menemukan kosa kata yang belum Anda tahu, maka carilah di kamus, usahakan cari dengan kamus tebal terlengkap. Itulah salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan kosa kata terbaru. Selain itu biasanya jika kita mencari kosa kata sendiri, maka itu lebih mudah diingat dan sulit dilupakan. Baca artikel yang banyak dan sambil mencari beberapa kosa kata yang belum Anda pahami di kamus.

6. Belajar Menulis

Selain kita belajar membaca kita juga belajar menulis, karena dengan banyak menulis kata-kata, maka itu akan memudahkan kita untuk mengingat setiap kata dalam bahasa tersebut. Memperbanyak menulis fungsinya adalah untuk mengoreksi kesalahan dalam tulisan kita atau kesalahan ejaan dalam tulisan kita.

7. Listening

Mulailah untuk mendengarkan lagu-lagu barat, selain itu Anda juga bisa mencari lirik nya dan kemudian mendengarkan sambil membaca lirik tersebut. Saya fikir ini sangat efektif dalam pembelajaran bahasa inggris, karena selain kita bisa mendengarkan pengucapan bahasa inggris, kita juga bisa mendapatkan kosa kata baru, yaitu dengan membaca Lirik lagu tersebut.

8. Cintai bahasa

Agar kita mendapatkan keberkahan dari ilmu, maka cintailah ilmu tersebut. Jika bahasa yang semua bahasa jika Anda ingin mahir dalam berbahasa. Dengan mencintai bahasa kita tidak akan tertekan dan terbebani semua akan terasa ringan dan kita sangat menikmatinya.

9. Konsisten

Konsisten artinya Anda harus terus menerus mempraktekanya, jangan mudah putus asa jika Anda susah dalam memahami gramer atau menghafal kosa kata. Bayangkan saja air yang begitu lembut bisa menembus batu karena konsisten tetes demi tetes yang jatuh. Begitu juga kita jika bahasa sering kita praktekan, maka lama kelamaan kita akan pandai dan mahir.

10. Nonton film Barat

Nah, saran saya ni kalau Anda pencinta movie dan suka downlaod, coba lah untuk menyertakanya dengan teks atau subtitle inggris, karena jika saya ini sangat efektif untuk memahami setiap kalimat atau kata yang diucapkan disetiap percakapan film tersebut.
Jika Anda ingin pandai, maka bergabunglah dengan group-group atau komunitas bahasa. Sekarang ini komunitas pencinta bahasa sudah sangat banyak coba Anda gabung di Facebook, disana ada banyak sekali group pencinta bahasa inggris, mulailah untuk bertanya dan bercakap dalam bahasa inggris, biasanya kalau ada admin yang aktif mereka akan share kalimat atau kosa kata dalam bahasa inggris.

Artikel Terkait