Jumat, 24 April 2015

Batu Akik Termahal dihargai Rp 1,5 Miliar



Batu Akik Termahal dihargai Rp 1,5 Miliar
Batu akik termahal - Tahukan Anda bahwa ada sebuah batu akik yang dihargai sebesar Rp 1,5 Miliar?
Kepopuleran batu akik kian hari kian bertambah, tidak hanya dari kalangan elit atau kolektor saja, namun kepopularitasan batu akik terdengar hingga ke seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya ini Liontin batu akik asal Palamea, Bacan Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara dengan harga Rp 1,5 miliar dipamerkan dalam pameran batu akik yang berlangsung di halaman depan Benteng Oranje, Kota Ternate, Maluku Utara.

Liontin atau batu akik seberat 1,3 ons ini membuat banyak orang yang tertarik dan tidak sedikit di antara mereka yang bertanya tentang harga dan ada pula yang kaget karena harga batu akik tersebut sangat mahal. Mungkin sebagaian orang bertanya kenapa batu akik tersebut kok, bisa dijual atau dihargai dengan sangat mahal?  Menurut Jefri sang penjual bahwa batu akik tersebut mahal karena memiliki kandungan kristal di dalamnya. liontin tersebut sudah ia koleksi selama 20 tahun, namun baru dalam pameran batu akik kali ini ia memamerkannya.

Siapa yang mau beli liontin semahal itu? Menurut Jefri selaku sang penjual bahwa  liontin yang seberat 1,3 ons sudah pernah ditawar oleh kolektor asal Tiongkok seharga Rp 700 juta. Namun Jefri tetap bertahan di harga Rp 1,5 miliar. “Kalau bukan dengan harga Rp 1,5 miliar, saya tidak akan lepas,”.  Sumber: regional.kompas

untuk batu bacan jenis doko maupun palamea, biasanya mengalami pergeseran ukuran. “Batu permata yang sudah berada dalam gagang kadang tiba­-tiba longgar, padahal awalnya itu tersimpan kuat, tidak pernah jatuh, dan sebagainya. Tapi itu ada dugaan karena batu itu berproses sehingga semakin lama kandungan kristalnya semakin tinggi,”.

Baca Juga: » Kumpulan Batu Akik Antik, Unik dan Indah


Artikel Terkait