Senin, 02 Maret 2015

Tanda-tanda Komputer atau Laptop Terserang Virus

Tags

  Tanda Bahwa Komputer Terserang Virus
Proteksi keamanaan sebuah komputer atau perangkat sangatlah penting untuk selalu dijaga. Terlebih bagi Anda yang sangat gemar online. Bukan tidak mungkin sebuah komputer terserang atau terinfeksi virus. Seringkali melalui koneksi internet pihak tidak bertanggung jawab menyebarkan virus-virus berbahaya (malware), meskipun Anda sudah memasang Anti virus sebagai protection. Yang sangat dikhawatirkan adalah terkadang para pengguna komputer tersebut tidak menyadari, bahwa komputer nya telah terserang oleh virus berbahaya. Oleh karena itu untuk mengetahui tanda-tanda bahwa komputer atau perangkat Anda terserang virus, maka pada kesempatan kali ini admin akan berbagi sedikt tips berikut ini!

 


Apa saja dampak atau Tanda-tanda Komputer Terinfeksi Virus?


1. Iklan Pop-up


Sering kali para pengguna komputer atau Internet tidak sadar, bahwa komputer mereka terserang oleh virus dan malaware salah satunya adalah Iklan Pop-up yang sering muncul di jendela komputer kita. Ketika Anda mengunjungi sebuah laman website biasanya ada banyak sekali iklan yang bertulisan ''Anda pengunjung ke 99999 silakan klik di sini'' Atau '' Selamat Anda mendapatkan hadiah''. Semua itu adalah iklan virus yang sengaja disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana Solusinya jika Anda menemukan hal serupa? Anda bisa menggunakan Spybot Search & Dstroy, software ini gratis.

Silakan baca selengkapnya: » Bagaimana Cara Menghapus Iklan Virus yang tiba-tiba muncul Pada Browser Komputer


Pembajakan Akun dan Pesan Tak Terkirim 


Biasanya jika sebuah komputer yang terinfeksi oleh virus, maka ia akan menyerang perangkat lunak. Dari akibat tersebut maka, tidak jarang Anda tidak dapat mengakses Email, IM dan akun media sosial. Bahkan, dalam beberapa kasus virus tersebut mampu mengirim pesan malware dari akun Anda ke semua kontak yang terkoneksi langsung dengan PC Anda. Untuk mengantisipasi dan mengetahuinya, maka pastikan bahwa Anda telah memeriksa pesan terkirim (outbox) dari email Anda. Apabila Anda menemukan pesan terkirim yang bukan dari Anda, maka pastikan Anda mengubah password akun email tersebut segera mungkin.


Peringatan Lockdown 



Bukan tidak mungkin bahwa sebuah komputer, benar-benar terserang oleh virus mematikan dan salah staunya adalah peringatan Lockdown. Apabila Anda mendapatkan sebuah pesan bahwa komputer Anda telah dikunci dan mengharuskan Anda untuk membayar beberapa biaya jika komputer Anda ingin terbuka secara normal, maka komputer Anda benar-benar terinfeksi virus mematikan. Ransomware atau yang sering dikenal sebagai pemerasan cryptoviral atau scareware, yaitu sebuah aktivitas ilegal  yang membatasi akses ke sistem komputer. Untuk menjembati agar komputer anda selalu aman, maka gunakan Anti virus seperti AVG atau bisa juga menggunakan Baidu Antivirus.


 File Tidak Bisa Terbuka


Terkadang virus menyerang beberapa file yang telah terinstall, saya pribadi pernah merasakan kejadian tersebut, yaitu ketika saya ingin membuka sebuah file, maka ada tulisan bahwa file Anda tidak bisa dibuka. Saya merasa bingung, kok tiba-tiba tidak bisa dibuka, apa jangan-jangan jarang dibuka? Kemudian saya melakukan scan dengan menggunakan Anti virus Baidu, setelah selesai proses scan, ternyata ada banyak seklai aktivitas ilegan yang masuk melalui komputer saya dan setelah saya fresh, saya buka eh, ternayta bisa. Intinya sering-seringlah melalukan proses scan agar komputer kita aman dan jangan lupa gunakan Anti virus yang kuat dan kalau bisa Premium.


Artikel Terkait