Selasa, 10 Maret 2015

Kenapa Akun Facebook Anda Bisa dibajak?

Kenapa akun facebook saya, kok bisa dibajak? Facebook memiliki sistem keamanan yang sangat kuat.  setiap hari, facebook selalu mengembangkan proteksi. Sebab dan akibat kenapa akun facebook kita bisa di hack itu karena adanya kesalahan yang sengaja atau tidak sengaja kita lakukan. Baiklah saya akan menjelaskan sedikit tentang kronologi kenapa akun facebook Anda bisa dibajak.

Facebook sebagai salah satu sosial media terbesar di dunia, dengan jutaan pengguna di seluruh dunia. Tidak heran jika sekarang ini banyak sekali orang atau perusahaan yang memanfaatkan kepopuleranya sebagai ladang promosi, namun di tengah kepopuleran facebook, kita sebagai User juga harus sangat berhati-hati, karena bukan tidak mungkin bahwa akun yang kita miliki sewaktu-waktu bisa dibajak atau dicuri orang. Kenapa akun facebook saya kok, bisa dibajak? Mungkin sebagian orang bertanya seperti itu. Tentunya hal yang Anda rasakan saat itu adalah kesal, marah, benci dan kecewa karena akun Anda bisa dengan mudah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, oleh karena itu kita harus sangat berhati-hati dan selalu waspada. Ada beberapa sebab kenapa akun facebook bisa dibajak.


1. Password Lemah


Salah satu faktor kenapa akun facebook Anda bisa dihack atau dibajak karena Password yang Anda buat sangat mudah ditebak. Biasanya orang begitu mudah menebak kata sandi yang Anda buat. Ada beberapa kata sandi yang benar-benar harus Anda hindari seperti urutan Angka. 123456. Urutan angka sangat mudah sekali ditebak, jadi jika Anda yang masih menggunakan kombinasi urutan angka, mulai sekarang coba cepat ubah. Tanggal lahir. Nah, ini biasanya banyak sekali orang yang menggunakan tanggal lahir sebagai Password, ini mungkin bagi Anda sangat mudah diingat, namun bagi orang lain atau hacker ini juga sangat mudah ditebak.

Baca Juga: » Password Yang Paling Mudah ditebak



2. Cache Pada Browser


Jika Anda ingin login ke akun facebook, maka akan ada peringatan apakah Anda ingin menyimpan kata sandi? Nah, bagi And yang menggunakan komputer umum, maka ini menjadi kesalah bagi Anda sendiri karena jika Anda menekan tombol, ingatkan, maka dengan otomatis Password Anda akan tersimpan dan jika Anda telah selesai facebookan dan keluar, kemungkinan besar cookies atau cache masih tersimpan di browser tersebut dan jika Ada orang lain yang ingin login kemungkinan besar dia akan memasuki akun Anda.

Perlu dicatat baik-baik, jika Anda pergi ke warnet atau menggunakan komputer umum, saran saya agar Anda selalu memastikan agar akun yang Anda keluarkan itu benar-benar sudah out dan setelah out, maka hapus cache pada browser Anda, agar memastikan tidak Anda penguna gelap lainya.
Ini sering sekali saya alami ketika hendak melakukan browsing di warnet. Ada beberapa akun fb yang entah, sengaja atau tidak sengaja belum dikeluarkan oleh sang pemiliki. Jika tidak anda kepentingan saya langsung logout saja.


3. Adanya Pengguna Gelap


Pastikan jika teman Anda ingin meminjam laptom atau komputer Anda, pastikan bahwa akun Anda benar-benar telah logout. Terkadang kita tidak mengetahui niat jahat orang, bisa saja itu teman dekat kita atau teman, temannya kita. Kasus ini juga sering terjadi pada beberapa teman mahasiswa, ketika teman nya minjam laptop, maka yang keluar ada beberapa komentar dan status, yang tidak pernah kita buat. Oleh karena itu pastikan Anda telah benar-benar logout dari akun fb.

4. Jangan Pernah Memberikan Akun Email



Akun email ibaratkan pintu untuk masuk, jadi jika orang sudah tau pintunya, maka itu mudah saja untuk mencari kuncinya. Saran saya pribadi jangan pernah sekali-kali memberikan akuk kepada orang lain, walau itu orang terdekat Anda, karena bukan tidak mungkin mereka bisa berbuat jahat kepada Anda. Biasanya akun cowok, cewek saling tukaran fb, pas putus langsung banyak setatus yang tidak diinginkan keluar. Jika hal itu terjadi, maka cepat-cepat ganti passowrd dan email.


Artikel Terkait