Rabu, 04 Maret 2015

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Agar Tahan Lama

Tags

Tips Menghemat Batrai HP Android - Sejak kemunculan smartphone banyak orang berbondong-bondong untuk memilikinya, mulai dari kelas atas, menengah dan kebawah. Harga smartphone yang bisa dibilang sangat terjangkau sehingga hampir semua lapisan masyarakat bisa memilikinya. Banyak sekali keunggulan dari smartphone ini, mulai dari layar yang cukup besar, banyak sekali aplikasi dan permainan, sosial media dsb. Dari sekian banyak kelebihan smartphone, namun ada salah satu yang sering menjadi keluhan bagi para user, yaitu baterai.

Baterai merupakan element penting dalam sebuah perangkat smartphone atau gadget. Karena jika baterai smartphone yang Anda miliki cepat habis, maka fitur-fitur yang ada tidak akan befungsi sama sekali.  Permasalahan terkait borosnya baterai sudah bukan menjadi rahasia. Namun, tahukah Anda bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Mungkin sekarang ini ada sebuah Inovasi terbaru agar baterai kita bisa terisi ulang dengan mudah, yaitu dengan menggunakan PowerBank. PowerBank adalah perangkat portable yang bisa dibawa kemana-mana yang berfungsi sebagai pengisi ulang daya baterai.



Bagaimana Cara Menghemat Baterai di HP Android?


Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalis  penggunaan baterai di perangkat Android kita salah satunya adalah dengan menggunakan App. Namun alangkah baiknya sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara menghemat daya baterai di Hp Android, kita memeriksa terlebih dahulu penggunaan di Hp tersebut. Penggunaan Aplikasi dan Internet yang berlebihan tentunya akan sangat menguras daya baterai, oleh sebab itu minimaliz setiap aplikasi yang kurang begitu penting, selain menguras banyak daya, kebanykaan aplikasi juga tidak begitu baik karena akan memenuhi ram atau memory Hp Anda. Simak berikut ini cara memaksimalkan penggunaan daya baterai.


Baca Juga: » Daftar Smartphone dan Gadget Terpopuler di Tahun 2015


1.Menginstal App Penghemat Baterai  


Salah satu metode yang paling banyak dan sering user Android gunakan adalah dengan menginstall aplikasi penghemat baterai. Manfaatkan Playstore untuk mencari daya tahan baterai. Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing atau ada yang gratis dan ada pula per bayar, oleh karena itu sebelum Anda menginstall aplikasi penghemat baterai, pastikan Anda melihat fiktur-fiktur tersebut sehingga Anda bisa membedakan mana aplikasi yang benar-benar bagus. 

 

2. Hidupkan Sleep Mode 

Saya pribadi juga menggunakan metode sleep mode ini. Sleep mode ini bisa menghemat baterai hingga 30% itu terbukti ketika saya menggunakan metode ini saya menyeting nya ketika waktu tertentu seperti ketika jam tidur. Baterai Hp Sony saya terbilang sangat awet, walau saya tidak menggunakan PowerBank sama sekali ketahanannya hingga 20 jam jika hanya digunakan untuk Buka Facebook, nelpon, sms dan diselangi bermain game, ya kalau update dan sering dimanini paling lama 14 jam saja. Saya pikir cukup lumayan bisa bertahan hingga 20 jam.

 

3. Matikan Wifi


Matikan Wifi jika tidak sedang digunakan karena menggunakan wifi terus menerus akan menguras daya tahan baterai yang berlebihan. Saya pikir penggunaan wifi itu lebih boros dibandingkan dengan penggunaan mobile data, karena akan ada update aplikasi baru jika kita menggunakan wifi. Pastikan wifi Anda tidak dalam keadaan hidup ketika Anda tidak sedang menggunakan smartphone.


 

4. Widgets yang Berlebihan


Hapus widget atau aplikasi yang tidak begitu Anda butuhkan, karena dengan banyaknya widget akan sangat membebani baterai, selain itu juga sangat membebani penggunaan memory atau ram. Gunakan beberapa saja aplikasi yang Anda butuhkan, terutama media sosial, jangan menggunakan semua media sosial terutama yang tidak pernah Anda gunakan.


Baca Juga: » Cara Sembunyikan File, Gambar, Video, Dokumen di Smartphone Android

 

5.Atur Tingkat Kontras kecerahan Layar  


Jangan menggunakan tingkat kontras yang begitu terang dalam keadaan ruangan gelap atau sedang keadaan tidak begitu digunakan, karena akan sangat menguras daya tahan baterai, selain itu jika Anda menggunakan kontras yang begitu terang di ruangan gelap, maka itu juga bisa menyebabkan kerusakan mata. Pastikan Anda menggunakan fiktur kontras ini sesuai kondisi.

 

6. Turn Off GPS


GPS sangat erat kaitanya dengan penggunaan Internet, GPS sangat menguras banyak baterai, sehingga baterai Anda cepat low, oleh karena itu jika Anda ingin menghemat baterai maka pastikan GPS Anda tidak hidup setiap saat. Gunakan GPS seperlunya saja, yaitu saat Online dan tidak menghidupkannya pada saat tertentu, seperti di kamar mandi, makan dasb.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghemat daya tahan baterai, yaitu dengan memilimaliz penggunaanya. Dan sekarang ini Anda tidak perlu khawatir karena kekurangan daya baterai, karen ada PowerBank yang bisa Anda bawa kemana-mana secara portable dan mudah.


Artikel Terkait