Rabu, 04 Februari 2015

Kisan Inspiratif Dibalik Kesuksesan Wikipedia Oleh Jimmy Wales



 Apa itu wikipedia? Wikipedia adalah ensiklopedia online yang berisi sebuah tulisan tentang penjelasan atau  defenisi. Saya pikir hampir semua orang tau tentang Wikipedia tersebut, terutama bagi para mahasiswa dan pelaku online. Tahukan Anda tentang sejarah dan penemu Wikipedia tersebut? Baiklah pada kesempatan kali ini penulis sangat tertarik untuk mencoba berbagi sedikit Informasi tentang sejarah Wikipedia tersebut.

 
Wikipedia ternyata adalah  sebuah projek yang tak terduga dan kini menjadi salah satu penyedia defenisi dan  sumber ilmu pengetahuan secara online terbesar di dunia.
Siapa pembuat atau penemu Wikipedia tersebut? Penemu Wikipedia  adalah Jimmy Wales bersama temannya, yaitu Larry Sanger yang membuat Wikipedia sebagai salah satu ensiklopedia online terbesar di dunia saat ini.

Sejarah Kehidupan dari awal Wikipedia


 Penemu Wikipedia adalah Jimmy Donal yang lahir pada tanggal 7 Agustus 1966 dia adalah keluarga dari Wales, yaitu biasa dikenal sebagai keluarga atau keturunan yang sangat peduli terhadap Pendidikan.  Jimmy Donal lahri dari keluarga yang biasa-biasa saja dan bisa dikatakan kurang dalam Finansial. Ibunya dan beberapa saudaranya mengajar di salah satu sekolah Private dan sekolah tersebut sangatlah unik karena mereka hanya mengajar apa yang disukai oleh para murid saja dan Jimmy Wales dia sangat menyukai ensiklopedia dan pada saat itu pula dia menghabiskan masa sekolah nya dengan membaca buku ensiklopedia.


Kemudian setelah lulus sekolah dasar, si Jimmy Wales masuk sekolah:  Randolph School. Disana dia banyak belajar tentang  teknologi dan ilmu pengetahuan lain. di sekolah tersebut para murid dilengkapi dengan lab komputer dan fasilitas teknologi yang lain. Wales pada suatu waktu mengatakan bahwa sekolahnya dulu sangat mahal untuk ukuran keluarganya. Tetapi karena orang tuanya ingin anaknya maju, maka Wales disekolahkan di tempat tersebut. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Wales belajar banyak tentang computer saat masih duduk di bangku sekolah.


Pada tahun 1986 Jimmy Wales masuk di Auburn University ternyata di sana dia mengambil jurusan yang kurang tepat dengan keyataannya saat ini, yaitu jurusan keuangan. Kemudian dia melanjutkan lagi ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan yang sama di Indiana University. Waktu pun berjalan kemudian setelah itu dia bekerja di sebuah perusahaan perdagangan tepat nya di Chicago. Sejak itulah Jimmy Wales mulai ketagihan  dengan Internet dan mendapatkan banyak inspirasi dari kesuksesan orang lain. Salah satu yang membuat nya sangat termotivasi adalah dia membaca kesuskesan tentang Netcape yang bisa mendatangkan keuntungan besar dari Internet. Pada tahun 1995, Netcape mendapatkan keuntungan hingga jutaan dollar ketika masuk di IPO. Sebuah angka yang sangat fanatstik bagi Jimmy. Tak, di sangka Jimmy Wales memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut dan memilih untuk menjadi seorang entrepreneur bersama rekannya.

Setelah keluar dari pekerjaan dia membangun sebuah situs jual beli khusu  orang dewasa dan barang-barany yang dijual khusus 17 tahun ke atas, namun usaha nya tersebut sia-sia dan tidak begitu sukses.

 Setelah gagal dari toko jual beli produk khusu orang dewasa, dia baru teringat dengan passion dan minatnya terhadap ensiklopedia, akirnya dia berpikir untuk membuat sebuah situs ensiklopedia online yang bisa diakses secara gratis oleh siapa saja. Kemudian ide tersebut dia sampaikan kepada temannya Larry Sanger dan mereka bersepakat untuk membangun sebuah situ yang pertama dia beri nama Nupedia, yaitu sebuah konten terbuka dimana siapa saja bisa menulis dan mengedit ensiklopedia tersebut. sub topic dari Nupedia adalah Wikipedia. Setelah diluncurkan, malah Wikipedia yang lebih banyak kontennya.


Akhirnya  dari situlah Wikipedia secara resmi diluncurkan, yaitu pada tahun 2001. Dan mendapatkan banyak respon serta dukungan dari semua pihak. Setelah itu Wikipedia hadir dengan berbagai bahasa dan volunteer diseluruh dunia. Wikipedia sekarang berada dibawah Wikimedia Foundation. Wikimedia adalah perusahaan non profit, mereka sekarang mempunyai 73 ribu editor diseluruh dunia, 22 juta akun yang terdaftar dan Wikimedia sendiri memiliki 208 karyawan. Walaupun sudah menjadi perusahaan besar, Wikimedia tetap menjadi perusahaan non profit.

Artikel Terkait