Jumat, 06 Februari 2015

Kesalahan Yang harus dihindari Dalam Menentukan Harga Barang



Apakah Anda baru saja memulai usaha dan kurang tau menentukan harga?
Salah satu hal setelah kualitas yang membuat para konsumen tertarik dengan produk Anda adalah harga. Harga adalah tolak ukur yang harus selalu kita perhatikan dalam penjulan Produk atau barang. Tentunya biasanya harga tergantung pada kualitas barang yang kita jual, namun siapa kira bahwa harga juga bisa meningkatkan penjualan kita, misalnya seorang konsumen ingin membeli barang A tau-tau dia melihat barang B lebih murah dan padahal dia tiak sedang membutuhkan barang B tersebut, oleh karena barang B lebih murah dan terjangkau maka dia bisa saja memutuskan untuk membeli kedua barang tersebut. Sebenarnya inilah yang menjadi pertimbangan bagi kita para penjual kita harus selalu bisa menentukan harga barang diwaktu yang pas dan tepat.

Saya pikir bagi penjulan menentukan suatu harga itu gampang-gampang susah oleh karena itu kita juga harus memastikan bahwa produk atau barang yang kita jual tidak terlalu mahal dari orang lain dan sangat penting rasanya kita selalu memperhatikan harga pasaran sebelum menentukan harga.

Mungkin ada beberapa kesalahan dalam menentukan harga yang kurang disadari oleh para penjulan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali membuka usaha. Baiklah para kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi sedikit Informasi yang mungkin bisa membantu Anda dalam menentukan harga secara cerdas dan cermat.


1 Survey Harga


Melakukan survey harga sangatlah penting untuk kita lakukan, jadi bagi Anda yang baru memulai usaha, pastikan bahwa harga yang Anda tawarkan tidak terlalu mahal dari harga pasaran.

2. Harga Terlalu Mahal dan Murah 



Menentukan harga itu susah-susah gampang, jadi tidak heran jika para penjulan ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, oleh karena itu dia menjual  barang dengan harga yang tinggi dan akhirnya para konsumen kabur dan kapok belanja atau membeli barang di tempat kita. Menentukan harga melampaui pasaran adalah salah satu kesalahan fatal yang harus kita hindari, saya pribadi juga terkadang kecewa dengan para penjulan yang menjual produk atau barang dengan harga yang sangat tinggi dan akhirnya saya kabur dan memilih tempat lain yang harga nya lebih terjangkau dengan kualitas yang sama.

Terlalu murah ini juga sebenarnya kesalahan, emang dengan harga yang relatif lebih murah para konsumen bisa meningkat, namun berapa banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan? Yang harus sangat kita perhatikan adalah keuntungan yang kita peroleh, tidak hanya itu kita juga harus memperhitungkan modal, biaya pajak, biaya sewa ruko atau tempat.

3. Kualitas barang tidak sesuai dengan harga


Terkadang ada saja para penjual yang memberikan pelayanan yang kurang baik salah satunya adalah menentukan harga yang sangat tinggi dengan kualitas barang yang standar. Akhirnya para konsumen juga kabur.

4. Diskon


Terkadang ada saja penjual yang kurang paham tentang sistem diskon ini, lakukan perhitungan diskon sesuai dengan harga modal dan keuntungan yang didapat, jangan menentukan diskon yang tinggi namun tidak ada keuntungan. Perhatikan dan pelajari baik-baik dalam memberi diskon produk yang Anda jual......


Artikel Terkait