Sabtu, 14 Februari 2015

Ide Bisnis Kuliner Tradisional Yang Masih Menjanjikan Hingga Saat ini

Bisnis Kuliner seakan tidak tertelan Zaman, bahkan kini kuliner tradisional masih mendapatkan acungan jempol. Di beberapa daerah atau kota di Indonesia masih sangat melestarikan budaya lokal dan salah satunya adalah dengan selalu mengembangkan bisnis kuliner tradisional. Indonesia sangat kaya dengan kulutral dan makanan. Salah satu yang sangat saya suka dari orang Indonesia ini adalah sangat hobi makan, tak heran jika kita bisa dengan mudah mendapatkan warung makan dimana saja.
Kira-kira makanan atau jajanan tradsional yang masih lestari hingga saat ini apa saja menurut Anda?
saya pikir hingga sekarang ini jajanan tradisonal pun masih banyak dijual di kantin-kantin sekolah seperti cireng, cimol, cilok, batagor dsb. Baiklah pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik sekali untuk mengulas sebuah artikel tentang ide bisnis kuliner tradisional.


1.Ayam Panggang Bumbu Rujak



Salah satu hidangan kuliner yang tidak asing lagi di lidah arek suroboyo adalah asalnya dari Surabaya. Namun seiring berkembangnya teknologi dan zaman kuliner ini mulai tersebar ke berbagai daerah di Nesantara dan salah satunya adalah Yogyakarta. Makanan yang di sajikan berupa ayam yang dipanggang hingga matang, sebelumnya dimasak ayam tersebut dibaluri atau dibumbui dengan bumbu khusus yang telah dibuat seperti bumbu rujak. Jika ayam panggang Surabaya rasanya lebih pedas, maka ayam panggang bumbu rujak di Yogyakarta rasa pedasnya lebih bersahabat. Sumber yukmakan


2.Nasi Goreng Kampung




Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng atau yang biasa disingkat sebagai ''Nasgor''. Makanan yang disukai hampir kalangan ini ternyata masih menjadi menu andalan makan malam bukan begitu?
 Mungkin sekarang ini kita tau bahwa vareasi dan jenis nasi goreng sangat banyak ada yang di campur seafood, telur, daging, sosis dsb. Namun ditengah kepopuleran nasi goreng saat ini, ternyata masih ada satu lagi ni sob, nasi goreng kampung mungkin bagi Anda yang tinggal di daerah pulau jawa pasti tidak asing lagi dengan nasi goreng kampung ini. Sama seperti di tempat saya di borneo, yaitu ada sebuah warung sasgor yang masih tradsisonal banget menggoreng masih menggunakan tungku api dengan menggunakan tembikar dan batu arang. Ketika saya makan di sana emang rasanya enak sekali sangat berbeda dengan nasgor yang digoreng dengan menggunakan api gas, lazid mantap.
Sumber gambar


3. Sate Ayam Madura


   
 Siapa yang tidak suka dengan sate? Saya pikir penggemar sate juga sangat banyak, tak terkucuali bagi Anda yang memiliki darah tinggi ^_^. Namun salah satu kuliner yang sangat terkenal adalah sate madura. Kenapa sate madura? karena konon kata nya sate ini adalah makanan khas madura, yaitu daerah utara pulau jawa. Dengan pesatnya perkembangan zama, kini sate tidak hanya didominisi oleh orang madura saja, namun hampir semua orang bisa membuat nya, namun tahukan Anda sate yang paling enak dan terkenal hingga sekarang ini adalah sate ayam madura?


4.Rendang Padang




Sekarang ini rendang sudah mendarah daging hampir ke semua daerah di Nusantara ini, namun tahukan Anda bahwa kuliner rendang ini berasal dari daerah mana? Rendang adalah makanan tradisional khas Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan yang kaya bumbu rempah-rempah. Masakan dengan citarasa yang pedas ini banyak digemari oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia, bahkan sekarnag ini popularitas dan ketenaran kuliner rendang tidak hanya terkenal di Indonesia saja, namun Negara tetangga seperti malaysia dan brune juga sangat suka, atau bahkan di seluruh dunia karena warung padang ini telah buka hampir di seluruh dunia. Sumber gambar


5.Lunpia Semarang



Jika Anda berkunjung ke semarang pastinya Anda tau dengan salah satu makanan ata cemilan khas semarang ini, ya benar yaitu Lunpia Semarang.


6.  Pindang Patin Palembang




Mungkin jika Anda berkunjung ke Palembang tidak sah jika belum mencicipi makanan kuliner khas palembang ini, yaitu Pindang Patin. Pindang Patin adalah salah satu masakan khas Palembang yang sangat populer makanan ini berbahan dasar daging ikan patin, yang direbus bersama bumbu pedas dan ditambah dengan potongan buah nanas untuk memberikan cita rasa segar di dalam nya. Sumber

Sebenarnya masih banyak lagi, namun pada kesempatan kali ini saya hanya berbagi sedikit saja karena waktu yang tidak memungkinkan untuk menulis, terima kasih sudah berkunjung jangan lupa untuk berkomentar... Silakan komentar yang sopan ya ^_^



Artikel Terkait