Selasa, 17 Februari 2015

Cara Meningkatkan Pelayanan dengan Baik Kepada Pelanggan atau Konsumen

 Cara Melayani Pelanggan dengan Baik
Pelayanan yang baik akan memberikan dampak yang baik pula. Pelanggan diibaratkan raja dan pelayanan yang baik mustinya wajib untuk kita lakukan. Pelanggan yang loyal adalah hasil dari jerih payah pelaynan yang kita berikan, semakin baik pelaynan yang kita berikan, maka semakin banyak juga pelanggan atau konsumen yang loyal. Jika kita memiliki best service, maka otomatis bisnis kita akan lebih baik, sebaliknya jika kita mengurangi sedikit saja dari pelayanan tersebut, maka konsumen akan kabur dan pada akhirnya bisnis yang kita jalankan akan mengalami penurunan. Ada beberapa dasar stategi yang harus kita terapkan guna untuk membangun pelayanan yang lebih baik, serta meningkatkan loyalty para konsumen.

Terkadang dengan banyaknya para pengunjung atau pelanggan yang datang membuat kita sedikit bingung dan pusing, kira-kira yang mana harus didengar? Atau pada pelanggan yang datang biasa dalam jumlah yang banyak. Biasanya ada sebagian para pelanggan yang kurang diperhatikan atau direspon, malah kabur dan terkadang enggan datang kembali, nah sebenarnya itulah yang tidak kita inginkan sebagai pedagang atau pembisnis.


Sumber gambar via ; imagzin


 Tips Super Melayani Pelanggan atau Konsumen dengan baik



 1. Beri respon yang baik kepada pelanggan Anda, perhatikan dan dengarkan apa yang mereka tanyakan kepada Anda atau karyawan.

2. Jangan Terlalu tegang dan jangan pula terlalu grogi ketika menghadapi pelanggan, dengarkan terlebih dahulu satu persatu maksud atau keinginan para pelanggan, barulah setelah itu tangan dan kaki Anda  langsung action.

3. Pelayan harus cerdas, maksudnya kita harus ingat dan tanggap apa yang diminta oleh para pelangan tadi. Seperti contoh: Seorang pelanggan ingin membeli barang A, Barang B, Barang C, dan Barang E. Kita sebagai pelayan atau pemiliki toko harus cerdas menangapi permintaan tersebut, iya kalau 1 orang saja pelanggan yang datang dan meminta, coba kalau ada 3,4 atau 5 pelanggan sekaligus, kira-kria bagaimana respon Anda? Sebenarnya ini sangat penting untuk diterapkan kepada karyawan baru, latih mereka untuk ceras dalam bertindak. Kuping mendengar tetapi kaki dan tangan bekerja.

4. Bicara dengan sopan dan selalu tersenyum ketika bicara, jangan pernah menampakan wajah yang kruang baik kepada pelanggan.

5. Pahami karakter pelanggan Anda, biasanya ada pelanggan yang suka diajak bercana dan aja juga yang serius, oleh karena itu agar selalu bersikan sopan dan tenang.

6. Selalu menghargai pelanggan dan jangan sampai martabat mereka berada dibawah

7. Pujian, senyuman dan sedikit lelucon itu juga sangat penting agar para pelanggan agak sedikit terhibur.

8. Body dan Face Anda harus mencerminkan bahwa Ana adalah orang yang berbibawa bukan hanya sekedar bekerja menajdi '' Karyawan'' atau yang lainya.

Bagaimana Cara Mengalihkan Pembicaraan kepada Pelanggan atau orang lain?



1. Biasanya ada lebih dari satu pelanggan yang datang ke tempat Anda, namun ada pelangggan yang buru-buru dan bertanya secara langgusng bagaimana solusinya?

Dengarkan terlebih dahulu pelanggan A dan kemudian acungkan tangan Anda ke depan pelanggan A dan berkata'' Maaf tunggu sebentar''. Bilang ke pelanggan B iya, Pak, atau bu sesuai kondisi sapaan. Ada perlu apa? kalau sudah barulah perintahkan karyawan Anda untuk mengambilkan barang yang dibutuhkan oleh para pelangggan tersebut. Dan jika ada pelanggan baru datang, maka langsung disambut dan tanya ada perlu apa?

2. Biasanya ada pelanggan butuh suatu barang, namun di tempat Anda tidak ada barang tersebut, nah hal yang terbaik yang harus Anda lakukan adalah dengan merekomendasikannya kepada toko lain atau orang lain. Saya pikir ini sangat penting.

Artikel Terkait