Senin, 09 Februari 2015

Bagaimana Cara Meningkatkan Kepercayaan Antara Konsumen Dan Produsen

 
Bisnis Borneo - Kepercayaan antara produsen dan konseumen adalah suatu hal yang sangat penting untuk dijaga, karena dengan kepercayaan yang kuat, maka bisa meningkatkan Intergrasi produk dan perushaan kita dan sebaliknya jika antara konsumen dan produsen saja tidak ada kepercayaan, lantas bagaimana dengan penjualannya?
Kepercayaan antara penjual dan pembeli harus selalu ditumbuhkan dan diyakinkan. Apa lagi bagi Anda yang baru memulai bisnis Online, khusunya toko online kepercayaan antara penjual dan pembeli itu adalah hal utama dan paling penting, coba bayangkan seorang pengunjung tiba-tiba ingin membeli suatu produk di website toko online Anda, namun dia kurang yakin karena Identitas dan tampilan toko online tersebut kurang jelas dan sukar dimengerti akhirnya tidak jadi membeli barang di sna. Jadi, Intinya kepercayaan itu sangatlah penting untuk membangun brand bisnis Anda. Baiklah pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk menulis sebuah artikel yang mengupas tentang '' Cara Meningkatkan Kepercayaan Antara Penjual dan Pembeli atau Konsumen dan Produsen.



Baca Juga: » Cara Memulai Usaha Toko Online di Bidang Fashion


Secara singkat untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan konsumen ada beberapa hal yang harus serius kita perhatikan :


1. Alamat Kontak yang Jelas



Saya sering menulis dibeberapa postingan bahwa salah satu cara agar mengetahui bahwa toko online tersebut jujur atau tidak adalah dengan melihat alamat lengkap, nomor hp, telpon kabel dan jejaring sosial terakhir adalah iklan. Alamat sangat penting untuk Anda cantumkan di website Anda, agar para konsumen tau posisi Anda dimana? dan jangan lupa untuk selalu menanggapi Pesan dari konsumen, baik itu melalui SMS, layanan telpon, BBM dsb. Dengan komunikasi yang baik, maka akan menumbuhkan kepecayaan yang baik pula.


2. Tampilah Website yang Jelas dan Mudah dimengerti



Tentunya tampilan adalah kunci pertama agar para visitor atau konsumen selalu betah berkunjung di toko online Anda. Buat tampilan yang profesional tanpa banyak atribut atau widget yang kurang bermanfaat. Saran kami, jika sekarang ini Anda memiliki toko online dengan nama domain gratis seperti blogspot atau wordpress, maka sebaiknya Anda menggunkan Domain TLD atau menggunakan Selfhosting, karena walau produk yang Anda jual itu benar-benar jujur dan ada, tapi terkadang para konsumen ragu dengan website atau blog yang gratis. Pasti ada saja yang bilang begini '' Untuk bisnis kok, masih menggunkan domain gratis jangan-jangan blog ini ......??''. Nah, hal yang seperti itulah yang tidak kita inginkan. Sebaiknya gunkan domain seperti www.tokoonline.com atau www.tokoonline.co.id dsb. Memilih nama domain sangatlah penting untuk membangun kepercayaan anatar konsumen dan produsen.

Baca Juga: » Jasa Pembuatan Toko Online Cepat Mudah Dan Instan Tanpa Perlu Mengerti Pemerograman 


3. Iklan 



Iklan juga sangat Penting untuk meyakinkan para konsumen, karena jika toko online kita terkenal dimana-mana, maka kepercayaan konsumen akan lebih meningkat dibandingkan dengan toko online lainya seperti conoth: Lazada.co.id , coba Anda lihat banyak sekali iklan dengan teman Lazada, itu artinya mereka benar-benar sudah secara keseluruhan mempromosikan produk mereka dan para konsumen tau itu.


4. Testimoni


Sangat penting rasanya untuk selalu mencantumkan testimoni, atau bukti nyata bahwa Anda benar-benar jujur menjual produk. Cantumkan 3-5 Testimoni, kalau bisa setiap bulan atau minggu diupdate. Mungkin Anda bisa mengambil Screen gambar melalui BBM atau SMS, Facebook,  Twitter dsb. Intinya Testimoni ini sangat penting apa lagi orang yang Anda cantumkan disitu adalah orang yang banyak dikenal.



Baca Juga: » Cara Mempromosikan Produk di Blog


5. Ketentuan Jika Anda sudah membeli Barang


Biasanya ada para konsumen yang takut, jika barang yang mereka pesan suadah sampai ke rumah tiba-tiba rusak atau tidak sesuai dengan yang dipesan, lantas bagaimana tanggapan Anda dengan hal tersebut? Apakah bisa dikembalikan lagi dan kalaupun bisa bagaimana dengan ongkos kirim? Apakah ditanggung konsumen atau produsen. Saya pikir kebijakan ini sangat penting untuk Anda terapkan dalam peraturan di Toko online Anda. Pastikan bahwa tidak ada kekecewaan antara konsumen dan produksen.



6.Best Service Ramah, cepat tanggap, dan sopan


Faktor lain yang membuat para konsumen yakin dengan produk Anda adalah pelayanan Anda yang baik dan sopan. Berilah pelayanan yang sopan dan sabar jangan terbawa emosi jika ada salah satu konsumen yang marah-marah, karena itu akan menyebabkan kerusakan fatal pada toko online Anda, walau hanya 1 orang saja. Pastikan apa yang Anda sampaikan benar-beanr muri dan apa adanya. Terus satu lagi hal yang sangat penting adalah jika Anda menyampaikan iklan melalui sosial media sampaikanlah apa ada nya dan jangan sekali-kali menyebar kebohongan dalam iklan tersebut karena saya sering kali mendapatkan iklan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Jika Anda ingin menarik perhatian konsumen dengan iklan-iklan Anda, maka ada caranya. Sialkan baca juga artikel lainya:

Baca Juga: » Ide Kreatif Membuat Iklan Yang Disukai Oleh Para Konsumen

Mungkin itu yang bisa kami sampaikan, kami mohon maaf jika banyak kesalahan baik pengucapan maupun tulisan karena kami masih dalam tahap belajar menulis dan mengaplikasikan pengalaman melalui tulisan.

Artikel Terkait