Sabtu, 14 Februari 2015

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kue yang Disukai Konsumen?

Cara Memulai Bisnis Roti atau Kue?
Indonesia sangat terkenal dengan kulinernya yang khas dan unik, selian itu satu hal yang sangat saya suka dari orang Indonesia adalah hobi makan dan tidak heran jika sekarang bisnis kuliner menjamur dimana-mana. Prospek bisnis kuliner seakan tidak ada mati-matinya, bahkan semakin berkemang dan berinovasi menurut perkembangan zaman. Apakah Anda ingin memlai usaha sendiri? Memulai usaha secara mandiri adalah tantangan terbesar dalam sebuah bisnis atau usaha, namun jika kita sukses, maka kita sangat bangga karena untuk memulai sebuah usaha tidaklah mudah, baiklah jika Anda tertarik ingin memulai bisnis kue, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk memaparkan beberapa Informasi yang mungkin bisa membantu Anda.


Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kue yang Disukai Konsumen?

 

Langkah Sebelum Memulai Bisnis Kue Secara Mandiri


1. Planning atau Perencanaan


Planning sangatlah penting dalam sebuah bisnis, oleh karena itu jika Anda ingin memulai usaha atau bisnis, maka hal yang paling pertama yang harus sangat Anda perhatikan Adalah planning kedepanya. Apa planning kedepan untuk usaha Anda? Menu apa saja yang akan Anda sajikan?
Berapa karyawan yang Anda butuhkan? Tentunya untuk menjawab semua pertanyaan tersebut kita harus membuat sebuah skema atau planning.


2. Peluang atau prospek


Peluang sangatlah penting bahkan inilah yang menentukan sukses tidaknya suatu bisnis, jika tadi pada point pertama saya sedikit menggambarkan tentang planning, namun saya kira peluang atau prospek ini jauh lebih penting. Sebelum Anda menentukan usaha atau bisnis apa yang cocok kedepanya tentunya Anda harus melihat peluang. Cari peluang di sekitar Anda yang cocok untuk bisnis yang Anda jalankan, jangan terlalu nafsu untuk mengambil keputusan lihat terus peluang yang Ada.


3. Survey Masyarakat 


Tentunya jika kita melihat peluang bisnis di lingkungan kita, maka hal selanjutnya yang sangat penting untuk kita lakukan Adalah Survey. Lakukan Survey ke masyarakat tentang bisnis yang sedang Anda rencanakan. Tanya kepada beberapa konsumen atau masyarakat tentang prospek yang nantinya akan Anda jadikan bisnis.

4. Modal


Modal sangatlah penting untuk membangun sebuah bisnis, tanpa modal kita tidak bisa melakukan apa-apa, oleh karena itu sangat penting rasanya kita untuk memiliki modal yang cukup. Perlu diketahui bahwa defenisi modal disini sangatlah luas bisa berupa modal skill, modal ilmu pengetahuan, modal jaringan atau relasi, modal bicara, modal uang. Bangunlah bisnis sesuai dengan kemampuan yang kita punya. Dan hal yang sangat penting lainya adalah Passion. Pilihlan bisnis sesuai dengan passio atau hobi yang Anda miliki, karena jika kita bekerja dengan passion maka pekerjaan tersebut akan terasa lebih mduah dan enteng.


5. Tempat atau Lokasi


Tentunya tempat sangat berpengaruh dalam usaha atau bisnis yang kita jalankan. Carilah tempat yang dekat dengan keramian dan mudah dilalui oleh ases kendaraaan. Jangan memilih tempat yang jauh dari keramaian, mungkin sebagian tempat atau kios yang disewa lebih murah jika di perdalaman, namun jika lebih kita cermati walau keluar uang agak besar di awal, namun keuntungan juga besar, jika kita pandai memilih tempat.


6. Promosi dan Pemasaran


Promosi dan Pemasaran yang efektif akan menghasilkan konsumen yang efektif pula. Manfaatkan promosi yang Anda. Kita tahu bahwa sekarang ini Indonesia adalah salah satu pengguna Internet terbesar di dunia dan User sosial media terbesar di dunia, alangkah baiknya jika kita memanfaatkan peluang tersebut sebagai ladang promosi dan pemasaran produk kita. Gunakan facebook, twitter, google pus, youtube sebagai saranan promosi yang efektif, jika Anda sudah yakin dengan produk yang Anda jalankan, maka saran kami agar Anda menggunakan membuat website dan memromosikan melalui iklan facebook atau iklan Adword, karena itu sangat efektif dan tepat sasaran.
Jangan lupa untuk mempromosikan melalui offline atau secara langsung, mungkin bisa berupa banner atau spanduk besar, sticker, brosur dsb.

Bagaimana Cara Agar Konsumen Suka Dengan Bisnis Kue Kita?



1. Buatlah Kue yang Unik



Seperti yang saya bilang bahwa orang Indonesia sangat suka hal yang unik dan baru, oleh karena itu jika bisnis kue yang Anda jalankan ingin disukai oleh para konsumen, maka kuncinya adalah ciptakan hal yang unik seta berbeda dengan yang lain, baik itu Warna, bentu. Targetkan pasaran yang akan Anda pasarkan siapa target Anda?

2. Testimoni


Testimoni sangatlah penting dalam sebuah bisnis, oleh karena itu saya pikir alangkah baiknya Anda membuat testimoni tentang produk Anda, mungkin Anda bisa meminta teman terdekat atau saudara Anda untuk dimintai sebagai testimoni produk Anda.


3. Rasa dan Penampilan



Buatlah produk yang selaras, artinya paduan warna dan penampilan sesuai dengan rasanya. Orang-orang sangat suka dengan penampilan yang unik, terutama anak-anak, mereka sangat suka dengan penampilan yang penuh warna, unik dan tentunya enak.


4. Inovasi dan Kreasi


Tentunya Inovasi dan Kreasi sangatlah penting untuk membentuk sebuah produk agar selalu disukai oleh para konsumen. Dengan selalu melakukan Inovasi serta trobosan terbaru, maka para konsumen akan selalu menanti produk terbaru Anda. Percayalah bahwa Inovasi akan menciptkan keloyalan antar konsumen.


5. Perbaiki Pelayanan


Pelayanan yang baik tentu sangat disukai oleh para konsumen. Selalu memperbaiki pelayanan yang Anda terutama sikap terhadap para kunsumen. bersikap ramah, cepat tangap, sopan dan bisa menghadapi konsumen yang sering komplain adalah sebuat job yang harus selalu Anda pertahankan untuk membangun repotasi produk bisnis Anda agar lebih baik. Jika Anda dimarahi oleh konsumen semua itu pasti ada yang salah, entah itu konumen atau dalam pelayanan Anda selalu mengoreksi pelayanan agar lebih baik.


Artikel Terkait