Minggu, 18 Januari 2015

Peluang Usaha Kerupuk Ikan Serta keuntungan nya


Kerupuk adalah salah satu makanan tradisonal khas Indonesia yang banyak digemari oleh berbagai klangan, karena rasanya yang enak dan gurih kerupuk ikan kerap kali dijadikan menu tambahan atau lauk untuk makan. Berbeda dengan sekarnag ini rasa dan ragam kerupuk sangat banyak. Namun bagi mereka pencinta kerupuk ikan, mereka tentu masih memilih nya sebagai cemilan atau lauk makan.
Melihat hasil laut Indonesia sangat melimpah, kenapa kita tidak mencoba untuk memulai usaha kerupuk ikan saja? Dan sekarang ini prospek penjual kerupuk ikan cukup baik bahakan Anda bisa menjual kerupuk ikan kering atau kerupuk ikan goreng yang biasa dijual di warung-warung.

Bisnis Kerupuk tidaklah begitu sulit karena dengan bermodal tepung dan daging ikan kita sudah bisa memulai bisnis kerupuk ikan ini. Jika kita tekun dan ada kemuan pasti ada jalan, begitu juga dengan usaha kerupuk ikan ini tidak ada hal yang perlu kita khawatirkan karena jatuh bangun dalam berbisnis itu biasa. Baiklan pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk mengulas sebuah artikel yang mungkin bisa memberi Anda ide dan Informsi '' Usaha Bisnis Kerupuk Ikan''

Strategi dan Promosi Bisnis Kerupuk Ikan


1. Niat yang Kuat 

Tentunya dalam berbisnis atau usaha kita harus memiliki niat dan semangat yang kuat. Berbisnis bukanlah suatu hal yang mudah karena di dalam nya pasti ada jatuh bangun, oleh karena itu sebaik-baiknya orang adalah yang selalu kuat dan teguh dalam menjalankan nya.
Buat rencana yang matang dalam usaha ini, lihat peluang dan prospek di lingkungan atau di daerah Anda.

2. Tempat dan Prospek

Tentunya tempat sangat mempengaruhi kesuksesan dalam berbisnis. Cari tempat yang dekat dengan keramaian dan mudah di lalui oleh kendaraan serta sangat setrategis untuk usaha yang akan Anda jalankan.

Tentunya Prospek sangalah penting untuk mendukung kesuksesan dalam bisnis atau usaha yang Anda jalankan, lihat prospek di sekitar Anda apakah mendukung dengan usaha Anda? Lihat pendapatan dan ekonomi orang sekitar. Untuk mengetahui hal tersebut sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu.

3. Modal

Modal sangatlah penting ketika ingin membangun usaha atau bisnis, tanpa modal mungkin usaha yang akan kita jalankan tidak akan terlaksana dengan matang. Definisi dan ruang lingkup modal di sini bukan hanya berupa uang atau materi saja, namun ruang lingkup modal sangatlah luas dan harus kita pahami baik-baik. Modal bisa berupa : Modal skill atau keterampilan, modal pengetahuan, modal relasi atau jaringan, modal bicara, modal nekat, modal uang dan materi.

Tentu jika kita ingin memulai sebuah usaha mendapatkan modal bukanlah suatu hal yang mudah, namun bagaimana cara mendapatkan modal untuk usaha atau bisnis?

# Modal dari pinjaman kerabat atau keluarga
#Modal dari pinjaman Bank
#Modal pribadi atau Investasi
#Modal pengajuan proposal ke suatu lembaga atau perusahaan
#Modal kerja sama antara beberapa pihak

4. Bahan Baku

Ketika kita ingin membuat kerupuk ikan tentu hal yang harus sangat kita perhatikan adalah bahan baku. Apakah bahan baku yang kita butuhkan selalu ada di daerah kita? kira-kria ikan apa yang akan kita jadikan bahan baku utama dalam pembuatan kerupuk ini? Apakah ikan air tawar? ikan laut? dsb. Perhatikan selalu pasokan bahan baku ini, karena jika suaktu nanti bisnis yang dijalankan melambung tinggi dan banyak orderan yang dikhawatirkan adalah minimnya pasokan bahan baku karena kehabisan.


5. Belajar dari orang yang lebih berpengalaman

Tentu membuat kerupuk ikan bukanlah suatu hal yang mudah, karena yang harus sangat kita perhatikan adalah cita rasa dari kerupuk tersebut, oleh sebab itu belajarlah terlebih dahulu kepada orang yang lebih berpengalaman baik dari segi pembuatan, pengelolaan dan SDM.


6. Promosi dan Pemasaran

Promosi sangatlah penting dalam suatu bisnis, jika Anda ingin mendapatkan konsumen yang luas maka perbanyaklah promosi. Jika ingin mempromosikan secara offline mungkin bisa memasang spanduk atau banner, menebar sticker atau brosur, beriklan di koran atau majalah. Sekarang ini pengguna internet di Indonesia sangalah banyak oleh karena itu sayang jika promosi melalui online tidak di manfaatkan secara matang. Jika Anda ingin mempromosikan via online bisa melalui Iklan facebook, iklan google, twitter, instragram, google plus atau memasang iklan di blog dan website.

7. Brand atau Merek pribadi

Brand atau merek sangatlah penting oleh karena itu buatlah merek pribadi dalam kemasan produk kerupuk ikan Anda.

Artikel Terkait