Rabu, 28 Januari 2015

Cara Bisnis Budidaya Arwana Merah Atau Super Red

Cara Budidaya Ikan Arwana Merah Menguntungkan
Salah satu dari sekian banyak jenis ikan hias air tawar, Arwan adalah salah satu ikan hias yang memiliki peluang pasar hingga ke Internasional. Bagi penggemar ikan hias mereka rela mengeluarkan kocek lebih karena mereka emang hobi dan senang dengan apa yang mereka lakukan.
Prospek bisnis ikan Arwana inilah yang menjadi salah satu menu andalan  para pencinta budidaya ikan hias karena ikan Arwana Merah ini harga jual nya sangat mahal, mungkin untuk nilai jual bibit nya saja berkisaran ratusan ribu dan yang paling malal hingga ratusan juta atau milyaran.



Kenapa bisnis ikan Arwana ini sangat menjanjikan dan banyak diminati oleh orang?
Ikan Arwana merah adalah salah satu jenis ikan hias yang paling banyak diincar oleh para kolektor dan pencinta ikan hias karena selain warna nya sangat unik dan indah konon kata nya ikan Arwana ini juga bisa mendatangkan keberuntungan, nah dari situlah orang muali banyak percaya jika semakin indah dan semakin cerah warna si ikan Arwana tersebut maka semakin mahal juga nilai jual atau belinya.

Ikan Arwana Meran biasanya banyak ditemukan di perairan Kalimantan Barat, karena di sanalah habitat asli ikan tersebut terutama di daerah kapuas hulu di danau sentarum. Ikan arwana banyak dibudidayakan di sekitar danau sentarum, yaitu di kalimantan barat karena ikan Arwana sangat cocok di sana dan tentunya salah satu faktor yang menyebabkan ikan arwana bisa mudah di budidayakan karena faktor alam dan air. Di danau sentarum sendiri memiliki kadar air yang berbeda dengan kadar air lainya, yaitu Lahan basah atau daerah tergenang di sekitar danau Sentarum umumnya tergolong asam dengan pH < 6. Airnya berwarna sedikit gelap atau kemerahan, disebabkan oleh kandungan tanin tinggi yang berasal dari  gambut serta sisa tumbuhan yang membusuk.

Baca Juga: » Peluang Bisnis Ikan Arwana Atau Siluk Untung Hingga Ratusan Juta

Namun, bagi Anda yang ingin membudidayakan Ikan Arwana ini harus memahami betul tentang kondisi ikan dan habitat nya serta air yang biasa tempat mereka tinggal. Tentunya Perlu adanya penyesuaian derajat keasaman (pH) agar Arwana hidup nyaman. Bila sumber air yang Anda gunakan berasal dari PAM, maka setidaknya Anda  harus mengendapkan air tersebut dulu selama 3-4 hari. Sedangkan bila air tanah bisa sampai 1 minggu. pH air yang ideal, yakni 6-8.
 

Artikel Terkait