Senin, 12 Januari 2015

Bisnis Budidaya Marmut Menguntungkan

 

Bisnis Budidaya Marmut- Tampaknya bisnis ternak saat ini menjadi salah satu alternatif terbaik, pasalnya sekarnag ini banyak sekali para penggemar hewan ternak. Salah satu hewan ternak sekaligus hewan peliharaan yang saat ini cukup populer adalah marmut. Marmut adalah hewan mamalia yang imut dan selain itu kerap kali dijadikan peliharaan atau santapan kuliner seperti sate. memelihara marmut cukupah mudah Anda tidak perlu repot-repot untuk memberikan perawatan yang extra, baiklah pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk menulis artikel tentang memanfaatkan lahan bisnis dengan cara membudidayakan Marmut.


Baca Juga: » Peluang Bisnis Budidaya Hamster Menguntungkan


Muali Budidaya Marmut

 

1. Bibit atau Indukan

Sebelum memelihara banyak marmut, tentunya Anda memerlukan yang namanaya bibi atau indukan.
Carilah bibit atau indukan yang sehat dan tidak memiliki penyakit. Untuk mendapatkan bibit mungkin Anda bisa membelinya di peternakan yang sudah memiliki banyak indukan marmut. Untuk mengantisipasi bahwa marmut yang akan Anda jadikan indukan terserang penyakit, sebaiknya Anda meminta si peternak tersebut untuk memeriksanya atau memberi suntikan Anti biotik.


2.  Kandang Marmut

Setelah memilih mana, kira-kira bibit atau indukan marmut yang bagus dan sehat, selanjutnya Anda harus mempersiapkan kandang. Buatlah kandang dengan ukurang sesuai jumlah dari indukan marmut tersebut.
Buatlah kandang dengn menggunakan kawat pagar dengan diameter kira-kria 60X60 cm atau 1mX0,5cm. Tentunya kita juga harus selalu memperhatikan kebersihan kandang marmut tersebut.
Bersihkanlah minimal 3 hari sekali atau sesuai kondisi saja. Sekarang ini Anda juga bisa membeli kandang yang sudah jadi, coba tanya atau lihat-lihat di toko hewan atau ternak.


3. Kesehatan dan pakan

Tentunya kita harus selalu memperhatikan kesehatan marmut, berilah asupan makanan yang cukup serta tidak lupa pula memberi anti biotik atau suplement agar marmut selalu sehat dan gemuk. Beri pakan 2x sehari, yaitu Pagi dan Sore.


4. Musim perkawinan marmut

Biasanya marmut beranak atau kawin dalam waktu 1-3 bulan. Marmut dalam satu kali  perkawinan bisa melahirkan banyak Anak dan semua itu tergantu pada asupan makanan tadi, jika Anda rutin dan memberi asupan makanan yang baik, maka marmut juga akan sehat dan melahirkan banyak anak.

Artikel Terkait