Kamis, 18 Desember 2014

Usaha Jual Bunga Plastik - Tips Jitu Memulai Bisnis Bunga Plastik

 

Bunga Plastik adalah salah satu ornamen atau hiasan yang banyak digemari sekarang ini. Selain hargany terjangkau bunga plstik juga sangat ramah lingkungan dan mudah dibersihkan. Bagi sebagian kaum wanita aktifitas merangkai bunga  atau membuat kerajinan bunga adalah suatu hal yang rutin dilakuan khusnya pada hari-hari besar seperti, Lebaran, Natal dan Tahun baru. Aktifitas merangkai bunga ternyata bisa menghasilkan omset hingga jutaan rupiah, selain itu prospek jual beli yang tidak begitu rumit dan sangat banyak peminatnya menjadikan bunga plastik ini sebagai alternatif media bisnis yang cukup banyak diminati oleh orang.

Baca Juga : » Usaha kerajinan Tangan Dari Manik-Manik Dan Cara Membuatnya

Di Indonesia sendiri kerajinan bunga semangkin menjamur dan semangkin banyak bermunculan ide kreatif baru. Menjelang hari-hari besar seperti lebaran, tentunya permintaan sangat banyak, namun sangat disayangkan tenaga kerja atau pengrajin sangat minim, oleh karena itu tertarik rasanya saya sebagai penulis ingin mengulas sebuah tulisan  tentang : '' Prospek Usaha Jual Bunga Plastik''.

Baca Juga : » Peluang Usaha Kerajinan Dari Flanel

Tips Memulai Usaha Jual Bunga Plastik


1. Minat dan Hobi

Sebelum memulai usaha tentunya kita harus memiliki minat dan hobi, dimana yang nantinya akan membantu mengsukseskan usaha kita. Seperti contoh Anda sangat tertarik atau berminat di usaha jual atau kerajinan bunga plastik, maka disitu anda akan lebih serius dan lebih semangat karena sesuai dengan minat atau Passion Anda, jadi mencoba bisnis sesuai minat atau Passion.

2. Modal

Dimana-mana hal yang pokok yang menjadi pembicaraan hangat sebelum memulai usaha adalah ''Modal''. Modal bisa dikatakan tolak ukur utama dalam berbisnis, tanpa modal kita tidak bisa action, walau kita memiliki relasi yang cukup baik, ilmu yang cukup dll. Sudah saya katakan di banyak artikel bahwa Modal itu tidak hanya berupa uang atau materi, namun ruang ringkup modal di sini sangatlah luas, yaitu : Modal Ilmu pengetahuan, Modal skill, Modal relasi atau Jaringan dan modal uang atau materi. Jika anda memiliki modal sendiri itu jauh lebih baik dan jika anda tidak memiliki modal, namun Anda memiliki keinginan yang kuat untuk berbisnis atau usaha, maka carilah model tersebut.

Baca Juga : 4 Tips Mendapatkan Modal untuk Bisnis atau Usaha

3.  Tempat atau Lokasi

Sangat penting rasanya mempersiapkan tempat atau lokasi yang strategis sebelum Anda memulai suaha, katakanlah jika Anda ingin membuka usaha jual kerajinan bunga plastik kecil-kecilan, mungkin anda bisa menyewa kios kecil terlebih dahulu lihat prospek yang dekat dengan keramaian dan askes kerndaraan yang cukup baik. Jika rumah Anda sangat memungkinkan untuk memulai usaha maka itu jauh lebih baik dan jika uang atau prospek sudah meningkat baru Anda menyewa ruko atau tempat sebagai ladang usaha Anda.

4. Kreatifitas

Membangun kreatifitas di usaha kerajinan ini sangat wajib anda lakukan, karena dengan kreatifitas lah yang nantinya akan mendorong para pembeli atau pelanggan berdatanagn kepada anda. Jika anda bergelut di usaha atau bisnis kerajinan bunga plastik, maka untuk meminimalisirkan pengeluarkan, maka anda bisa membuat nya sendiri dengan bahan yang sederhana, namun jauh lebih berkualitas.
Biasanya para pelanggan lebih sennag jika melihat Anda bsia merangkai bunga plastik dari bahan yang sederhana menjadi hasil yang sempurna.

Baca Juga: » Bisnis Kerajinan Tangan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Keuntungan


5. Pemasaran dan Promosi

Ini adalah tahap yang paling penting anda lakukan, yaitu memasarkan dan mempromosikan poduk anda. Mngkin anda bisa mempromosikan via online melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, iklan google, youtube dll.
Promosi melalui offline, yaitu dengan memasang spanduk atau banner, sticker, brosur dll.

Artikel Terkait