Senin, 15 Desember 2014

Tahap Awal Membuka Usaha Percetakan

 

Peluang usaha percetakan
Bisnis Percetakan salah satu bisnis UKM yang sangat berpotensi di kalangan masyarakat Indonesi, pasalnya banyak sekali Pengusaha muda yang mulai fokus dan menekuni Usaha percetakan ini. Bisnis Percetkan bisa dikatkan bisnis yang paling Top dan tidak akan mati karena seiring berkembangnya Zaman, bisnis percetkan selalu menjamur khusunya hingga akhir tahun 2014 dan menjelang tahun 2015 ini. Kita bisa melihat banyak nya pengusaha yang tertarik mencoba membuka bisnis percetkan. Sebagai contoh kita bisa melihat di sekitar Universitas atau perguruan tinggi dimana disana sangat banyak sekali pengusaha membuka usaha percetakan. Pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk menulis sebuah artikle tentang '' Tahap awal membuka bisnis percetakan''

Sebelumnya saya mempunyai teman yang kemampuan komputer atau desainya tidak begitu bagus, namun dia mampu mengambil proyek pasaran Digital Printing, yaitu meliputi cetak undangan, cetak Photo, cetak Sticker. Mungkin peluang yang dia ambil sangat bagus karena di wilayah tersebut tidak ada yang membuka '' Bisnis Printing atau Bisnis Percetakan''. Pernahkan anda berfikir untuk membuka sebuah studio mini atau membuka Bisnis Percetakan Mini? Bagi anda yang Hoby dan memiliki skill di Desain, mungkin anda bisa mencoba untuk membuka usaha Percetakan, karena potensi yang dihasilkan sangatlah besar. Desang modal standar anda sudah bisa meraih banyak keuntungan seperti conoth: Hal pokok yang harus anda miliki adalah Laptop/Komputer dan Printer, jika anda sudah memiliki kedua hal tersebut anda juga sudah bisa membuka jasa percetakan kecil-kecilan.

Baca Juga : » Peluang Usaha Aksesoris Wanita Menguntungkan

Untuk Memulai bisnis percetakan mulailah dengan hal yang kecil terlebih dahulu seperti yang saya jelaskan di atas. Mungkin anda bisa mulai dengan hal yang sederhana seperti jasa cetak Photo, cetak sticker, undangan, kartu nama. 

Tips dan Kiat Awal Membuka Bisnis atau Usaha Percetakan


1. Modal

Sangat erat kaitnya usaha dengan modal, karena jika kita punya keahlian tanpa modal maka sia-sia dan sebaliknya. Modal disini bukan hanya berupa uang dan materi, modal bisa berupa keahlian, pengetahuan, relasi, jaringan, uang dan keberuntungan. Jika anda ingin membuka usaha percetkan jangan terlalu terburu-buru, mulailah dengan hal yang kecil dan sederhana baru jika anda modal yang besar dan pelanggan yang banyak maka anda bisa mencoba hal yang besar.
Untuk modal percetakan di sini sangat bervareasi mulai dari jutaan, puluhan juta hingga ratusan juta tergantung dari bear kecilnya pecetakan yang akan anda buat. Yang membuat mahal di sini adalah harga untuk membeli mesin cetap atau mesin digital.

Baca Juga:  » 4 Tips Mendapatkan Modal untuk Bisnis atau Usaha

2. Keahlian atau Skill

Saran saya jangan coba-coba untuk membuka usaha percetkan jika anda tidak hoby dan memiliki skill di bidang nya, cari dan gali potensi yang ada dalam diri anda. Keahlian atau skill sangat penting yaitu meliputi : Desain, komputer, promosi dll. Anda harus memiliki kemampuan yang bagus di bidang nya.

3. Tempat atau Lokasi

Ketika kita ingin membuka suatu usha atau bisnis tentunya kita membutuhkan tempat, carilah tempat yang strategis dan dekat dengan keramainan serta tidak jauh dari jalan raya agar kendaraan mudah masuk. Dan jika pun anda ingin membuka usaha kecil-kecilan anda bisa memulai dari rumah anda, pasang Banner atau spandung yang bertuliskan jasa anda seperti contoh : ''Menerima jasa percetkan, Jasa cetak Photo, Jasa cetak undangan dll'' itu fungsinya agar orang atau masyarakat sekitar tahu bahwa di rumah anda ada jasa percetakan dan jangan lupa pula beri nomor kontak anda di Banner atau panduk tersebut.

Baca Juga : » Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan Dan Menguntungkan

4. Cari Mitra atau Teman

Bagi anda yang ingin cepat sukses maka saran kami adalah anda harus mencari jaringan, relasi atau mitra semua itu bertujuan agar memudahkan anda mendapatkan ide, inspirasi, modal, dan pencapat.
cari mitra atau teman yang baik dan sepemikiran dengan anda.


5. Harga Pasaran

Anda juga harus mengetahui harga pasaran, sesuaikan dengan harga pasaran, bila perlu anda lebih murah dibandingkan harga pasaran. 

6. Promosi

Promosi untuk meningkatkan penualan. Tingkatkan terus promosi anda baik itu melalui online atau pun offline. promosing yang baik adalah promosing yang tepat sasaran, oleh sebab itu cari trick tentang promosing yang epektif seperti promosi melalui ticker, brosur, majalah, spanduk/banner.
promoi melalui online seperti melalui iklan facebook, iklan google, twitter, google puls dll.

Artikel Terkait