Selasa, 23 Desember 2014

Kunci Sukses Bisnis Ternak Sapi Potong

Sumber gambar via theconversation

 Cara Mudah Sukses Berbisnis Ternak Sapi Potong
Peluang Bisnis Ternak Sapi potong Sangat menjanjikan dab berpeluang besar di masyarakat
Saat ini usaha penggemukan sapi potong mulai diminati oleh orang banyak, khusunya bagi para peternak dan pengusaha. Budidaya ternak sapi potong adalah sebuah kegiatan wirausaha, selain proses penggemukan bisa dibilang cepat dan harga daging sapi saat ini relatif lebih tinggi, apa lagi di hari-hari besar seperti Idul Adha, mungkin harganya bisa naik dan pemesanan juga meningkat. 
Daging sapi tidak hanya dikonsumsi di hari-hari besar saja, namun kebutuhak daging saat ini kian meningkat bahkan melebihi kapasitas permintaan, semua itu bisa kita lihat dengan meningkatnya pedagang bakso dan kuliner lainya yang mayoritas bahan utama nya menggunakan daging. dari peluang tersebut penulis sangat tertarik untuk berbgai Inspirasi tentang '' Usaha Ternak sapi Potong''

Ada beberapa ide dan tahapan sebelum kita memulai bisnis atau usaha ternak sapi potong ini di antaranya adalah :

1. Persiapan Modal

2. Lahan

3. Pekerja

4. Pakan

Dari beberapa tahapan diatas, maka saya akan berusaha menjabarkan sedikit tentang pengetahuan dan pengalaman saya.

1. Persiapan Modal

Sebelum membuka usaha atau bisnis tentunya hal yang harus kita pikirkan adalah modal. Modal disini adalah tolak ukur untuk memastikan agar bisnis kita bisa berjalan lancara dan sempurna, namun di sinis lain perlu dipahami bahwa modal itu tidak hanya berupa uang atau materi, namun ruang lingkup modal di sini sangatlah luas, yaitu bisa kita artikan sebagai modal pengetahuan, modal skill, modal relasi atau jaringan, modal uang, modal persiapan, modal nekat dan mental. Jika kita memiliki modal uang, namun kita tidak semangat, bahkan kita tidak tidak mau tahu dan mengerti tentang usaha kita, maka kita akan gagal. Sebaliknya jika kita semangat walaupun kita tidak memiliki banyak modal secara materi, namun kita memiliki banyak teman dan jaringan, insyallah kita bisa sukses.


 2. Persiapan Lahan

Setelah kita memiliki modal dan suah terencana, maka sekarang kita mencari lahan atau lokasi tempat ternak sapi. carilah lahan yang lokasinya tidak begitu jauh dari jalan raya atau bisa dengan mudah diaskes oleh kendaraan. Pilih lahan yang strategis dan dekat dengan pangan.


3.  Pekerja

Kesuksesan kita sangat erat dengan karyawan atau pekerja. carilah pekerja yang baik dan jujur agar kelak kita tidak merugikan kedua pihak. Cari karyawan yang benar-benar serius dalam bekerja, berilah mereka gaji atau upah yang standar jangan benar-benar memperbudak mereka. Tunjukan di depan mereka bahwa Anda bukanlah seorang boss yang selalu merintah, namun Anda lebih seperti pemimpin yang selalu mengarahkan, kalau sudah gitu maka pekerja akan semangat karena mereka merasa dihargai.

4. Pakan

Sapi atau hewan ternak erat hubunganya dengan pakan atau makanan, karena mereka sangat kuat makan ^_^. Sapi biasanya makan sangat banyak dan lebih baik begitu agar mereka cepat gede dan siap dijual. beri pakan yang segar dan yang baik agar kualitas mereka juga baik.

Kendala dan solusi sebelum memulai usaha Peternakan Sapi

 

1. Mahalnya akomondasi dan biaya awal ketika ingin memulai usaha ternak sapi ini. sebagaimana saya jelaskan pada awal pembuka, yaitu modal. Modal usaha bisa anda pinjam melalui Investor, Bank, Saudara atau keluarga, jaringan.

2. Susahnya mencari bibit yang unggul dan berkualiats

3. Daging sapi turun naik, karena adanya inpor barang dari luar

Solusi Agar kita mendapatkan keuntungan dan Investasi

1. Memanfaatkan limbah atau kotoran ternak sapi menjadi pupuk atau kompos

2. Pilih sapi yang sesuai dengan kondisi atau cuaca di daerah anda, mungkin ada saja sapi yang tidak cocok dengan iklim di daerah anda.

3. Asupan suplemnt sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh sapi dari maraknya serangan hama.

4.  Maksimalkan promosi dan pemasaran, mungkin anda bisa memasarkan melalui offilne dan online jika melalui offline gunakan banner atau spanduk, brosur atau di koran dan majalah. Jika promosi atau pemasran melalui online gunakan jejaring sosial seperti facebook, twitter, google plus dan iklan google.

Kiat sukses dalam berwirausaha Ternak sapi

1. Cari jaringan

2. Mencari Sumber informasi yang berkaitan dengan ternak sapi

3.  Mencatat setiap Data dan perkembangan

4. Mengelola dan Memaksimalkan Limbah

5. Bertukar pendapat dan bergabung ke kelompok peternak 

6.  Mulai Pembibitan Kembali

Artikel Terkait