Selasa, 23 Desember 2014

Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi Untuk Pemula Agar Sukses

Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi untuk pemula - Apakah Anda berencana untuk membuka sebuah usaha kedai kopi? Kedai kopi adalah salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan di era modern ini, walaupun kini banyak bermunculan cafe-cafe dengan banyak vareasi minuman, namun kedai kopi masih menjadi ketertarikan sendiri bagi penikmatnya. Di Indonesia sendiri kopi adalah tradisi yang sangat populer, bahkan setiap hari para penikmat kopi selalu bertambah. Jika dulu kita hanya menikmati kopi pancung atau kopi saring, namun kini vareasi kopi sangat banyak dan kopi instan pun mulai bermunculan. 


Bagi para penikmat kopi mereka lebih suka dengan kopi lokal karena mungkin sudah menjadi tradsi dan sudah mendarah daging. Kopi lokal Indonesia tidak hanya terkenal di Mancanegara, namun terkenal di seluruh dunia dan harganya sangat sangat mahal, yaitu kopi luak. Kecendrungan dan kopi sebagai tradisi Indonesia, pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk menulis tentang '' Tips dan Sterategi memulai Bisnis Kedai Kopi'' Sebelum memulai untuk membuka bisnis kedai kopi, terlebih dahulu Anda memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:


Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi Untuk Pemula Agar Sukses sumber gambar: hungerranger.com


Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi Untuk Pemula Agar Sukses




1. Passion

Tentunya passion sangat penting sebelum kita membangu bisnis atau usaha, jadi sesuaikan passion atau minat kita saat ini dan jangan sampai ikut-ikutan. Begitu banyak orang yang gagal dalam berbisnis karena hanya ikut-ikutan dan bukan karena passion, bagaimana dengan Anda? Apakah passion Anda di bidang bisnis atau usaha?.


2. Prospek dan Survey

Sebelum memulai usaha, sebaiknya hal yang harus kita perhatikan  prospek karena prospek ini sangat erat dengan timbal balik kesuksesan usaha kita. Biasanya mulailah dengan mengisi Survey atau Anda dan rekan Anda terjun langsung ke lapangan untuk Survey.

3. Lokasi atau Tempat

Setelah mengisi Survey Anda juga harus memperhatikan lokasi yang tepat dan dekat dengan keramain atau dekat dengan  ases jalan raya. Minta surat izin atau lisensi resmi agar tempat yang Anda diami lebih aman.


4. Modal

Sebelum memulai usaha atau bisnis tentunya kita harus memiliki modal. Modal ini sangat penting dan sangat erat kaitnya mendukung kesuskesan kita. Modal disini  tidak hanya didefinisikan sebagai uang atau materi saja, namun ruang lingkup modal di sini sangat luas, yaitu meliputi Uang, skill atau kemampuan, jaringan atau relasi, Ilmu pengetahuan, modal nekat, modal keberanian dan modal semangat. Jika kita sudah memiliki semua modal tersebut maka, Insyallah kita akan sukses.



5. Menu Pilihan

Orang Indonesia sangat mudah bosah dan suka dengan hal yang baru, oleh karena itu perbanyak pilihan menu. Menu pilihan yang mempengaruhi datanya pengunjung baru karena dengan banyak menu pilihan dan uniknya menu yang Anda sajikan, maka berpeluang besar untuk menunjang kesuskesan Anda.


6. Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pemasaran sangatlah penting oleh karena itu Anda harus memaksimalkan promosi Mungkin Anda bisa promosi via online yaitu bisa berupa facebook, twitter, google plus, google map atau iklan google. Iklan melalui offline bisa berupa banner atau spanduk, sticker, brosur, amajalah, koran dll.

Baca Juga :   » Cara Memulai Bisnis Cafe Wifi 

Desain Interior dan Exterior

Desain interior dan exterior cafe atau kedai hendaklah bagus dan rapi, sehingga dengan begitu para penggunjung tertarik untuk datang ke tempat Anda. Desain sangatlah penting karena jika tampilah kedai kita biasa-biasa saja, maka yang datang juga biasa-biasa saja. Mungkin itulah beberapa ide dan informasi dari saya, mohon maaf jika banyak sekali kekurangan dalam tulisan ini.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan Anda banyak informasi untuk Anda yang ingin memulai usaha atau bisnis kedai kopi ini.

Artikel Terkait