Selasa, 23 Desember 2014

Cara Memulai Bisnis Cafe Wifi

 

Cara Memulai Bisnis Cafe Wifi - Setrategi Memulai Bisnis Cafe Wifi atau Hotspot . Melihatnya perkembangan Internet di tanah air mulai mengalami perubahan dan sangat meningkat, maka ini menjadi salah satu peluang Usaha atau Bisnis yang sangat menjanjikan, yaitu membuka Cafe Wifi atau Hotspot. Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan keseharian karena hampir semua orang membutuhkan Akses Internet mulai dari pelajar, mahasiswa, gamer online,  ibu rumah tanga, pekerja kantor dsb. Mengingat pentingnya Internet, yaitu sebagai kebutuhan , maka tidak sedikit para penyedia jasa publik memfasilitasi sarana free wifi wirless sebagai salah satu alternatif untuk memancing Visitor atau Konsumen, seperti contoh : Hotel, Mall, bandara, warung kopi dan tempat nongkrong lainya. Jika di tempat nongkrong atau Publick service difasilitasi wifi, maka otomatis pengunjung akan betah dan senang, apa lagi jaringan nya cepat.

Apakah Anda ingin membangun cafe wifi?

ya, saya pribadi dari dulu sangat tertarik untuk membuka usaha cafe wifi, namun ada beberapa kendala yang mungkin tidak bisa saya jelaskan di sini. Jujur saya juga pengguna active cafe wifi, yaitu sejak mahasiswa saya lebih memilih untuk ke cafe wifi daripada ke warnet selain, adem, tenang dan saya juga bisa mengerjakan tugas-tugas kuliah. Kecendrungan dan ketetarikan tersebut membuat saya untuk menulis sebuah artikel yang mungkin bisa bisa memberi Anda ide, Informasi dan inspirasi ketika hendak memulai cafe wifi. '' 

Sebelum memulai bisnis cafe wifi ini, tentunya kita harus memilih target konsumen atau user. Siapa yang Anda targetkan untuk menjadi konsumen Anda?
Apakah sekelas pembisnis, mahasiswa, umum? Tentunya anda harus memiliki komitmen yang kuat serta sterategi pemasaran dan promosi yang kuat.

Awal Mula Bisnis Cafe Wifi

Pada awalnya cafe wifi itu hanyalah sebuah cafe biasa yang menjual kopi, cokelat hangat dan makanan ringan lainya, namun seiring perkembangan zaman dan Indonesia sudah mulai memasuki era Internet, maka untuk menarik perhatian orang cafe yang awalnya hanya menjual sekelas minuan dan amkanan ringan kini berubah menjadi sebuah cafe yang difasilitasi dengan koneksi Internet, nah sejak itulah orang menyebut cafe wifi atau cafe hotspot.

Prospek Cafe wifi di Era Digital

 Tidak diragukan lagi di era digital ini dimana setiap orang memiliki gadget, smartphone, lepi dsb. Maka ini menjadi peruang yang sangat besar untuk berbisnis atau membuka usaha. Sedikit pengalaman dari saya '' Saya memiliki teman yang membuka usaha cafe wifi atau hotspot, dia baru membuka sekitas 3 bulan yang lalu dan al hasil saya lihat para pengunjung sangat rame terutama mahasiswa dan pekerja kantor. Tempat yang dia buka snagat strategis, yaitu dekat dengan kost mahasiswa dan dekat dengan keramaian. Lagi-lagi koneksi Internet di Indonesia tidak begitu cepat dibandingkan koneksi Internet di Negara lain, maka dia selalu menambah kecepatan koneksi Internet''.

Dari pengalaman tersebut tentu koneksi internet kita juga harus bagus agar ketika banyak orang yang login dalam satu akun center tidak begitu lola atau lambat.


Kerugian Membuka Cafe Wifi

Setiap bisnis ada dampak positif dan negartif, namun di sini saya akan memberi sedikit gamabran tentang dampak negatif membuka cafe wifi ini. Kerugiannya adalah pada pelayanan saja. Pelayanan adalah hal yang utama, namun jika Anda mengabaikan pelayanan maka tidak menutup kemungkinan konsumen Anda akan kabur, walaupun cafe Anda sudah terkenal. Pastikan Anda selalu memfasilitasi yang terbaik untuk konsumen Anda, terutama di Koneksi. Tidak sedikit pengunjung atau konsumen yang mengeluhkan tentang lamban nya koneksi Internet al hasil para pelanggan pinah ke tempat yang lain yang jauh lebih murah dan koneksi Internet lebih cepat, so selalu meningkatkan fasilitas agar pelanggan tidak kabur ^_^.

Keuntungan Membuka Cafe Wifi

Cafe wifi memiliki banyak keuntungan, yaitu selain para pelanggan mengakses Internet Anda juga menjual makan, minuman. Sedikit pengalaman lagi dari saya '' Di tempat langganan yang biasa saya datangi, di situ terdapat banyak vareasi dan pilihan makanan, mulai dari bakso,  nasi goreng, mie goreng dan difasilitasi dengan banyak pilihan minuman, sehingga pada pelanggan tidak bsoan''.

Jadi, sangat banyak sekali keuntungan yang bisa And ambil dari membuka cafe wifi ini, terutama gammber dan pencinta sosmed. Mereka betah online berjam-jam apa lagi intenet cepat wow, sampe subuh kali ^_^.


Kelas-kelas Wifi 


1. Premium Wifi

Premium wifi di sini maksudnya adalah orang yang datang dan mengakses Internet di Cafe Anda adalah sekelas pembisnis, jadi agar lebih untung anda membuat Vocer untuk kategory tersebut. Harga ditentukan dari berapa jam atau waktu yang mereka mainkan.

2. Commercial Wifi

Wifi umum di sini biasanya umum digunakan oleh semua orang, yaitu termasuk pelajar, mahasiswa, pekerja kantor dll. Biasanya cafe yang seperti ini dikenakan tarif selain minum dan Internet. Setelah memesan minuman maka akan diberikan code wifi dan langsung membayar ditemapt. Hotspot ini tidak gratis anda diwajibkan untuk membayar Internet dan makanan.

3. Free Wifi atau wifi gratis

Free wifi adalah wifi gratis yang tidak mewajibkan Anda untuk membayar Akses internet, namun Anda diwajibkan untuk memesan minumal atau makanan ditempat dan kemudain akan diberi code atau password wirless.

So, mana yang Anda pilih? siapa target Anda? sialkan pikirkan dan baca lagi berikut ini!

Tips Memulai Usaha atau Bisnis Cafe Wifi


1. Passion

Passion dalam stau bisnis atau usaha emang sangat dibutuhkan, oleh karena itu sesuaikan bisnis dengan passion anda. 

2. Modal

Sebelum kita memulai usaha tentunya kita harus memiliki modal. Modal di sini bukan hanya berupa uang atau materi, namun pemahaman tentang modal di sini sangatlah luas, modal bisa diartikan sebagai modal ilmu pengetahuan, modal relasi atau jaringan, modal skill, modal uang, modal dukungan, modal keberanian, modal nekat. Jika kita mengetahui dan memahami tentang ruang lingkup modal, niscaya bisnis yang akan kita jalankan anak sukses.


3. Lokasi

Lokasi atau tempat sangat penting untuk mendukung starategi kesuskesan bisnis kita, cari tempat yang dekat dengan keramaian dan ases jalan raya. Pilih lokasi sterategis dan mantap, saya pikir Anda memahami itu.

4. Target

Siapa target usaha Anda ini? Pembisnis, mahasiswa atau halayak umum? Tentukan pemasaran Anda dengan target yang tepat sasaran.

5. Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pasaran sangat penting untuk mendukung keeuskesan bisnis Anda, oleh karena itu pilih promosi dan pemasaran yang tepat, seperti promosi via offline membuat spanduk atau banner, membuat sticker, membuat browsur, beriklan via koran majalah dsb. Promosi melalui online, ya sekarang ini kita tahu bahwa di Indonesia mulai marak sosial meida, maka dari itu kita harus dengan tepat memanfaatkanya.

6. Konsep Menu

Konsep menu sangat penting agar para pelangan atau pengunjung tidak bosan dan selalu ada yang baru, oleh karena itu menu yang kreatif adalah menu yang bisa memuaskan para pelanggan. Perbanyak pilihan menu.


Desain Interior dan Exterior Cafe




Di atas tadi adalah sebagai contoh atau gambaran saja tentang interior dan exterior desain cafe wifi, jika anda ingin mendapatkan banyak ide dan insirasi tentang desain dan ide sebaiknya Anda mencari orang yang sudah prpesional dalam hal desain. Minta dia untuk mendesain toko atau cafe Anda. Sekian dari Saya, mohon maaf jika banyak sekali kekurang baik itu dalam segi tulisan maupun ide.Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Memulai Bisnis Cafe Wifi , semoga dengan membaca artikel ini bisa menginspirasi Anda lagi.

Artikel Terkait