Kamis, 25 Desember 2014

Bisnis Percetakan Undangan Menguntungkan


Strategi Bisnis Percetakan Undangan
Dunia percetakan tidak ada mati-mati nya karena hampir setiap hari ada saja yang mencari atau membutuhkan jasa percetakan. Salah satu bisnis percetakan yang hampir menjadi kebutuhan masyarakat, khususnya pada saat musim pernikahan atau acara resmi yang menggunakan atribut undangan adalah bisnis cetak undangan.
Bisnis cetak undangan sangat menguntungkan karena untuk memulai usaha cetak undanga ini sangatlah sederhana Anda tidak perlu membeli alat cetak dengan harga yang mahal Anda cukup memulai dengan membeli sebuah Printer, komputer atau laptop saja, nah dengan begitu Anda sudah bisa membuaka usaha cetak undangan sendiri secara mandir walau masih kecil-kecilan.

Sebelum Anda memulai membuka usaha cetak undangan, maka hal yang harus Anda perhatikan adalah beberapa hal berikut:

1. Prospek dan Survey

Sebelum memulai usaha atau bisnis cetak undangan sebaiknya Anda melihat prospek di sekitar Anda, apakah di sana sudah banyak yang membuka usah cetak undangan? atau apakah masyarakat dilingkungan Anda ramai? Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka yang harus Anda lakukan adalah mengsurvey. Lakukan Survey tentang minat masyarakat di sekitar Anda.

2. Lokasi dan Tempat

Lokasi dan tempat sangat penting untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda, cari tempay yang dekat dengan keramianan dan tidak jauh dari jalan. Buat plang agar banyak orang yang tau tentang usaha yang Anda jalankan.

3. Modal

Tentunya di sini modal adalah hal yang utama dalam berbisnis, namun modal di sini tidak hanya berupa uang modal bisa berupa : modal skill atau kemampuan, modal jaringan, modal semangat, modal nekat, modal pengetahuan dan modal uang atau materi. Jika Anda memiliki modal pribadi itu lebih baik, jika Anda tidak memiliki cukup modal, maka carilah modal mungkin dari meminjam ke pada teman atau keluarga, modal melalui bank, moldah melalui Investor dsb.

4. Lakukan Promosi dan Pemasaran

Setelah semua berjalan lancar, maka Anda juga harus melakukan promosi atau pemasaran. Promosi di sini bisa dengan banner atau spanduk, brosur, sticker dsb. Jika Anda memungkinkan Anda juga bisa mencoba untuk mempromosikan melalui online yaitu melalui jejaring sosial atau iklan.


Alat-alat yang diperlukan untuk memulai bisnis cetak Undangan


1. Laptop/ komputer
2. Mesin cutter
3. Mesin Printer
Jika Anda bingung mungkin anda bisa menggunkan printer canon pixma MG 2570, dengan metode cetak ink jet, dengan ukuran maksimal kertas menggunakan ukuran A4, max resolusi 480 dimensi 426 x 306 x 145mm Berat 3.5kg, simple dan praktis untuk digunakan printer untuk cetak undangan lainnya atau bisa juga menggunakan Epson L Series, tergantung pada budget Anda.
4. Software : Corel, Photoshop dll

Artikel Terkait