Selasa, 16 Desember 2014

Bisnis Ikan Hias Menguntungkan dengan Omzet Jutaan Rupiah

Bisnis  Ikan Hias - Di Era Digital canggih ini dimana hampir semua orang sangat asik dan hobi dengan gadget atau smartphone, namun di luar sana ada yang benar-benar hobi dan suka mengoleksi ikan hias, bagi mereka kegemaran ikan hias bukan hanya sekedar hobi dan koleksi semata, namun bisa menghantarkan mereka menuju kekayaan. Mugkin bagi anda ikan hias adalah ikan yang cuma dipajang di Aquarium dan diberi makan saja? Sebenarnya dari hobi dan kegemran itulah bisa menghasilkan uang dan nilai jual beli ikan hias sekarang ini sangat bagus, itu terbukti bahwa selalu meningkat nya penjual dan pembeli bahkan meningkatnya peminat baru di bidang ini. Saya pribadi adalah seorang yang juga hobi di bidang ikan hias ini, saya sadar bahwa denan hobi saya ini bisa menghasilkan uang lebih dan pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik untuk menulis sebuah artikel yang mungkin bisa memberi anda ide dan masukan tentang
'' Cara Memulai Bisnis Ikan Hias''

Prospek Jual beli ikan hias di Indonesia sangat bagus, bahkan ikan hias lokal sudah sejak lama diakui internasional seperti ikan Arwana atau Siluk. Kepopuleran ikan hias itulah yang memberi nama baik Indonesia, sebagai pembibitan ikan hias terbesar di Asia Tenggara setelah china.

Sekarang ini mulai banyak bermunculan para pembisnis ikan hias lokal maupun internasional. Seperti seorang pengusaha ikan hias Koi '' Maaf saya lupa nama dan alamat nya''. Pengusaha Ikan Koi ini sukses menembus pasar lokal maupun Internasional, bahkan tidak sedikit para konsumen atau pelanggan nya yang meminta agar dia memesan langsung ke Jepang demi memenuhi kualitas.

Budi daya ikan hias di Indonesia sendiri sudah lama dikenal yang paling terkenal adalah budi daya ikan Arwana, Ikan Mas, Ikan Nila, Ikan cupang dll. Para kolektor yang hobi di bidang ikan hias ini rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah demi memenuhi hasrat dan hobi tadi.
Bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai bisnis ikan hias?

Jika anda ingin memulai bisnis ikan hias sebagiknya anda memilih ikan hias yang populer dengan nilai jual yang sangat mahal seperti Ikan Koi, Ikan Arwana atau Siluk. Nilai beli ikan Arwana atau Siluk hingga Ratusan juta bahwan Milyaran dan untungnya lagi Ikan Arwana ini sudah sangat populer di Luar sana terutama di Asia.


Gambar di atas adalah contoh dari ikah hias arwana. Ikan arwana yang paling mahal adalah ikan arwana Merah. Keindahan dan keunikan warna dan sirip nya menjadikan Arwna merah menjadi yang paling banyak diminati dan nilai jual belinya hingga ratusan juta. Menurut artikel yang saya baca nilai jual Arwana hingga 900 Juta rupiah.

Kiat dan Tips Memulai Bisnis Ikan Hias


1. Hobi dan Kegemaran

Kenapa hal yang paling pertama saya tulis adalah Hobi? Karena salah satu faktor bisnis anda akan lancar atau sukses adalah dengan hobi. Bayangkan jika semua produk anda gagal dan anda down siapa yang rugi? namun dengan hobi anda justu bangkit lagi atau bahkan anda terkadang tidak memikirkan keuntungan, namun keuntungan tersebut yang menghampiri anda. Lantas bagaimana jika saya tidak hobi ikan hias? saya tidak yaki, bahwa yang membaca artikel ini tidak hobi ikan hias, dan kalau pun ada maka mulai sekarang anda harus memulai hobi itu.

2. Modal

Setiap usaha atau bisnis tentu perlu modal, namun saya kerap kali menyampaikan bahwa modal itu bukan hanya berupa uang dan materi, namuan ruang lingkup modal itu sangat luas seperti modal ilmu pengetahuan, modal skill, modal relasi/ Jaringan, modal Hobi tadi barulah modal uang.
Mencari modal utama untuk membuka usaha sangatlah susah  karena modal yang anda keluarkan tidak sedikit dan kalau pun anda memiliki modal pribadi itu jauh lebih baik.

Baca Juga: » 4 Tips Mendapatkan Modal untuk Bisnis atau Usaha

3. Lokasi atau Tempat

Setelah kita memiliki cukup modal, tentu hal selanjut nya yang harus kita pikirkan adalah temap atau lokasi. Carilah tempat yang setrategis dan dekat dengan keramaian serta dekat dengan jalan raya agar memudahkan lalulintas kendaraan bisa masuk ke tempat anda.

4. Mulai mencari bibit

Setelah semuanya lengkap, maka selanjutnya anda mulai mencari bibit ikan hias, carilah bibit ikan hias yang biaa-biasa dulu maksudnya cari ikan hias yang populer di masyarakat sekitar. kemudian setelah berkembang barulah anda mencari jaringan yang lebih besar lagi.

5. Pemeliharaan

Setelah mendapatkan bibit yang bagus, maka anda juga harus memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan ikan hias anda. Selalu mengontrol asupan makanan ikan hias anda hingga cukup besar.
Ingat: sesuaikan pangan ikan yang baru dibibit dengan ikan yang sudah besar.

6. Baca dan Pelajari tentang Pembibitan Ikan Hias

Maaf ini sebenarnya point yang sangat penting, yaitu sebelum anda memulai usaha atau bisnis ikan hias ini sebaiknya anda mempelajari dari awal tentang mekanisme ikan hias yaitu mulai dari pembibitan, perawatan, pemisahan ikan hias hingga penjulan. cari buku atau mentor yang siap membantu anda. Tidak lupa pula cari teman atau rekan yang sepemikiran dengan anda tentang bisnis ikan hias ini.

7. Penjualan dan Promosi

Sangat erat hubunganya dengan keuntungan, oleh sebab itu cari target penjualan anda yang mudah terlebih dahulu terutama anak-anak. Anak-anak sangat suka dengan ikan hias, ajak mereka untuk pergi ke toko anda dan kenalkan dengan produk ikan hias anda. Promosi: Promosi yang efekif adalah promosi tepat sasaran, oleh sebab itu anda juga harus memaksimalkan promisi terutama malalui online promosikan produk ikan hias anda melalui jelaring sosial, facebook, twitter dan iklan Google.
promosi via Offline yaitu membuat banned atau spanduk, sticker, brosur.

Artikel Terkait