Kamis, 27 November 2014

6 Hal yang Harus dipikirkan Sebelum Membuka Usaha atau Bisnis



Profesi yang paling menjanjikan adalah Usaha atau Bisnis, namun membangun usaha tidak semudah membalikan telapak tangan ada banyak hal yang harus kita perhatikan dan kita Pelajar. Sama hanya sekolah kadang ada Nilai baik dan katang ada pula Nilai buruk, belajar bukan hanya di Sekolah atau di Kampus ruang lingkup untuk belajar dan mendapatkan Ilmu pengetahuan sangatlah luas. Pada kesempatan yang berbahagia ini penulis sangat teratrik untuk mengulas sebuah artikel tentang usaha.
di sini penulis bukan bearti paham betul tentang dunia usaha, namun penulis di sini memberi gambaran atau masukan terbaik tentang '' Hal yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha''
Sebelum itu baca juga artikel yang berhubungan dengan tulisan ini : 
4 Tips Mendapatkan Modal untuk Bisnis atau Usaha  dan jika anda tertarik untuk membuka Toko Online anda juga bisa membaca tulisan sebelumnya : 6 Cara Efektif Memulai Sebuah Toko Online

Hal yang haruk benar-benar kita perhatikan sebelum memulai Usaha atau Bisnis

1. Modal

Faktor utama yang harus kita perhatikan dan pertimbangkan adalah '' Modal '' . Dengan modal kita bisa membuka usaha dengan mudah modal diibaratkan bahan bakar untuk memasak jika kita tidak ada bahan bakar maka makanan kita tidak akan masak. Perlu diketahui bahwa modal tidak hanya berupa uang atau materi saja, namun ruang cangkup pengertian tentang modal sangatlah luas. Modal bisa berupa Pemikiran, usaha, relasi/ link, Ilmu, uang dll. Sebelum membuka usaha tentu kita harus memiliki modal terutama modal yang paling penting adalah Ilmu. Tentu usaha yang ingin kita jalankan kita harus tau Ilmunya jika tidak, maka usaha kita akan gagal.

2. Pengalaman & Tehnik


Membuka usaha tidaklah semudah yang kita kira atau kita pikirkan, namun sebelum membuka usaha ada banyak sekali hal yang harus kita perhatikan diantarnya adalah Pengalaman dan Tehnik. Pengalaman kerja sangatlah penting untuk mendukung usaha kita lanca namun disamping itu kita juga harus memiliki tehnik dalam berjualan atau usaha. Sebagai conotoh: '' Seseorang kuli bangunan ingin membuka usaha tentang kuliner, namun dia tidak memiliki pengalaman kerja yang baik, lagi pula dia butuh modal untuk membuka usaha kuliner, hingga suatu ketika ada seorang teman sekolah nya yang menawarkan pekerjaan menjadi pembantu di salah satu warung Nasi Goreng dan akhirnya dia bekerja. Beberapa tahun kemudian modal yang dia kumpulkan sudah cukup dan akhirnya dia memutuskan untuk membuka usaha sendiri.'' dari cerita singkat tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa pengalaman kerja sangatlah penting terutama di bidang usaha yang ingin kita buka.

3. Pemasaran yang Baik


Sebelum kita memulai usaha maka kita harus menguasai atau mengetahui tentang bagaimana cara pemasaran yang baik dan benar? Sekarang ini era Digital dimana semua orang menggunakan Digital dan samrtphone. ketahui tentang metode pemasaran produk anda yang baik


4. Bagun Link & Forum bisnis


Link atau relasi sangatlah penting bagi seorang pengusaha oleh karena itu sebelum memulai usaha atau bisnis sebaiknya kita mencari link yang lebih berpengalaman dan Profesional.

5.  Ciptakan Hal yang unik dari Produk anda


Pada umunya orang indonesia sangat susah dan mudah bosan, oleh karena itu anda harus mencipatakan trobosan baru dari produk atau layanan anda.

6. Inovasi dalam usaha

Inovasi sangatlah penting mengingat orang indonesia sangat unik dan mudah bosan, kita harus lebih jeli menanggapi permintaan dari konsumen kita.

 

Artikel Terkait